Griya Yatim & Dhuafa

Siapakah Orang Yang Berhak Menerima Zakat Penghasilan? 

 Donasiberkah.id – Kak, zakat profesi atau yang kita kenal dengan zakat penghasilan adalah zakat yang dikenakan pada setiap pekerjaan. Zakat ini dibebankan pada semua jenis profesi. Nah, tahukah kita siapa saja yang berhak untuk menerimanya? Siapakah orang yang berhak menerima zakat penghasilan ini, yuk kita simak artikel ini.

Apa itu Zakat Penghasilan ?

Zakat Penghasilan (profesi) merupakan zakat yang dikeluarkan dari penghasilan yang telah didapat jika telah mencapai nisabnya. Zakat ini dikeluarkan setiap kita menerima penghasilan. Zakat penghasilan adalah ijtihad para Ulama saat ini, yang memiliki alasan dan dasar yang sangat kuat untuk ditunaikannya zakat penghasilan.

Mengapa Zakat Penghasilan Wajib Ditunaikan ?

Kak, bahwa semua penghasilan yang telah didapat melalui profesi tertentu wajib untuk menunaikan zakat, terutama jika telah mencapai nisab. Hal tersebut tentu didasarkan pada ketentuan Al-Qur’an dan Sunnah Nabi yang bersifat umum yang mewajibkan untuk mengeluarkan harta (zakat).

Siapa Orang-Orang yang Berhak Menerima Zakat Penghasilan ?

Kak, zakat ini sama halnya seperti dengan jenis zakat yang lainnya. Zakat penghasilan juga ada ketentuan dan syarat bagi yang hendak menerimanya, tak bisa diberikan kepada sembarang orang. Ada ketentuan dalam syari’at yang mewajibkan golongan penerima zakat, termasuk di antaranya adalah zakat penghasilan.

Kak, terkait golongan penerima zakat telah diatur oleh Allah Ta’ala di dalam Al-Quran yang Artinya : “Sesungguhnya, zakat-zakat itu hanyalah untuk orang-orang fakir, orang-orang miskin, pengurus-pengurus zakat, para muallaf yang dibujuk hatinya, untuk (memerdekakan) budak, orang-orang yang berutang, fi sabilillah, ibnu sabil, sebagai ketetapan yang diwajibkan Allah, dan Allah Maha Mengetahui lagi Maha Bijaksana” (QS. At-Taubah : 60).

Siapakah Orang Yang Berhak Menerima Zakat Penghasilan?
                    Siapakah Orang Yang Berhak Menerima Zakat Penghasilan?

Kak, dari ayat di atas, diketahui ada delapan golongan yang berhak untuk mendapatkan zakat penghasilan dan juga zakat lainnya. Nah, delapan golongan tersebut adalah:

Fakir

Fakir adalah orang atau golongan yang tak memiliki harta untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-harinya. Sekalipun ada, harta yang mereka miliki tak mencapai setengah dari kebutuhan sehari-harinya.

Miskin

Sedangkan orang yang miskin ini bisa dikatakan lebih baik dibandingkan orang fakir. Mereka punya sedikit harta, dalam memenuhi  kebutuhan sehari-hari mereka. Akan tetapi, golongan ini hanya mampu memenuhi setengah atau lebih dari kebutuhannya sehari-hari.

Amil zakat

Secara khusus amil merupakan pengurus yang mengelola dan juga menyalurkan dalam pembagian zakat.

Mualaf

Mualaf merupakan orang yang baru masuk Islam (baru bersyahadat) dan kondisi imannya masih  lemah. Mereka berhak untuk mendapatkan dari zakat.

Budak

Golongan ini adalah budak yang dikenal pada masa Rasulullah, nah pada zaman itu banyak budak yang berkeinginan untuk merdeka dari penguasaan tuannya dan sedang melakukan pembayaran secara berjangka.

Gharim

Gharim merupakan kelompok orang yang dipenuhi dengan utang, termasuk diantaranya adalah orang yang berhutang demi kebutuhan pribadi atau utang yang disebabkan karena usaha untuk mendamaikan orang lain. Orang yang berhutang berhak untuk menerima zakat, akan tetapi dalam berhutang tidak melanggar hukum Allah.

Fi Sabilillah

Fi sabilillah adalah kelompok orang yang menghabiskan waktunya untuk berjuang di jalan Allah Ta’ala.

Ibnu sabil

Kak, yang dimaksud dengan Ibnu sabil yakni orang yang sedang melakukan sebuah perjalanan (berpergian), yang dimana di dalam perjalanan mereka kehabisan perbekalannya. Tapi ingat bukan yang menderita dalam perjalanan dengan tujuan bermaksiat kepada Allah.

Kak, inilah 8 golongan yang berhak untuk menerima zakat penghasilan yang kita keluarkan. Semoga dengan apa yang kita baca menambah dalam wawasan serta ilmu kita. Yuk tunaikan zakat penghasilan. Semoga Allah Ridha atas apa yang kita keluarkan dan menggantinya dengan balasan yang terbaik. Aamiin.

English EN Indonesian ID
Scroll to Top