News

SUJUD, Tawakal Seorang Hamba Menghindari Wabah Virus Corona

Sahabat dermawan, tentu ada banyak persoalan dalam hidup dan setiap manusia mempunyai persoalan yang berbeda – beda dalam kehidupannya.

Dalam mencari solusi dan menenangkan diri pun semua berbeda – beda, seperti ada yang rela jauh – jauh pergi ke pantai atau pegunungan, ada yang menyendiri didalam kamar, ada pula rokok menjadi temannya, asyik dengan game onlinenya, berlama – lama dengan HPnya, berkaraoke dan bahkan na’udzubillah ada yang menceburkan dirinya kepada hal – hal negatif dan merusak, seperti Obat – obatan terlarang dan pergi ke klub malam, tetapi bukan ketenangan dan solusi yang didapat malah bertambah masalah yang ada.

Juga ada permasalahan bersama yang perlu kita waspadai, yaitu Wabah Virus Corona. Permasalahan ini tidak bisa kita selesaikan dengan kemampuan kita sendiri. Tentu kita akan membutuhkan bantuan, Maka tidak ada tempat meminta pertolongan yang lebih baik kecuali kepada Allah Subhanahu Wata’ala.

Ikhtiar yang maksimal sebagai sandaran menghadapi Wabah Virus Corona dengan melakukan aktivitas seperti selalu cuci tangan, olah raga, berjemur, dan sebagainya ternyata tidaklah cukup, tetapi juga perlu dilengkapi sandaran berikutnya yaitu dengan ber tawakal kepada Allah SWT.

Sejatinya kita sebagai seorang muslim jika ingin mencari ketenangan hidup dan solusi masalah, harus kembali kepada Sang Khaliq yakni Allah Subhanahu Wat’ala, salah satunya dengan senantiasa bersujud, bukankah Allah Subahanu Wata’ala berfirman : “Dan mohonlah pertolongan kepada Allah dengan sabar dan sholat. Dan shalat itu sungguh berat kecuali bagi orang – orang yang khusyuk” (Qs. Al Baqarah ayat 45 ).

Sahabat Dermawan yang dicintai Allah Subhanahu Wa Ta’ala. Dalam shalat kita bersujud, di dalam sujud itu, ada ketenangan batin yang luar biasa dan walaupun sujud adalah gerakan sederhana yang sering kita lakukan dalam ibadah shalat, namun maknanya sangat luar biasa.

Baca Juga : Ayo Berdonasi Bersama Lawan Corona

Tahukah Sahabat Dermawan, ternyata sujud adalah saat – saat dimana seorang hamba begitu dekat dengan Penciptanya yaitu Allah Subhanu Wa Ta’ala. Dalam sujud itulah kita memuji-Nya dan berdoa kepadanya.

Nabi Muhammad  Shalallohu ‘alaihi Wasallam bersabda :

Dari Abu Hurairah Radhiyallahu anhu bahwasanya Rasulullah Shallallahu ‘alaihi Wasallam bersabda: Sedekat – dekatnya seorang hamba dengan Rabbnya adalah ketika dia sedang sujud, maka perbanyaklah doa  [HR. Muslim, no. 482].

Apalagi pada kondisi sekarang ini, yakni mewabahnya Virus Corona yang sudah menjadi Pandemi. Wabah Virus Corona ada dimana – mana, di tempat tinggal kita, bahkan seluruh Indonesia dan dunia seakan – akan semua tempat sudah didatangi Virus Corona.

Bersujud kepada Sang Khaliq bukan hanya pada shalat saja, Tetapi kapan saja dan dimana saja. Sujud juga bisa menjadi ekspresi rasa syukur kita kepada-Nya dan juga lambang permohonan kepada-Nya.

Sahabat Dermawan, setelah ikhtiar dipenuhi, maka setelah itu tidak ada tempat berlindung terbaik kecuali kepada Allah Subhanahu Wata’ala, karena dengan menjaga shalat kita terus sujud kepada-Nya dan kita bisa meminta dengan begitu penuh harap kepada-Nya agar setiap masalah pribadi dan keluarga kita serta Wabah Virus Corona segera Allah Subhanahu Wata’ala angkat, aamiin.

Yuk Sahabat Dermawan Perbanyak Sujud, bukan hanya di dalam shalat saja, paling tidak kita harus bersujud ketika selesai berdoa sehabis sholat.  karena saat terdekat kita dengan Allah Rabb Semesta Alam adalah saat kita Sujud kepada-Nya. Dengan begitu kita bisa berdoa dengan lebih khusyu. Dan semoga doa yang kita panjatkan di jabah oleh Allah Subhanahu Wata’ala.

Share it on

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *