Griya Yatim & Dhuafa

Semua Ujian Sebagai Penghapus Dosa

Semua Ujian Sebagai Penghapus Dosa
                              Semua Ujian Sebagai Penghapus Dosa

Donasiberkah – Kak, tahukah kenapa sih, Allah mendatangkan ujian dan musibah? Nah, musibah dan ujian yang menimpa seseorang adalah salah satu cara Allah dalam mengampuni dan menggugurkan kesalahan-kesalahan yang pernah dilakukannya, baik kesalahan pendengaran, penglihatan dan kesalahan lainnya.  

Ujian atau Penyakit Adalah Teguran

Dan terkadang penyakit itu juga merupakan hukuman yang Allah berikan atas dosa yang kita lakukan. Sebagaimana Allah Ta’ala berfirman : “Dan musibah yang menimpa kamu adalah disebabkan oleh perbuatan tangamu sendiri. Dan Allah memaafkan banyak dari kesalahan-kesalahanmu.” (QS. Asy-syura : 30).

Baca Juga : Hadapi Ujian Dengan Sedekah

Maka, disegerakannya hukuman bagi seorang Mukmin di dunia adalah sebuah kenikmatan dan hal yang sangat baik baginya sehingga dengan itu Allah Ta’ala akan menghapus setiap kesalahan dan dosa-dosanya. Dan ia akan berjumpa dengan Allah Ta’ala dalam keadaan bersih dan selamat.

“Seseorang di uji menurut kadar agamanya. Kalau agamanya tipis (lemah), dia di uji dengan sesuai itu (ringan). Dan bila imannya kukuh, dia di uji sesuai itu (keras). Seorang diuji terus menerus sehingga dia berjalan di muka bumi bersih dari dosa-dosa.” (HR. Bukhari).

Semua Ujian Sebagai Penghapus Dosa
     Semua Ujian Sebagai Penghapus Dosa

Hadis di atas di dapat dari pertanyaan Mush’ab bin Sa’id “Wahai Rasulullah, manusia manakah yang paling berat ujiannya?” Beliau shallallahu ‘alaihi wa sallam menjawab,“Para Nabi, kemudian yang semisalnya dan semisalnya lagi. Seseorang akan diuji sesuai dengan kondisi agamanya. Apabila agamanya begitu kuat (kokoh), maka semakin berat pula ujiannya. Apabila agamanya lemah, maka ia akan diuji sesuai dengan kualitas agamanya. Seorang hamba senantiasa akan mendapatkan cobaan hingga dia berjalan di muka bumi dalam keadaan bersih dari dosa.”

Sebagaimana di katakan pula oleh Syaikhul Islam Ibnu Taimiyah “Cobaan yang semakin berat akan senantiasa menimpa seorang mukmin yang shalih untuk meninggikan derajatnya dan agar ia semakin mendapatkan ganjaran yang besar.”

Musibah Adalah Cara Allah Untuk Memasukkan Seseorang Ke Surga

Sesungguhnya Allah Ta’ala berfirman di dalam hadis Qudsi, “Jika Aku menguji hamba-Ku dengan dua hal yang dicintainya, lalu dia bersabar (dan mengharap kan pahala), maka Aku akan mengganti kan keduannya dengan surga.”

Baca Juga : Ada Hikmah Disetiap ujian Yang MenimpahMu

Kak, oleh karena itu, hendaknya kita bersabar dalam menjalani ujian yang Allah berikan, semoga kita diberikan kekuatan dan ketabahan dalam menjalani ujianNya. Aamiin. Yuk #SahabatDermawan Kunjungi dan Berbagi Kebaikan melalui link : https://berbagi.link/griyayatim

English EN Indonesian ID
Scroll to Top