News

Setiap Perbuatan Baik Adalah Sedekah

Islam merupakan agama yang penuh dengan kasih sayang, oleh sebab itu seorang muslim itu identik dengan kebaikan. Rasulullah memisalkan seorang muslim itu bagaikan lebah. Rasulullah bersabda : “Perumpamaan seorang Mukmin seperti lebah, apabila ia makan maka ia akan memakan suatu yang baik. Dan jika ia mengeluarkan sesuatu, ia pun akan mengeluarkan sesuatu yang baik. Dan jika ia hinggap pada sebuah dahan untuk menghisap madu ia tidak mematahkannya.” (HR. Al-Baihaqi). Yuk kita simak artikel tentang Setiap Perbuatan Baik Adalah Sedekah.

Setiap perbuatan baik yang dilakukan oleh seorang muslim itu terhitung sebagai sedekah. Rasulullah bersabda : “Setiap perbuatan baik adalah sedekah” (HR. Bukhari). Oleh karena itu, untuk bersedekah tidak perlu menunggu hingga kita kaya. Tapi, setiap orang itu bisa bersedekah dengan kadarnya masing-masing. Allah tidak melihat banyaknya harta yang kita keluarkan untuk bersedekah, namun Allah melihat keikhlasan kita dalam bersedekah.

Setiap Perbuatan Baik Adalah Sedekah

Bentuk sedekah yang disebutkan dalam hadits

Sedekah yang kita ketahui secara umum adalah berhubungan dengan uang maupun harta. Namun, karena setiap perbuatan baik itu dihitung sedekah, maka sedekah tidak hanya terpaku oleh suatu yang berbentuk pemberian material saja. Rasulullah menyebutkannya dalam beberapa hadits, hal-hal yang dihitung sebagai sedekah. Antara lain :

  1. Rasulullah bersabda : “Setiap anggota badan manusia diwajibkan bersedekah setiap harinya selama matahari masih terbit. (1) Kamu mendamaikan antara dua orang yang berselisih adalah sedekah. (2) Kamu menolong seseorang naik ke atas kendaraannya atau mengangkat barang bawaannya ke atas kendaraannya adalah sedekah. (3) Setiap langkah kakimu menuju tempat shalat juga dihitung sedekah. (4) Dan menyingkirkan duri dari jalan adalah sedekah.” (HR Bukhari dan Muslim).
  2. Rasulullah bersabda : “(5) Senyummu kepada saudaramu merupakan sedekah, engkau berbuat ma’ruf dan melarang dari kemungkaran juga sedekah.(6) Engkau menunjukkan jalan kepada orang yang tersesat juga sedekah.(7) Engkau menuntun orang yang berpenglihatan kabur juga sedeka.Menyingkirkan batu, duri dan tulang dari jalan merupakan sedekah. (8) Dan engkau menuangkan air dari embermu ke ember saudaramu juga sedekah.” (HR. Tirmidzi).
  3. Rasulullah bersabda : (9) “Perkataan yang baik adalah sedekah” (HR. Bukhari dan Muslim).
  4. Rasulullah bersabda : “Tidaklah ada satu pekerjaan yang paling mulia yang dilakukan oleh seseorang daripada pekerjaan yang dilakukan dari tangannya sendiri. (10) Dan tidaklah seseorang menafkahkan hartanya terhadap diri, keluarga, anak dan pembantunya melainkan akan menjadi shadaqah.” (HR. Ibnu Majah).

Jika kita urutkan dari 4 hadits tersebut, terdapat 10 macam perbuatan yang merupakan sedekah. Yaitu :

(1). Mendamaikan dua orang yang berselisih,

(2). Menolong seseorang naik/turun dari kendaraannya, atau menaik/turunkan barang bawaannya,

(3). Langkah kaki menuju masjid,

(4). Menyingkirkan duri dan batu dari jalan,

(5). Senyum kepada saudara,

(6). Menunjukkan jalan kepada orang yang tersesat,

(7). Menuntun orang yang penglihatannya buruk,

(8). Menuang air dari ember kita ke ember teman,

(9). Perkataan yang baik,

(10). Menafkahi diri sendiri, keluarga, anak, dan pembantu.

Sahabat, segala perbuatan baik itu merupakan sedekah seperti yang disebutkan dalam hadits. Rasulullah bersabda : “Setiap perbuatan baik adalah sedekah” (HR. Bukhari). Namun secara rinci, Rasulullah menyebutkan 10 hal tersebut yang merupakan sedekah. Maknanya adalah, sedekah bukanlah suatu yang rumit, tapi merupakan hal yang sangat sederhana.

Baca Juga : Sedekah Yang Paling Utama

Sahabat, oleh karena itu lah, selagi kita masih diberikan kesempatan hidup di dunia ini. Maka, marilah kita isi dengan perbuata-perbuatan baik dan juga bersedekah. jangan sampai kita menjadi orang yang menyesal karena tidak bersedekah selagi hidup di dunia. Dalam Al-Qur’an disebutkan, Mereka berkata,”Ya Rabbku, sekiranya Engkau berkenan menunda (kematianku) sedikit waktu lagi, maka aku dapat bersedekah dan aku termasuk orang-orang yang shalih” (Qs. Al-Munafiqun : 10).

Sahabat, Yuk kita segerakan bersedekah…

Share it on