News

Sering Kesemutan ? Ini Penyebabnya

Kesemutan yang menimbulkan sensasi seperti kebas atau mati rasa ini bisa terjadi kapanpun, misalnya setelah duduk bersila dalam waktu lama. Penyebab terjadinya kesemutan pun bisa beragam. Dan juga bagian yang sering kesemutan adalah tangan dan kaki. Sering Kesemutan ? Ini Penyebabnya yuk kita simak artikel ini agar kamu dapat mengetahuinya.

Kesemutan ada yang bersifat sementara dan ada pula yang sifatnya berkepanjangan. Kesemutan yang bersifat sementara tidak memerlukan tindakan khusus, sebab kesemutan tersebut akan hilang dengan sendirinya. Adapun kesemutan yang berkepanjangan. Kesemutan yang berkepanjangan harus diberikan tindakan khusus, seperti konsultasi ke dokter, ataupun meminum obat.

Kesemutan atau dalam istilah medisnya disebut parestesia adalah sensasi geli atau mati rasa yang dibarengi dengan perasaan seperti kamu tertusuk jarum. Hal ini terjadi ketika saraf secara tidak sengaja mendapatkan tekanan. Seperti misalnya terjepit atau tertindih, sehingga aliran darah pada saraf tidak lancar.

Penyebab Kesemutan Sementara

Sering Kesemutan ? Ini Penyebabnya

kesemutan sementara terjadi ketika ada anggota tubuh yang mengalami tekanan dalam waktu lama. Hal ini membuat pasokan darah ke saraf di daerah itu menjadi terhambat. Anda bisa merasakan kesemutan pada kaki setelah duduk bersila atau memakai sepatu terlalu kecil. Kesemutan pada tangan juga dapat dirasakan, misalnya ketika tidur dengan posisi kepala menindih lengan.

Karena bersifat sementara, kondisi ini bisa mereda dengan sendirinya jika Anda membebaskan area yang kesemutan dari tekanan, seperti meluruskan kaki setelah duduk bersila atau melepaskan tangan yang tertindih. Dengan begitu aliran darah akan kembali lancar dan kesemutan.

Penyebab Kesemutan Berkepanjangan

Kesemutan yang terjadi secara berkepanjangan biasanya berhubungan dengan kondisi kesehatan. Bisa jadi itu merupakan pertanda penyakit yang serius. Diantaranya :

  1. Diabetes

30 persen pengidap diabetes kerap mengalami kondisi tangan kesemutan. Pada seseorang yang mengidap diabetes, kesemutan umumnya terasa di kaki lalu naik ke tangan. Sekitar dua pertiga dari pengidap diabetes memiliki kerusakan saraf yang ringan hingga parah.

  1. Stroke

Seseorang yang merasakan tangan kesemutan hingga mati rasa boleh jadi merupakan pertanda penyakit stroke. Tanda lainnya apabila kamu mengidap penyakit stroke adalah kesulitan untuk berbicara atau memahami obrolan orang lain, pusing mendadak, atau hilang keseimbangan. Di samping itu, gejala lainnya adalah sakit kepala yang parah dan bermasalah pada salah satu atau kedua mata.

  1. Saraf Terjepit

Saraf terjepit juga dapat menyebabkan kesemutan pada leher, punggung, tangan, hingga kaki. Saraf terjepit dapat terjadi karena cedera, postur tubuh yang buruk, hingga radang sendi. Selain tangan kesemutan, cedera dapat menyebabkan gangguan saraf dan menimbulkan rasa nyeri pada pengidapnya.

  1. Salah konsumsi obat

Selain itu, obat-obatan yang sedang dikonsumsi juga bisa memicu kesemutan, misalnya obat-obatan kemoterapi yang digunakan untuk mengatasi kanker payudara dan limfoma, obat anti kejang, antibiotik. Faktor lain yang menyebabkan kesemutan berkepanjangan adalah malnutrisi akibat pola makan yang buruk, kekurangan vitamin B12.

Baca Juga : Penyebab Kaki Kram Saat Bersepeda

Kesemutan, baik yang bersifat sementara maupun yang berkepanjangan, seringkali menyerang bagian kaki dan tangan. Hal ini disebabkan, kaki dan juga tangan merupakan bagian yang terhimpun banyak saraf. Jadi, ketika darah tidak sampai ke semua bagian, kita akan mengalami kesemutan.

Sahabat dermawan, Sering Kesemutan ? Ini Penyebabnya, jadi kesemutan bisa diminimalkan dengan menerapkan gaya hidup yang lebih sehat, misalnya rutin berolahraga, menghindari terpapar racun, pola makan yang sehat. menjaga berat badan ideal. Semoga dengan menerapkan pola hidup yang sehat, kita dapat menghindari kesemutan yang berkepanjangan dan juga gejalagejala penyakit yang serius.

Share it on