Griya Yatim & Dhuafa

Sudah di Penghujung Tahun, Yuk Zakat Dulu Belanja Kemudian

Sudah di Penghujung Tahun, Yuk Zakat Dulu Belanja Kemudian
            Sudah di Penghujung Tahun, Yuk Zakat Dulu Belanja Kemudian

Donasiberkah.id – Masya Allah, semangat masyarakat untuk belanja online akhir-akhir ini benar-benar luar biasa. Apalagi dengan banyaknya promo, gratis ongkir, dan diskon besar-besaran menjelang akhir tahun. Namun agar lebih berkah lagi jangan lupa untuk membayar zakat akhir tahun. Sebab dengan menunaikan zakat, dapat mensucikan harta yang kita miliki. Inilah artikel sudah di penghujung tahun, yuk zakat dulu belanja kemudia.

Sebagaimana Allah Ta’ala berfirman : ”Ambillah zakat dari sebagian harta mereka, dengan zakat itu kamu membersihkan dan mensucikan mereka dan do’akanlah mereka karena sesungguhnya do’amu dapat memberi ketenangan bagi mereka. Dan Allah Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui” (QS.At Taubah103).

Baca Juga : Selamatkan Diri Kita di Akhirat Dengan Berzakat

Akhiri Tahun Ini Dengan Menunaikan Zakat

Kak, disamping sibuk untuk membeli barang-barang (belanja online), ingat jangan sampai kita berlebihan dalam membelanjakan harta kita. Sebagaimana Allah Ta’ala berfirman : “Dan orang-orang yang apabila membelanjakan (harat), mereka tidak berlebihan, tidak (pula) kikir, dan adalah (pembelanjaan itu) di tengah-tengah antara yang demikian” (QS. Al-Furqon : 67).

Maka agar kita selamat dan tidak termasuk dalam golongan yang disebutkan di dalam ayat tersebut (sifat boros). Sudah seharusnya bagi seorang Muslim mengingat ketika akhir tahun telah tiba untuk menunaikan kewajiban kita yakni dengan membayar zakat. Zakat yang dikeluarkan baik berupa uang maupun barang dagangan yang telah mencapai syarat-syaratnya.

Sudah di Penghujung Tahun, Yuk Zakat Dulu Belanja Kemudian
Sudah di Penghujung Tahun, Yuk Zakat Dulu Belanja Kemudian

Allah Ta’ala berfirman : “Dan laksanakanlah sholat dan tunaikanlah zakat. Dan segala kebaikan yang kamu kerjakan untuk dirimu, kamu akan mendapatkannya (pahala) di sisi Allah. Sungguh, Allah Maha Melihat apa yang kamu kerjakan” (QS. Al-Baqarah : 110).

Secara singkat zakat akhir tahun adalah zakat yang dikeluarkan setiap akhir tahun masehi maupun hijriah. Zakat yang dikeluarkan meliputi harta, baik berupa Emas/Perak, Saham, Investasi, Tabungan , harta dari usaha perdagangan, usaha perdagangan hewan ternak atau anda memiliki perusahaan yang sudah dimiliki atau berjalan selama 1 tahun (Haulnya 1 tahun).

Salah Satu Syarat Di Dalam Zakat

Nah, Salah satu syarat wajib dari Zakat adalah harta tersebut telah dimiliki, dikuasai atau telah diusahakan selama setahun oleh pemiliknya. Di dalam bahasa Arab yakni Haul. Pada zaman dahulu hitungan satu haul mengacu kepada tahun Hijriah, karena pada masa itu umat Islam terbiasa dengan perhitungan tahun hijriah.

Baca Juga : Bayar Zakat Bisa Bikin Bahagia

Griya Yatim Memberikan Kemudahan Dalam Menunaikan Zakat Akhir Tahun

Laznas Griya Yatim & Dhuafa, memudahkan untuk membantu para #SahabatDermawan dan #OrangBaik sekalian menutup akhir tahun dengan membayar zakat akhir tahun. Semoga dengan menunaikan zakatnya. Allah memberikan kemudahan di setiap urusannya. Mari kita lengkapi ibadah akhir tahun ini dengan berzakat. Melalui Donasiberkah.id. Insya Allah dengan menunaikan berzakat keberkahan akhir tahun menjadi sempurna.

English EN Indonesian ID
Scroll to Top