News

Siapa yang Berhak Menerima Sedekah?

Donasiberkah – Sahabat dermawan, sedekah merupakan salah satu ibadah yang dimuliakan dan dicintai  Allah. Sebagaimana  Allah Ta’ala  berfirman: “Sesungguhnya orang-orang yang bersedekah baik laki-laki maupun perempuan dan meminjamkan kepada Allah dengan pinjaman yang baik, niscaya akan dilipat gandakan (pahalanya) kepada mereka dan bagi mereka pahala yang banyak“. (QS. Al-Hadid: 18). Lalu, Siapa yang Berhak Menerima Sedekah?

Sebagaimana Allah Ta’ala berfirman : “Dan pada harta-harta mereka ada hak untuk orang miskin yang meminta dan orang miskin yang tidak mendapat bagian” (Adz-Dzariyat : 19)

Tahukah kamu, Siapa yang berhak menerima sedekah kita ?

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda : “Jika salah seorang di antaramu miskin, hendaknya di mulai dengan dirinya. Dan jika dalam itu ada kelebihan, barulah diberikan untuk keluarganya. Lalu apabila ada kelebihan lagi, maka untuk kerabatnya,” atau sabdanya, “Untuk yang ada hubungan kekeluargaan dengannya. Kemudian apabila masih ada kelebihan, barulah untuk ini dan itu.”

Dalam hadis tersebut menyuruh kepada kita bahwa orang yang paling layak menerima sedekah seseorang adalah anaknya, keluarganya, dan kerabatnya. Tidak boleh dia bersedekah kepada orang lain, jika yang akan disedekahkan itu diperlukan sebagai nafkah hidup sehari-hari baik dirinya dan keluarganya.

Sedekah Yatim

                           Sedekah siapa saja yang Berhak Menerimanya

 

Sabda Rasulullah yang juga mengatakan bahwa paling utama sedekah diberikan kepada kaum kerabatnya.  “Sedekah yang paling utama ialah sedekah kepada kaum kerabat yang memendam rasa permusuhan.” (HR Tabhrani)

Namun, apabila seseorang sudah memenuhi kebutuhan keluarganya, Allah menganjurkan untuk bersedekah kepada kerabat dan tetangga, barulah kepada manusia lainnya.

Diriwayatkan dalam Hadis Abu Daud, “Rasulullah besabda, “Bersedekahlah engkau!” Seorang laki-laki bertanya, “Aku punya satu dinar.” Nabi Shalallahu ‘Alaihi wa Sallam bersabda, “Pergunakanlah itu untuk dirimu sendiri!” Laki-laki itu berkata, “Aku punya satu dinar lagi.” Nabi Shalallahu ‘Alaihi wa Sallam bersabda, “Pergunakanlah untuk istrimu!” Laki-laki itu berkata, “Aku punya satu dinar lagi!” Rasulullah Shalallahu ‘Alaihi wa Sallam bersabda, “Pergunakanlah untuk anak-anakmu!” Kata laki-laki itu, “Aku masih punya satu dinar lagi.” Nabi Shalallahu ‘Alaihi wa Sallam bersabda, “Pergunakanlah untuk pelayanmu!” Laki-laki itu berkata lagi, “Aku masih punya satu dinar lagi.” Nabi Shalallahu ‘Alaihi wa Sallam bersabda, “Terserahlah kepadamu, engkau lebih tahu menggunakannya.

Yuk bersedekah Kak, sebab dengan bersedekah Allah akan memberikan pahala yang berlipat ganda, dan dengan bersedekah Allah akan mendatangkan ridhaNya di segala aktivitas kita. Kamu dapat bersedekah dengan mudah dan cepat untuk yatim dan dhuafa, dengan cara klik tombol dibawah ini:

Share it on