Griya Yatim & Dhuafa

Shalawat Kepada Nabi Shallallahu ‘Alaihi Wa Sallam

Sahabat Dermawan, di antara hak Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam yang disyari’atkan Allah subhanahu wa ta’ala atas ummatnya adalah agar mereka mengucapkan shalawat dan salam untuk beliau. Allah subhanahu wa ta’ala dan para Malaikat-Nya telah bershalawat kepada beliau shallallahu ‘alaihi wa sallam, dan Allah subhanahu wa ta’ala memerintahkan kepada para hamba-Nya agar mengucapkan shalawat dan taslim kepada beliau.

Sebagaimana Allah subhanahu wa ta’ala berfirman:“Sesungguhnya Allah dan Malaikat-malaikat-Nya bershalawat untuk Nabi. Wahai orang-orang yang beriman, bershalawatlah kalian untuk Nabi dan ucapkanlah salam penghormatan kepadanya.” (QS. Al-Ahzab : 56).

Kemuliaan Nabi Muhammad shallallahu ’alaihi wa sallam pun telah di buktikan dengan ayat diatas bahwa Allah Shubhanahu wa ta’ala dan para malaikat memberikan shalawat kepada Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam sebagai penghormatan kepadaNya.

Shalawat Kepada Nabi Shallallahu 'Alaihi Wa Sallam

Sahabat, tidaklah ada keraguan bahwa membaca shalawat merupakan bagian dari penghormatan, maka ketika kita di perintahkan oleh Allah untuk membaca shalawat, sama halnya kita mendoakan Nabi Muhammad. Maka wajib atas Nabi Muhammad melakukan hal yang sama yaitu mendoakan kepada orang yang bershalawat kepadNya.

Sebagaimana Allah Shubhanahu wa Ta’ala berfirman : “Maka lakukanlah penghormatan dengan penghormatan yang lebih baik atau kembalikanlah penghormatan itu” (QS. An-Nisa : 86). Doa dari Nabi inilah yang disebut dengan syafaat.

Selain perintah bershalawat kepada Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam dari Allah di dalam nash Al-Qur’an. Allah subhanahu wa ta’ala juga akan membalas setiap umat Islam yang bershalawat kepada Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam dengan sepuluh kali pada setiap sekali shalawat.

Baca Juga : Pesan Nabi Kepada Umatnya

Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, Rasulullah shallallahu‘alaihi wa sallam bersabda, : “Barang siapa yang bershalawat kepadaku sekali, maka Allah akan bershalawat kepadanya sepuluh kali.” (HR. Muslim, no. 408).Kata Al-Qadhi Iyadh sebagaimana dikatakan oleh Imam Nawawi dalam Syarah Shahih Muslim (4: 116) menyatakan bahwa yang di maksud yaitu Allah akan memberikan ia rahmat dan akan dilipat gandakan karena setiap satu kebaikan dibalas dengan sepuluh yang semisal.

Sahabat dermawan, shalawat juga adalah bukti cinta kita salah satunya kepada Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam. Maka sudah sepatutnya kita menyempatkan untuk bershalawat kepada Beliau atau ketika mendengar nama Beliau di sebutkan.

English EN Indonesian ID
Scroll to Top