News

Seperti Apa Sedekah Yang Tertolak?

Tak terasa kita sudah memasuki 10 malam terakhir dari bulan Ramadhan. Sebentar lagi kita akan meninggalkan bulan Ramadhan dan tidak pernah tau apakah tahun depan dapat berjumpa lagi dengannya. Oleh karena itu, kita seharusnya menganggap bahwa Ramadhan ini adalah yang terakhir bagi kita karena tidak ada tau kapan ajal akan menjemput kita. Maka jangan sampai kebaikan kita tertolak misal sedekah, lalu Seperti Apa Sedekah Yang Tertolak? yuk kita simak artikel ini.

Jika kita menganggap Ramadhan ini adalah yang terakhir bagi kita maka, sudah sepatutnya kita lebih semangat lagi dalam melakukan ibadah dan amal saleh. Kita harus menjadikan ampunan Allah sebagai tujuan utama bulan Ramadhan ini.

 

Orang yang tidak mendapatkan Ampunan Allah selepas dia meninggalkan bulan Ramadhan, adalah orang yang termasuk dalam golongan orang yang celaka. Sahabat, Nabi shallallahu ‘alahi wa sallam bersabda : “Celakalah seorang hamba yang mendapati bulan Ramadhan kemudian Ramadhan berlalu dalam keadaan dosa-dosanya belum diampuni.” (HR. Ahmad, dishahihkan al-Hakim, adz-Dzahabi dan al-Albani).

Seperti Apa Sedekah Yang Tertolak?

Kenapa di sebut sebagai orang yang celaka? Imam Ibnu Rajab Al Hanbali berkata : “Barangsiapa yang tidak diampuni dosa-dosanya di bulan Ramadhan, maka tidak akan diampuni dosa-dosanya di bulan-bulan lainnya.” (Latha-if Al-Ma’arif, hal. 297).

Baca Juga : Sedekah Yang Paling Utama

Oleh karena itu, kita harus bersungguh-sungguh dalam menggapai ampunan dari Allah. Bentuk keseriusan kita adalah dengan melakukan ibadah dengan lebih semangat, yaitu lebih giat mengejarkan ibadah-ibadah sunnah di bulan Ramadhan ini. Namun tidak hanya itu, kita juga harus melakukan amal-amal saleh meskipun kecil.

Nasehat Imam Hasan Al Bashri : “Lakukanlah kebaikan sekecil apapun. Karena kau tak pernah tahu kebaikan apa yang akan membawamu ke surga”.

Dengan melakukan hal-hal tersebut, kita juga menghindari hal-hal yang dapat merusak amal dan ibadah kita. Ada berbagai macam hal yang dapat merusak amal dan ibadah kita. Tapi yang sangat perlu untuk kita perhatikan adalah hal-hal yang berhubungan dengan hati dan niat. Karena sebagian besar hal-hal yang dapat merusak suatu amal dan ibadah pasti diawali dari hati yang berkabut dan juga niat yang tidak lurus. Ketika hati seseorang berkabut, maka akan menggoyahkan niat.

Perbuatan-perbuatan yang dilakukan seseorang adalah hasil dari perintah hatinya. Rasulullah Shalallahu alaihi wa sallam bersabda : “Sesungguhnya di dalam jasad (badan) terdapat segumpal daging, jika ia bagus maka seluruh jasadnya bagus. Dan jika rusak maka seluruh jasadnya pun rusak. Ketahuilah Segumpal daging itu adalah hati.” (HR Bukhari dan Muslim). Oleh karena itu kita harus menjaga hati kita tetap bersih agar terhindar dari perbuatan-perbuatan yang dapat merusak amal dan ibadah kita.

Baca Juga : Sedekah Yang Paling Utama

Sebagai contoh Seperti Apa Sedekah Yang Tertolak? terdapat perbuatan yang menyebabkan sedekah kita  tertolak oleh Allah, Sebagaimana Allah berfirman : “Hai orang-orang yang beriman, janganlah kamu menghilangkan (pahala) sedekahmu dengan menyebut-nyebutnya dan menyakiti (perasaan si penerima), seperti orang yang menafkahkan hartanya karena riya kepada manusia dan dia tidak beriman kepada Allah dan hari kemudian. Maka perumpamaan orang itu seperti batu licin yang di atasnya ada tanah, kemudian batu itu ditimpa hujan lebat, lalu menjadilah dia bersih (tidak bertanah). Mereka tidak menguasai sesuatupun dari apa yang mereka usahakan; dan Allah tidak memberi petunjuk kepada orang-orang yang kafir”. (Qs. Al Baqarah : 264 ).

Perbuatan-perbuatan tersebut dapat menyebabkan sedekah kita tertolak oleh Allah. Dan itu diakibatan oleh niat dan hati yang kotor. Hal yang seperti itu termasuk dalam penyakit hati. Semoga Allah jauhkan kita dari penyakit-penyakit hati dan juga menerima segala ibadan dan amal saleh yang telah kita lakukan di bulan Ramadhan ini. Aamiin…

Share it on