Griya Yatim & Dhuafa

Tahun Baru Semangat Baru Untuk Sedekah

Griya Yatim Dhuafa
Tahun Baru Semangat Baru Untuk Sedekah
                       Tahun Baru Semangat Baru Untuk Sedekah

Donasiberkah.id – Kak, di awal tahun baru semangat pun juga harus baru, salah satunya semangat dalam menggapai tujuan dan cita-cita. Namun jangan lupa untuk bersemangat baru dalam bersedekah. Sedekah sendiri adalah pemberian seseorang kepada orang lain secara ikhlas hanya mengharap ridhainya Allah tanpa dibatasi oleh waktu dan jumlah.

Sedekah sendiri lebih luas dari sekedar zakat dan juga infak. Sebab sedekah tidak hanya memberi  atau mengeluarkan harta, akan tetapi sedekah mencakupi segala amalan perbuatan yang baik. Sedekah merupakan bukti rasa syukur dan keimanan seseorang kepada Allah Ta’ala. Sebab sedekah tidak dapat dipaksakan, melainkan panggilan hati nurani untuk melakukannya.

Baca Juga :  Sedekah Itu Ringan, Yuk Sedekah

Sedekah tidak hanya dalam bentuk bentuk harta benda saja, seperti halnya membantu orang lain baik dengan tenaga maupun dengan pikirannya, senyum dan lain-lain. Cangkupan sedekah dalam agama Islam itu sangat luas sekali, akan tetapi agar lebih utama dalam sedekah, harta benda yang Allah titipkan pada kita harus disedekahkan kepada saudara-saudara kita yang membutuhkan.

Sebagaimana Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda : “Kamu menyingkirkan batu, duri dan tulang dari tengah jalan itu adalah sedekah bagimu” (HR. At-Tirmidzi).

“Senyummu kepada saudaramu adalah sedekah” (HR. At-Tirmidzi). Maka banyak sekali balasan yang akan Allah berikan kepada orang-orang yang gemar bersedekah baik di waktu lapang maupun dalam keadaan sempit. Untuk mengetahui lebih jelasnya, yuk kita simak keutamaan-keutamaan sedekah yang telah Allah janjikan.

Tahun Baru Semangat Baru Untuk Sedekah
   Tahun Baru Semangat Baru Untuk Sedekah

Baca Juga : Sedekah Itu Bukti Ada Iman di Hati

Sedekah Melipat Gandakan Pahala

“Perumpamaan orang yang menginfakkan hartanya di jalan Allah seperti biji yang menumbuhkan tujuh tangkai, pada setiap tangkai ada seratus biji. Allah melipat gandakan bagi siapa yang Dia kehendaki, dan Allah Maha Luas, Maha Mengetahui” (QS. Al-Baqarah : 162).

Sedekah Dapat Menghapus Dosa

Sebagaimana Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda : “Sedekah dapat menghapus dosa sebagaimana air memadamkan api” (HR. At-Tirmidzi).

Mendapatkan Naungan di Hari Kiamat

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam, menceritakan bahwa di akhirat nanti ada 7 golongan yang akan mendapatkan pertolongan Allah. Salah satu golongan tersebut yakni,

“Seseorang yang bersedekah dengan tangan kanannya, ia menyembunyikan amalnya itu sampai-sampai tangan kirinya tidak mengetahui apa yang di sedekahkan oleh tangan kananya” (HR. Bukhari).

Baca Juga :  Sedekah Itu Ringan, Yuk Sedekah

Yuk Tunaikan Sedekah Di Awal Tahun Baru

Yuk Tunaikan sedekah di Laznas Griya Yatim & Dhuafa, dengan kita menunaikan sedekah di awal tahun. Semoga Allah memberikan kemudahan dalam menyelesaikan segala persoalan kehidupan. Aamiin.

 

149 views