Griya Yatim & Dhuafa

Semangat Menghafal Hadits Anak Asuh Letnan Jidun

Ahmad Ridwansyah
Semangat Menghafal Hadits Anak Asuh Letnan Jidun
                      Semangat Menghafal Hadits Anak Asuh Letnan Jidun

Donasiberkah – Kak, sudahkan kita mengajarkan atau mengenalkan hadits-hadits Rasulullah di anak atau keluarga kita? Salah satu kegiatan anak-anak asuh di asrama Griya Yatim & Dhuafa selain menghafal Al-Qur’an mereka juga menghafalkan hadits. Dalam kondisi hujan mereka tetap semangat untuk menambah hafalan hadits Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam. Inilah artikel semangat menghafal hadits anak asuh letnan jidun, yuk kita simak artikelnya.

Tetap Semangat Dalam Kondisi Apapun

Tiada kata untuk berhenti dan penuh semangat, itulah gambaran dari anak asuh Griya Yatim & Dhuafa Letnan Jidun. Setiap hari anak asuh dari berbagai tingkat pendidikan ini terus membuka lembar demi lembar bacaan Al-Qur’an maupun hadits. Kegiatan ini dilaksanakan di Asrama Letnan Jidun, Jalan Letnan Jidun No. 14. Lontar baru. Kec. Serang. Kota Serang. Banten 42115.

Baca Juga : Anak Yatim Berkumpul Membaca Al-Qur’an

Minggu malam, menjadi warna yang sangat berbeda. Setelah shalat magrib, seluruh anak asuh sudah bersiap membawa catatan (buku tulis) pribadi mereka. Dibukanya halaman terakhir yang pernah dibaca dan dikaji (Buku Generasi Islam 1). Menghafal kembali kalimat demi kalimat hadits yang pernah dibaca.

Saling Mengingatkan Dalam Menghafal 

Bahkan, mereka saling mengingatkan saudaranya dalam tugas menghafal. Hal ini dikarenakan, setiap anak asuh harus saling membantu dalam hafalan sesama anak asuh. Tidak banyak, kata Kepala Asrama Griya Yatim & Dhuafa Letnan Jidun, Abi Shahabuddin Das Ham, anak asuhnya hanya diharuskan menghafal dua hadits dan dua ayat Al-Qur’an dalam satu pekan di dalam Buku Generasi Islam.

Semangat Menghafal Hadits Anak Asuh Letnan Jidun
Semangat Menghafal Hadits Anak Asuh Letnan Jidun

Hal ini dikarenakan, sambung Abi, pembiasaan hadits maupun hafalan ayat suci Alquran agar bisa membentuk karakter yang baik bagi anak asuhnya. Di sisi lain, kegiatan hafalan hadits ini akan berlangsung hingga malam, pukul 21.00. Namun, biasanya diselingi dengan kegiatan diniyah atau pembelajaran tambahan yang lainnya.

Mereka Berlomba-lomba Dalam Menghafal

“Alhamdulillah anak semangat dan antusias dalam menghafalnya. Ya walaupun agak sedikit berat tapi anak-anak selalu ikhlas dalam menjalaninya, dalam satu minggu sekali mereka bisa menghafal dua hadits dan dua ayat Al-Qur’an bahkan ada yang lebih. Mereka berlomba-lomba dalam menghafalkan hadits maupun ayat Al-Qur’an” ungkap Abi, minggu (20/12) malam.

Ia mengungkapkan, dirinya selalu mendukung setiap kegiatan yang menunjang kemampuan anak. Apalagi dapat merubah pribadi anak asuh menjadi lebih baik. Namun, sambung dia, dirinya tetap menyeimbangkan materi diniyah untuk anak dan pendidikan (tugas-tugas) sekolah mereka.

Harapan Abi

“Semoga anak-anak bisa menghafalnya dan terus istiqomah dalam menjalankannya, dan yang terpenting dapat mengamalkan dari apa yang mereka hafalkan di kehidupan kesehariannya,” tutur Abi Asrama.

Baca Juga : Semangat Dalam Menghafal Al-Qur’an Anak Asuh Cilegon 2

 Yuk kak kita doakan agar mereka bisa menjadi hafizh-hafizh Qur’an dan penghafal hadits di masa depan kelak. Aamiin.

Asrama Yatim
                                    Asrama Yatim
42 views