Griya Yatim & Dhuafa

Stop mencari keburukan orang lain

admin

Donasiberkah – Islam merupakan agama yang sempurna dan sangat menghormati hak dalam bersaudara antara sesama manusia. Karena itu, Islam sangat menjamin hak-hak setiap individu maupun masyarakat dan melarang perbuatan yang menyerempet kepada hak-hak pribadi maupun aib dari setiap manusia. Inilah artikel tentang stop mencari keburukan orang lain, yuk kita simak.

Landasan Tentang Larangan Mencari Kesalahan Orang Lain

Sebagaimana Allah Ta’ala berfirman : “Wahai orang-orang yang beriman! Jauhilah banyak dari prasangka, sesungguhnya sebagian prasangka itu dosa dan janganlah kamu mencari-cari kesalahan orang lain dan janganlah ada di antara kamu yang menggunjing sebagian yang lain” (QS. Al-Hujurat : 12).

Kak, di dalam ayat tersebut, Allah melarang kepada manusia untuk mencari-cari kesalahan orang lain. Baik secara langsung kita menyelidikinya secara langsung atau dengan bertanya-tanya kepada orang lain. 

Baca Juga : Ilmu Dan Harta Menjaga atau Dijaga?

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda “Berhati-hatilah kalian dari tindakan berprasangka buruk, karena prasangka buruk adalah sedusta-dusta ucapan. Janganlah kalian saling mencari berita kejelekan orang lain, saling memata-matai, saling mendengki, saling membelakangi, dan saling membenci. Jadilah kalian hamba-hamba Allah yang bersaudara” (HR. Bulhari & Muslim).

Dalam hadits yang lain Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda : “Wahai sekalian orang yang beriman dengan lisannya yang belum sampai ke dalam hatinya, janganlah kalian mengganggu kaum muslimin, janganlah kalian menjelek-jelekkannya, janganlah kalian mencari-cari aibnya. Barang siapa yang mencari-cari aib saudaranya sesama muslim niscaya Allah akan mencari aibnya. Barang siapa yang Allah mencari aibnya niscaya Allah akan menyingkapnya walaupun di dalam rumahnya” (HR. At-Tirmidzi).

Stop Mencari Keburukan Orang Lain
 Stop Mencari Keburukan Orang Lain

Hendaknya Intropeksi Dengan Kesalahan Kita

Maka hendaknya kita menjaga keselamatan untuk diri kita, dengan cara meninggal kan perbuatan mencari kesalahan orang lain. Dan senantiasa sibuk memikirkan kejelekan diri sendiri. Sesungguhnya orang yang sibuk memikirkan kejelekan dirinya sendiri dan melupakan kejelekan orang lain. Maka hatinya akan tenteram dan tidak akan merasa gelisah hidupnya.

Setiap kali dia melihat kejelekan yang ada pada dirinya, maka dia akan merasa hina. Tatkala melihat kejelekan yang serupa ada pada saudaranya. Sementara orang yang senantiasa sibuk memperhatikan kejelekan orang lain dan melupakan kejelekannya sendiri. Maka hatinya akan buta, badannya akan merasa letih, dan akan sulit baginya meninggal kan kejelekan dirinya.

Baca Juga : Jagalah Diri Dari Api Neraka dengan Menjaga Lisan

Yuk Kak, jauhi dari sifat mencari kesalahan atau keburukan orang lain. Semoga kita senantiasa dimudahkan oleh Allah dalam melakukan amalan. Dan menjauhi sifat-sifat buruk dan sikap yang merugikan diri kita dan juga orang lain. Aamiin.

55 views