Griya Yatim & Dhuafa

Serunya Anak Asuh Merawat Tanaman

Asrama Yatim – Alhamdulillah kak, adik-adik kita anak asuh Griya Yatim & Dhuafa cabang BSD selalu peduli terhadap keindahan dan kenyamanan lingkungan asrama. Kak, saat ini mereka sedang berupaya untuk menjaga asrama, dengan cara merawat tanaman yang ada di halaman asrama, agar asrama tetap terlihat asri dan nyaman. Inilah Serunya Anak Asuh Merawat Tanaman, yuk kita simak artikel berikut ini.

Merawat tanaman bisa mendatang banyak manfaat

Kak, merawat tanaman dapat mendatangkan banyak sekali manfaat, semakin banyak tanaman yang tumbuh di lingkungan asrama (rumah) dan merawat tanaman akan membuat lingkungan arama menjadi sejuk, asri, mengurangi polusi udara, serta dapat menyelamatkan bumi di masa depan.

Kak, di dalam sebuah penelitian “Bahwa berhubungan dengan alam memiliki efek yang sangat bagus pada kesejahteraan psikologis dengan meningkatkan nilai-nilai positif dan dapat mengurangi rasa stres pada seseorang.

Sahabat, dengan yang dilakukan oleh anak-anak asuh Griya Yatim dan Dhuafa dalam merawat tanaman dapat mengalihkan diri dari kegiatan yang tidak bermanfaat dan mengurangi stres sehari-hari yang mungkin dialami di dalam mengerjakan tugas-tugas sekolah maupun tugas asram.

Sebab anak-anak dan remaja sekarang ini, lebih banyak berfokus pada alat elektronik dan media social. Padahal tidak membawa manfaat untuk mereka. Sedangkan merawat tanaman merupakan cara yang bagus bagi mereka untuk terlibat dalam kegiatan asrama.

Anak Asuh Merawar Tanaman
                               Foto Kegiatan Anak Asuh Merawar Tanaman

Mereka anak-anak binaan Griya Yatim dan Dhuafa merasa senang dengan kegiatan yang mereka lakukan “Sebab ini merupakan salah satu cara kita menjaga bumi Allah dan merawat tanaman merupakan sebuah ibadah dimata Allah” ungkap salah satu dari mereka.

Sebagaimana Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda : “Tidaklah seorang muslim menanam tanaman kecuali yang dimakan darinya merupakan sedekah, apa yang dicuri darinya merupakan sedekah, apa yang dimakan oleh binatang buas merupakan sedekah, apa yang dimakan oleh burung merupakan sedekah, dan apa yang diambil oleh orang lain juga merupakan sedekah” dalam hadis yang lain: “…Merupakan sedekah sampai akhir kiamat” (HR. Imam Muslim).

 Berikut ini merupakan manfaat bagi mereka dalam menjaga dan merawat tanaman :

  1. Mengenal Konsep Ilmiah

Merawat tanaman merupakan sebuah pengajaran mengenai sains, Anak-anak akan belajar pertumbuhan tanaman serta belajar bagaimana cara merawat tanaman yang baik dan benar serta mengetahui langkah-langkah proses ilmiah.

  1. Mempererat Hubungan Persaudaraan (keluarga) 

Merawat tanaman yang dilakukan bersama-sama dapat mempererat hubungan antar anggota keluarga. Dapat menyebab saling menjaga dalam merawat tanaman, dengan cara bekerja sama menambah benih, memberikan pupuk sert menyirami tanaman.

  1. Mengajarkan Tanggung Jawab

Sahabat, aktivitas merawat tanaman merupakan cara yang sangat mudah bagi mereka mengenai tanggung jawab. Dikarenakan mereka harus merawat tanaman mulai dari menanam, menyiram dengan air, serta menyingkirkan hama.

Terima kasih untuk kakak yang selalu membersamai kami dalam merawat dan membahagiakan anak-anak yatim dan dhuafa. Semoga Allah limpahkan rezeki yang berkah untuk kakak. Aamiin.

Yuk kak terus bantu kami untuk mewujudkan kesejahteraan anak-anak yatim dan dhuafa dengan ikut berdonasi di Griya Yatim dan Dhuafa.

English EN Indonesian ID
Scroll to Top