Griya Yatim & Dhuafa

Serunya Anak Yatim Menanam Pohon

Donasiberkah – Kak, menanam pohon itu merupakan suatu kebaikan. Sebab pohon itu memberi banyak manfaat bagi manusia. Alhamdulillah, di pagi hari ini sungguh menyenangkan adik-adik kita anak yatim dan dhuafa binaan GYD selalu mengisi waktunya untuk hal-hal yang bermanfaat. Di waktu senggangnya mereka sempatkan untuk menanam pohon di lingkungan asrama. Inilah artikel serunya anak yatim menanam pohon, yuk kita simak.

Dalil Tentang Merawat & Menanam Pohon

Rasulullah bersabda : “Tak ada seorang muslim yang menanam pohon, kecuali sesuatu yang dimakan dari tanaman itu akan menjadi sedekah baginya, dan yang dicuri akan menjadi sedekah. Apa saja yang dimakan oleh binatang buas darinya, maka sesuatu (yang dimakan) itu akan menjadi sedekah baginya. Apapun yang dimakan oleh burung darinya, maka hal itu akan menjadi sedekah baginya. Tak ada seorangpun yang mengurangi, kecuali itu akan menjadi sedekah baginya’.” (HR. Muslim).

Baca Juga : Anak Yatim menanam Hidrolik

Kak, di dalam ajaran Islam menanam pepohonan dan merawatnya adalah suatu amalan yang bernilai sedekah dan juga sebagai perbuatan yang terpuji, maka pelakunya akan diberi pahala serta ganjaran dari Allah Ta’ala. Nah, apalagi pohon-pohonan tersebut menghasil kan buah-buahan yang dapat memberikan manfaat kepada makhluk yang lainnya.

Serunya Anak Yatim Menanam Pohon
                                       Serunya Anak Yatim Menanam Pohon

Niatkan Setiap Menanam dan Merawat Sebagai Ladang Amal

Kak, setiap amalan yang kita lakukan maka niatkan karena mencari ridha Allah semata, sama halnya kita menanam pepohonan maka niatkan karena Allah. Meski sepele akan tetapi pahalanya seperti kita melakukan sedekah.

Baca Juga : Serunya Anak Asuh Merawat Tanaman

Sebagaimana Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda : “Tidaklah seorang muslim menanam tanaman kecuali yang dimakan darinya merupakan sedekah, apa yang dicuri darinya merupakan sedekah, apa yang dimakan oleh binatang buas merupakan sedekah, apa yang dimakan oleh burung merupakan sedekah, dan apa yang diambil oleh orang lain juga merupakan sedekah” dalam hadis yang lain: “…Merupakan sedekah sampai akhir kiamat” (HR. Imam Muslim)

Kak, oleh karenanya, maka gunakan kesempatan yang Allah berikan untuk bekal nanti di akhirat, salah satunya dengan menanam tanaman (apapun jenisnya). Mungkin dengan cara ini yang nantinya akan menyelamatkan kita dari perhitungan amalan. Nah Kak, yuk kita biasakan apa lagi menanam di lingkungan rumah maupun di Asrama, maka asrama akan terlihat indah dan sejuk. Sahabat alangkah ruginya jika kesempatan beramal yang sederhana ini seperti bercocok tanam ini kita sia-siakan begitu saja.

Baca Juga : Asyiknya Anak Yatim Menanam Tumbuhan

Terima kasih kak, tidak pernah jenuh untuk selalu membersamai kami membahagiakan anak-anak yatim dan dhuafa. Semoga Allah membalas setiap kebaikan yang kakak berikan, dengan balasan yang lebih baik. Aamiin.

English EN Indonesian ID
Scroll to Top