Griya Yatim & Dhuafa

Sifat Qana’ah Yang Harus Ditanamkan Dalam Hati

Sifat Qana'ah Yang Harus Ditanamkan Dalam Hati
                       Sifat Qana’ah Yang Harus Ditanamkan Dalam Hati

Donasiberkah Salah satu amalan hati yang patut dimiliki seorang muslim adalah sifat qana’ah. Nah, qana’ah sendiri adalah sifat yang menandakan rasa syukur seseorang yang berarti rela terhadap segala bentuk pemberian Allah yang telah ditetapkan. Selalu ridho atas segala yang Allah kehendaki untuknya, tidak dihinggapi ketidakpuasan, tidak pula perasaan kurang atas apa yang telah diberikan. Inilah artikel tentang sifat qana’ah yang harus ditanamkan dalam hati, yuk kita simak.

Sifat Yang Menerima Ketentuan Allah

Seseorang yang memiliki sifat qana’ah akan selalu dipenuhi rasa syukur dalam qalbunya. Setiap apa yang mereka kerjakan (usahakan), ia akan menerimanya dengan lapang dada. Maka, sifat inilah yang harus dimiliki oleh setiap Mukmin. Agar selalu merasa cukup dengan segala yang Allah berikan untuknya.

Baca Juga : Mencapai Derajat Tertinggi Dengan Mencintai Allah

“Bila engkau adalah pemilik hati yang qanaah (ridho dan merasa cukup dengan pembagian Allah), maka engkau adalah orang yang kaya” (Imam Asy Syafi’i). Kak, dengan sifat qana’ah hati kita akan dipenuhi dengan keimanan, yakin kepada Allah serta ridho atas apa yang telah Allah tentukan.

Sebagaimana Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda : Sungguh sangat beruntung orang yang telah masuk Islam, diberikan rizki yang cukup dan Allah mengaruniakannya sifat qana’ah (merasa puas) dengan apa yang diberikan kepadanya.” (HR. Muslim).

Sifat Qana'ah Yang Harus Ditanamkan Dalam Hati
Sifat Qana’ah Yang Harus Ditanamkan Dalam Hati

Qana’ah Harus Dibarengi Usaha

Namun, qana’ah bukan berarti pasrah dengan keadaannya. Setiap orang yang memiliki sifat seperti ini, tentunya harus dibarengi dengan ikhtiar (usaha). Dan tetap tawakal atas hasil dari setiap usahanya itu. Sifat qana’ah sendiri, tidak membuat seseorang lalai dalam bersyukur, bahkan sifat ini dapat menjauhkannya dari ketamakan akan kecintaan terhadap duniawi.

Sebagaimana Rasulullah shallallahui ‘alaihi wa sallam bersabda : “Lihatlah orang yang berada di bawah kalian dan janganlah melihat orang di atas kalian, karena yang demikian itu lebih baik (layak) bagi kalian agar kalian tidak memandang hina nikmat Allah yang dilimpahkan kepada kalian” (HR. Muttafaqun Alaih).

Dalam hadits yang lain Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda : “Pandanglah orang yang berada di bawahmu (dalam masalah harta dan dunia) dan janganlah engkau pandang orang yang berada di atasmu (dalam masalah dunia). Dengan demikian hal itu akan membuatmu tidak meremehkan nikmat Allah padamu’ (HR. Muslim).

Baca Juga : 2 Nikmat yang Sering Di Lalaikan

Yuk Tanamkan Didalam Pribadi-Pribadi Kita  

Yuk kak, kita tanamkan sifat qana’ah di dalam hati kita, sehingga kita menerima ketentuan Allah. Apalagi di masa pandemi ini, segala macam ujian yang Allah datang kan untuk negeri ini. Semoga Allah memberikan sifat tersebut kepada diri-diri kita. Aamiin.

English EN Indonesian ID
Scroll to Top