Griya Yatim & Dhuafa

Sempurnakan Awal Pekan Kita dengan Bersedekah

Kak, kita masih harus menahan diri untuk tidak beraktifitas diluar rumah secara penuh karena kondisi yang belum sepenuhnya normal. Kita Juga harus tetap menjalankan protokol kesehatan demi kebaikan bersama. Apapun aktifitas kita baik didalam dan diluar rumah maka hendaknya kita selalu berbuat kebaikan, dengan cara berbagi dan menolong saudara kita.

Di awal pekan ini, sudah sepatutnya untuk kita sempurnakan awal pekan ini dengan bersedekah. Mengapa kita menyempurnakan awal pekan ini dengan bersedekah? Sebab dengan bersedekah kita bisa mendapatkan begitu banyak keutamaan yang bisa membuat hari-hari kita lebih berkah.

Sebagaimana Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam bersada : “Barangsiapa membantu keperluan saudaranya, maka Allah akan membantu keperluannya.” (HR. Bukhari – Muslim). Dalam riwayat lain pun Rasulullah juga bersabda : “Barangsiapa memudahkan orang lain yang sedang kesulitan niscaya Allah akan memudahkan baginya di dunia dan di akhirat.” (HR. Muslim).

Sempurnakan Awal Pekan Kita dengan Bersedekah

Ketika kita mengawali awal pekan kita dengan bersedekah, membantu keperluan orang lain. Maka tiap-tiap hari yang kita lalui pun akan terasa lebih ringan dan lebih mudah. Mengapa? Sebab Allah membantu kita untuk menyelesaikan keperluan-keperluan yang kita perlukan dengan kemudahan-kemudahan yang terdapat dalam kesulitan.

Selain itu pun Rasulullah bersabda : “Bersegeralah bersedekah, sebab bala bencana tidak pernah bisa mendahului sedekah.” (HR. Imam Baihaqi). Maka dengan mengawali pekan kita dengan bersedekah, dengan seizin Allah Ta’ala, kita pun dapat menghindari segala macam bala bencana.

Disamping banyaknya keutamaan bersedekah, kita tidak boleh menganggap bahwa bersedekah itu susah dan harus mahal. Sedekah itu sangatlah mudah, bahkan dengan hanya tersenyum pun dianggap sebagai sedekah. Rasulullah bersabda : “Senyummu di depan saudaramu, adalah sedekah bagimu.” (HR. Tirmidzi).

Oleh karena itu, dengan banyaknya balasan yang Allah Ta’ala berikan atas sedekah yang kita amalkan, tidak ada alasan bagi kita untuk tidak bersedekah.

Sebagai orang mukmin, kita mesti meyakini bahwa tiap-tiap perbuatan baik yang senantiasa kita lakukan akan memberikan kebaikan pula cepat atau lambat bagi mereka yang melakukannya. Sebagaimana Allah Ta’ala berfirman  : “Barang siapa berbuat baik, sesungguhnya kebaikan itu untuk dirinya sendiri, dan jika berbuat jahat maka kejahatan itu untuk dirinya sendiri.” (QS. Al-Isra : 7).

Perbanyaklah kebaikan dengan mengerjakan semua aktifitas dengan landasan memberi manfaat kepada diri sendiri dan orang lain, dengan niat ibadah, sukarela tanpa harus dibebani ada balasan materi dari sesama, niscaya kebaikan itu akan menumbuhkan  hasil yang  baik. Semakin banyak karya yang diberikan, semakin produktif dan semakin banyak output manfaat, akan semakin banyak amal kebaikan dan semakin banyak pula keberkahan (kebaikan yang berkelanjutan).

Baca Juga : Sedekah Tak Perlu Menunggu Kaya

Kiranya perlu menjadi renungan untuk kita semua bahwa mengapa bangsa lain lebih maju dari bangsa kita? Boleh jadi karena mereka lebih produktif, lebih banyak memberi makna pada sesama, lebih banyak bersyukur dengan memanfaatkan apa yang dimiliki, lebih hemat dan tidak boros, lebih banyak menghargai hak orang lain, lebih banyak simpati dan empatinya serta lebih banyak amal kebaikannya tanpa harus selalu disuruh. Marilah kita mulai perbaiki diri kita untuk menjadi lebih baik lagi, karena sebaik-baiknya diri adalah yang hari ini jauh lebih baik dari hari kemarin.

Yuk Kak, senantiasa kita hiasi dengan terus berbagi kebahagiaan dengan sesama. Hati dan diri kita akan lebih bahagia saat orang disekeliling kita merasakan kebahagiaan yang kita tebar.

English EN Indonesian ID
Scroll to Top