Griya Yatim & Dhuafa

Sudah Gajian, Yuk Bersegeralah Dalam Zakat Profesi

Donasiberkah.id – Kak, zakat merupakan bagian dari harta kita yang diwajibkan untuk ditunaikan. Nah, apakah kita sudah menunaikan kewajiban yang Allah perintahkan untuk diberikan kepada orang-orang yang berhak menerimanya. Karena pada hakikatnya harta itu adalah hak Allah. Inilah artikel sudah gajian, yuk bersegeralah dalam zakat profesi, yuk kita simak.

 Pengertian Zakat Penghasilan (Profesi)

Kak, zakat Penghasilan (profesi) merupakan zakat yang dikeluarkan dari penghasilan yang telah didapatkan dari hasil yang halal, dan harta tersebut telah mencapai nisabnya. Zakat ini dikeluarkan setiap kita menerima penghasilan (gaji). Zakat penghasilan adalah ijtihad para Ulama saat ini, yang memiliki alasan dan dasar yang sangat kuat.\

Baca juga : Zakat Penghasilan untuk Yatim dan Janda, Bagaimanakah Hukumnya?

Mengapa Zakat Penghasilan Wajib Ditunaikan

Kak, ahwa semua penghasilan yang telah didapat melalui profesi tertentu wajib untuk menunaikan zakat, terutama jika telah mencapai nisab. Hal tersebut tentu didasarkan pada ketentuan Al-Qur’an yang bersifat umum yang mewajibkan semua harta untuk dikeluarkan zakatnya.

Sudah Gajian, Yuk Bersegeralah Dalam Zakat Profersi
Sudah Gajian, Yuk Bersegeralah Dalam Zakat Profersi

Nah, ketahui juga bahwa di dalam harta yang kita miliki dari hasil bekerja, entah sengaja atau tidak, ada kalanya mungkin kita melakukan sesuatu yang tidak baik dan keliru. Sehingga, uang yang kita dapatkan itu tidak sepenuhnya bersih atau suci. Untuk itulah zakat menjadi sarana terbaik untuk menyucikan hartamu. Hal ini penting agar apa yang kamu dapatkan membawa keberkahan dan sakinah di dalam kehidupan.

Baca juga : Yuk Selesaikan Masalah dengan Berzakat

Sebagaimana Allah TA’ala berfirman : “Ambillah zakat dari harta mereka, guna membersihkan dan menyucikan mereka, dan berdoalah untuk mereka. Sesungguhnya doamu itu (menumbuhkan) ketenteraman jiwa bagi mereka. Allah Maha Mendengar, Maha Mengetahui” (QS. At-Taubah : 103).

Zakat tidak hanya sebagai sarana dalam mendekatkan diri kepada Allah. Akan tetapi, dengan membayar zakat dapat membantu mensejahterakan saudara-saudara kita yang membutuhkan.

Baca Juga : Cara Bayar Zakat Penghasilan di Donasiberkah.id

Dimanakah tempat untuk menunaikan zakat penghasilan

Nah Kak, untuk memudahkan dalam mengeluarkan zakat, terlebih dalam mengeluarkan zakat penghasilan. Laznas Griya Yatim & Dhuafa menerima dan juga menyalurkan Zakat, Infaq, Shadaqoh dan Wakaf. Semoga Allah menerima apa yang Kakak keluarkan dan memberkahi di dalam hartanya. tunaikan melalui Donasi Online di Donasiberkah.id. Aamiin.

English EN Indonesian ID
Scroll to Top