News

Setiap Muslim Itu Bersaudara

Persaudaraan merupakan salah satu hal yang sangat penting dalam Islam. Hubungan persaudaraan sesama islam ini adalah hubungan yang tidak lebih lemah dari pada saudara kandung. Maka hendaknya kita memperlakukan saudara kita sesama muslim seperti saudara kandung sendiri. Lalu, apa kewajiban kita sebagai saudara sesama muslim? Yang dapat kita lakukan adalah menjaga persaudaraan ini dari kata perpecahan. Karena setiap muslim itu bersaudara.

Sesungguhnya Setiap muslim itu bersaudara, Allah berfirman : “Orang-orang beriman itu sesungguhnya bersaudara. Sebab itu damaikanlah (perbaikilah hubungan) antara kedua saudaramu itu dan takutlah terhadap Allah, supaya kamu mendapat rahmat”. (QS Al-Hujurat: 10).

Agar kita dapat menumbuhkan, memupuk dan menjaga hubungan persaudaraan ini, Rasulullah dan para ulama telah memberikan kita petunjuk dan juga teladannya. Antara lain :

Setiap Muslim Itu Bersaudara

Menyadari bahwa setiap manusia Allah ciptakan dengan sifat yang beragam

Perbedaan merupakan ketentuan Allah. Maka, setiap perbedaan yang ada di dunia ini merupakan keniscayaan yang Allah tetapkan untuk kebaikan makhluknya. Dengan adanya perbedaan maka manusia akan saling mengenal, Allah berfirman : “Hai manusia, sesungguhnya Kami menciptakan kamu dari seorang laki-laki dan seorang perempuan dan menjadikan kamu berbangsa-bangsa dan bersuku-suku supaya kamu saling kenal-mengenal. Sesungguhnya orang yang paling mulia di antara kamu di sisi Allah ialah orang yang paling takwa di antara kamu. Sesungguhnya Allah Maha Mengetahui lagi Maha Mengenal.” (QS. Al-Hujurat : 13).

Baca Juga : Perbaiki Diri, Luruskan Niat

Perbedaan dan perselisihan memang sering terjadi, bahkan perselisihan juga sering terjadi di kalangan para ulama. Namun, perselisihan di antara mereka tidak memudarkan rasa persaudaraan di antara mereka. Inilah yang mesti kita tiru dari para ulama, jangan sampai perbedaan pendapat menjadikan perpecahan dalam persaudaraan ini. Dengan memahami keniscayaan sebuah perbedaan, kita dapat memahami orang lain dan menjaga ikatan persaudaraan ini.

Mengucap salam

Salam merupakan gerbang dari persaudaraan. Salam merupakan sebuah awalan untuk sebuah persaudaraan yang kuat. Mengucap salam merupakan cara untuk menciptakan rasa saling mengasihi dan mencintai. Rasulullah bersabda : “Kalian tidak akan masuk surga hingga kalian beriman. Kalian tidak beriman hingga kalian saling mencintai. Maukah aku tunjukkan kepada kalian sesuatu yang jika kalian mengerjakannya maka kalian akan saling mencintai? Tebarkanlah salam di antara kalian”. (HR. Muslim).

Mari kita sebarkan cinta kepada sesama muslim, dan membiasakan diri untuk mengucapkan salam kepada saudara kita, baik yang kita kenal maupun tidak.

Tidak mencibir, menghina, ataupun menyakiti saudara kita

Mencibir, menghina, ataupun menyakiti saudara kita adalah hal yang dapat dengan mudah menghancurkan persaudaraan. Allah berfirman : “Wahai orang-orang yang beriman, janganlah suatu kaum merendahkan/meremehkan kaum yang lain. Boleh jadi mereka (yang diremehkan) lebih baik daripada mereka (yang meremehkan). Jangan pula wanita merendahkan wanita yang lain. Boleh jadi wanita (yang diremehkan) lebih baik daripada wanita (yang meremehkan). Janganlah kalian saling mencela dan janganlah kalian saling memanggil dengan panggilan yang buruk”. (QS. Al Hujurot: 11).

Jadi, kita harus menghindari dari melakukan hal-hal tersebut agar kita dapat menjaga tali persaudaraan ini.

Tidak berprasangka buruk, mencari-cari keburukan, dan menggunjing satu sama lain

Allah berfirman : “Hai orang-orang yang beriman, jauhilah kebanyakan purba-sangka (kecurigaan), karena sebagian dari purba-sangka itu dosa. Dan janganlah mencari-cari keburukan orang dan janganlah menggunjingkan satu sama lain. Adakah seorang diantara kamu yang suka memakan daging saudaranya yang sudah mati? Maka tentulah kamu merasa jijik kepadanya. Dan bertakwalah kepada Allah. Sesungguhnya Allah Maha Penerima Taubat lagi Maha Penyayang”.(QS. Al-Hujurat : 12).

Berprasangka buruk, mencari-cari keburukan, dan menggunjing satu sama lain merupakan hal yang sangat tidak baik. Akibat dari hal tersebut adalah rusaaknya persaudaraan diantara mereka. Maka, kita harus kita jauhi hal-hal tersebut terhadap saudara kita.

Share it on