News

Sukses Itu Mudah Inilah Kuncinya

Kak, kesuksesan adalah impian setiap orang. Namun setiap orang memiliki persepsi yang berbeda-beda tentang kesuksesan. Ada yang mengartikan kesuksesan dengan banyaknya harta, karir yang cemerlang, pendidikan yang tinggi, dan sukses hanya sebatas ukuran dunia saja. Dalam Islam kesuksesan yang hakiki merupakan kesuksesan di dunia dan di akhirat kelak. Meraih sukses sudah diajarkan oleh Islam. Sebagaimana disebutkan dalam ayat dan hadits. Sukses Itu Mudah Inilah Kuncinya, yuk kita simak kunci utama berikut ini.

Ada 5 kunci utama yang memudahkan kita meraih sukses, diantaranya yaitu :

Pertama : Bertakwa (Melaksanakan perintah Allah dan menjauhi larangan-Nya) serta tawakkal. Allah Ta’ala berfirman : “Barangsiapa bertakwa kepada Allah niscaya Dia akan mengadakan baginya jalan keluar, dan memberinya rezeki dari arah yang tiada disangka-sangkanya. dan Barangsiapa yang bertawakkal kepada Allah niscaya Allah akan mencukupkan (keperluan)nya.” (QS. Ath Thalaq: 2-3).

Sukses Itu Mudah, Inilah Kuncinya

Dari Ibnu ‘Abbas, ia menafsirkan ayat “Allah akan mengadakan baginya jalan keluar” yaitu dengan takwa, Allah akan menyelematkannya dari kesulitan di dunia dan akhirat.” (Lihat Tafsir Al Qurthubi, 18: 159).

Kedua : Miliki ilmunya. Menuntut ilmu adalah kewajiban bagi setiap muslim. Rasulullah bersabda : “Menuntut ilmu itu wajib bagi setiap muslim.” (HR. Ibnu Majah). Oleh karena itu, diwajibkannya orang muslim. Menuntut ilmu adalah salah satu sarana menuju kesuksesan. Karena hasil dari yang digapai oleh orang yang memiliki ilmu dan orang yang tidak memiliki ilmu. Dalam firman Allah pun disebutkan, “Katakanlah, ‘Samakah orang yang berilmu dengan yang tidak berilmu?’” (QS. Az-Zumar : 9).

Tidak itu saja kak dengan menuntut ilmu itu, Allah mengangkat derajat seseorang, sehingga orang yang berilmu itu lebih tinggi derajatnya. Allah berfirman : “…Allah akan meninggikan orang-orang yang beriman di antaramu dan orang-orang yang diberi ilmu pengetahuan beberapa derajat. Dan Allah Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan.” (QS. Al-Mujadalah : 11).

Ketiga : Berbakti pada orangtua. Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda : “Siapa yang suka untuk dipanjangkan umur dan ditambahkan rizkinya, maka berbaktilah pada orang tua dan sambunglah tali silaturahmi (dengan kerabat).” (HR. Ahmad). Jika kita menjadi anak yang berbakti pasti akan dimudahkan dalam berbagai urusan dan kesuksesan. Karena hal ini pun telah dibuktikan oleh para ulama di masa silam.

Keempat : Rajin memperbanyak do’a. Dengan do’a segala urusan dan kesuksesan pun mudah diraih. Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda : “Ya Allah, tidak ada kemudahan kecuali yang Engkau buat mudah dan Engkau yang menjadikan kesedihan (kesusahan) menjadi mudah jika Engkau kehendaki.” (HR. Ibnu Hibban dan Ibnu Suni).

Kelima : Sedekah. Sedekah bisa mengantarkan kepada kesuksesan. Bukannya mengurangi harta, tapi bersedekah itu melipatgandakan harta.

Allah berfirman : “Perumpamaan (nafkah yang dikeluarkan oleh) orang-orang yang menafkahkan hartanya di jalan Allah adalah serupa dengan sebutir benih yang menumbuhkan tujuh bulir, pada tiap-tiap bulir seratus biji. Allah melipat gandakan (ganjaran) bagi siapa yang Dia kehendaki. Dan Allah Maha Luas (karunia-Nya) lagi Maha Mengetahui.” (QS. Al-Baqarah : 261).

Dalam hadits Rasulullah pun disebutkan, “Maka siapa yang memperbanyak pemberian kepada orang lain, niscaya Allah memperbanyak baginya. Dan siapa yang menyedikitkan, niscaya Allah menyedikitkan baginya.”  (HR. Ad-Daruquthni).

Baca Juga : Inilah 3 Kunci Hidup Sukses

Dalam bersedekah, tidak masalah meskipun sedikit. Karena Allah tidak melihat seberapa besar yang kamu keluarkan, melainkan Allah melihat keikhlasan didalamnya.

Ibnu Katsir berkata : “Betapa pun sedikit apa yang kamu infakkan dari apa yang diperintahkan Allah kepadamu dan apa yang diperbolehkanNya, niscaya Dia akan menggantinya untukmu di dunia, dan di akhirat engkau akan diberi pahala dan ganjaran, sebagaimana yang disebutkan dalam hadits ..” (Tafsir Ibnu Katsir).

Insya Allah, dengan artikel berjudul Sukses Itu Mudah Inilah Kuncinya. Yuk kak, kita segerakan bersedekah. Karena sedekah itu merupakan kunci kesuksesan, di dunia maupun di akhirat.

Share it on