Griya Yatim & Dhuafa

Sikap terhadap Al-Qur’an dan Akibat Mendustakannya

Al-Qur’an merupakan salah satu mukjizat yang Allah berikan kepada Rasulullah. Al-Qur’an merupakan perkataan Allah yang disampaikan kepada Rasulullah melalui perantara malaikat jibril. Bagi orang-orang yang beriman, tidak ada keraguan sedikitpun di dalamnya. Yuk kita simak artikel tentang Sikap terhadap Al-Qur’an dan Akibat Mendustakannya.

Maka seharusnya sikap dan sifat orang yang beriman terhadap Al-Qur’an itu antara lain :

  1.       Membacanya dengan bacaan yang benar dan tidak mengingkarinya

Allah berfirman : “Orang-orang yang telah Kami berikan Al Kitab kepadanya, mereka membacanya dengan bacaan yang sebenarnya, mereka itu beriman kepadanya. Dan barangsiapa yang ingkar kepadanya, maka mereka itulah orang-orang yang rugi.” (QS. Al-Baqarah : 121).

  1.       Bertambah keimanannya, dan bersujud.

Allah berfirman : ”…Sesungguhnya orang-orang yang diberi pengetahuan sebelumnya apabila Al-Qur’an dibacakan kepada mereka, mereka menyungkur atas muka mereka sambil bersujud, dan mereka berkata: “Maha Suci Tuhan kami, sesungguhnya janji Tuhan kami pasti dipenuhi.”  (QS. Al-Isra : 107-108).

  1.       Berpegang teguh terhadap Al-Qur’an

Allah berfirman : “…Peganglah teguh-teguh apa yang Kami berikan kepadamu dan ingatlah selalu apa yang ada didalamnya, agar kamu bertakwa”. (QS. Al-Baqarah : 63).

Sikap terhadap Al-Qur’an dan Akibat Mendustakannya

Itulah sikap yang harusnya ditunjukkan oleh orang-orang yang beriman. Tidak seperti orang-orang kafir yang mengingkari dan mendustakan Al-Qur’an. Padahal Al-Qur’an adalah petunjuk yang nyata yang telah Allah berikan kepadanya, namun mereka menolak untuk taat.

Allah memberikan ancaman bagi orang-orang yang menutup dirinya dan berpaling dari Al-Qur’an. Antara lain :

  1.       Mereka tidak dipandang beragama karena tidak menegakkan/memperjuangkan Al-Qur’an.

Allah berfirman : “Katakanlah: ‘Hai Ahli Kitab, kamu tidak dipandang beragama sedikitpun hingga kamu menegakkan ajaran-ajaran Taurat, Injil, dan Al-Qur’an yang diturunkan kepadamu dari Tuhanmu’. Sesungguhnya apa yang diturunkan kepadamu (Muhammad) dari Tuhanmu akan menambah kedurhakaan dan kekafiran kepada kebanyakan dari mereka; maka janganlah kamu bersedih hati terhadap orang-orang yang kafir itu.”  (QS. Al-Maidah : 68).

  1.       Allah mengunci mati hatinya

Allah berfirman : “Dan mereka berkata: ‘Hati kami tertutup’. Tetapi sebenarnya Allah telah mengutuk mereka karena keingkaran mereka; maka sedikit sekali mereka yang beriman.” (QS. Al-Baqarah : 88). Mereka berkata bahwa hati mereka tertutup. Mereka tidak menyadarinya bahwa Allah telah melaknat mereka atas kekafirannya dan menutup hati mereka dari kebenaran.

  1.       Setan sebagai teman setianya

Orang-orang yang mendustakan dan berpaling dari ayat-ayat Allah, Allah jadikan setan sebagai teman setianya. Allah berfirman : “Barangsiapa yang berpaling dari pengajaran Tuhan Yang Maha Pemurah (Al-Qur’an), kami adakan baginya syaitan (yang menyesatkan) maka syaitan itulah yang menjadi teman yang selalu menyertainya.”  (QS. Az-Zukhruf : 36).

  1.       Akan memikul dosa yang begitu besar

Mendustakan dan berpaling dari ayat-ayat Allah merupakan dosa besar. Lalu dosa-dosa itu akan mereka pikul di akhirat kelak. Allah berfirman : “Demikianlah kami kisahkan kepadamu (Muhammad) sebagian kisah umat yang telah lalu, dan sesungguhnya telah Kami berikan kepadamu dari sisi Kami suatu peringatan (Al-Qur’an). Barangsiapa berpaling dari pada Al-Qur’an maka sesungguhnya ia akan memikul dosa yang besar di hari kiamat.” (QS. Taha : 99-100).

Baca Juga : Inilah Beberapa Keutamaan Al-Qur’an dan Pembacanya

Itulah Sikap terhadap Al-Qur’an dan Akibat Mendustakannya serta ancaman dan akibat bagi orang-orang yang mendustakan dan berpaling dari ayat-ayat Allah. Sahabat dermawan, di dalam Al-Qur’an banyak dicantumkan perintah dan juga larangan. Maka mari kita jalankan segala perintah dan larangan yang telah Allah berikan dalam Al-Qur’an agar kita tidak termasuk orang-orang yang berpaling dari ayat-ayat Allah. 

English EN Indonesian ID
Scroll to Top