Griya Yatim & Dhuafa

Sumber Ketenangan Hati

Sumber Ketenangan Hati
                                               Sumber Ketenangan Hati

DonasiberkahKak, Setiap manusia pastinya ingin memiliki hati yang tenang, sebab dengan hati yang tenang akan mendatangkan kedamaian jiwa dan kebahagian yang hakiki. Akan tetapi pada hakikatnya hati setiap ruh yang ada dalam diri manusia itu mengenal Rabbnya, yakni Allah. Maka hanya dengan mendekat kepada Allah, jiwa dan hati kita pun akan menjadi tenteram. Begitu pula dengan mengingat- Nya. Inilah artikel sumber ketenangan hati, yuk kita simak.

Sebagaimana Allah berfirman : “(yaitu) orang-orang beriman dan hati mereka menjadi tenteram dengan mengingat Allah. Ingatlah, hanya dengan mengingat Allah, hati menjadi tenteram” (QS. Ar-Ra’d : 28). Dengan selalu mengingat Allah (dengan berdzikir), Insya Allah segala kegelisahan, kecemasan, kegundahan yang ada di dalam hati akan hilang dan berganti dengan kesenangan dan ketenangan.

Baca Juga : Indahnya Dzikir Sore di Asrama Surabaya

Allahlah Yang Menurunkan Ketenangan

“Dia-lah yang telah menurunkan ketenangan ke dalam hati orang-orang mukmin supaya keimanan mereka bertambah di samping keimanan mereka (yang telah ada). Dan kepunyaan Allah-lah tentara langit dan bumi dan Allah Maha Mengetahui lagi Maha Bijaksana” (QS. Al-Fath : 4).

Sumber Ketenangan Hati
            Sumber Ketenangan Hati

Sebuah Kenikmatan Yang Luar Biasa

Syaikh Abdurrahman As-Saidy rahimahullah berkata, “Bahwa Allah mengabarkan tentang karunia-Nya atas orang-orang yang beriman dengan diturunkan kepada hati mereka sakinah (ketenangan). Setiap kesulitan yang menghiasi hati mereka, mengganggu setiap langkah mereka dan melemahkan jiwa. Maka di antara nikmat yang Allah berikan atas orang-orang yang beriman dalam keadaan ini. Allah meneguhkan dan menguatkan hati mereka, agar mereka senantiasa dapat menghadapi ujian ini dengan jiwa yang tenang dan hati yang kuat. Sehingga setiap mereka mampu menjalankan perintah Allah dalam kondisi sulit pun.

Baca Juga : Makna Dzikir Bagi Hati Dan Manfaatnya

Dzikir Akan Mendatangkan Kebahagiaan Hati

Maka, tidak ada sesuatu apapun yang lebih besar yang akan mendatang kan ketentraman dan kebahagiaan bagi hati seseorang melebihi berdzikir kepada Allah Ta’ala. Sebagaimana seorang Ulama mengatakan, “Sungguh kasihan orang-orang yang cintanya terhadap dunia, pada hakikatnya mereka akan meninggal kan dunia ini (kematian).

Salah seorang bertanya kepadanya, “Apakah kenikmatan yang paling besar di dunia ini? “Ulama ini menjawab, “Cintanya seseorang kepada Allah, merasa tenang ketika mendekatkan diri kepada-Nya, rindu untuk bertemu dengan-Nya, serta merasa bahagia ketika berdzikir dan menjalankan ketaatan Kepada-Nya.”

Baca Juga  : Yuk Hidupkan Hati Dengan Memberikan Nutrisinya

Yuk kak, kita lebih mendekat kepada Allah dengan senantiasa mengingatNya di sela-sela kesibukan harian kita. Semoga Allah memberikan kita ketenangan dalam hati.

English EN Indonesian ID
Scroll to Top