Griya Yatim & Dhuafa

English EN Indonesian ID

Taman Pendidikan Anak (TPA) Asrama Kramatjati 

admin
Taman Pendidikan Anak (TPA) Asrama Kramatjati
                              Taman Pendidikan Anak (TPA) Asrama Kramatjati

Donasiberkah.org Sahabat dermawan, jangan lupa ajari si kecil Al-Qur’an yah, karena selain pendidikan formal pendidikan agama sangat perlu ditanamkan sejak usia dini. Agar si anak bisa tumbuh menjadi pribadi yang agamis. Seperti adik-adik kita ini yang berada di Asrama Kramatjati, yang selalu kami bina dalam program TPA (Taman Pendidikan Anak) Asrama Kramatjati, mereka kami ajarkan membaca juz amma, Al-qur’an, dan diajarkan moral-moral Islam.

Baca Juga : BAKSOS GYD KRAMATJATI

Maka perlu kita ketahui bahwa dalam mendidik anak-anak di dalam TPA harus menggunakan beberapa prinsip dalam mendidik anak usia dini. 

Berikut penjelasan prinsip dalam mendidik anak :

Berorientasi pada kebutuhan anak.

Pada  dasarnya  setiap  anak memiliki  kebutuhan  dasar  yang  sama yaitu kebutuhan  fisik,  rasa aman, dihargai,  tidak dibeda-bedakan, bersosialisasi, dan kebutuhan untuk diakui. Anak tidak akan bisa belajar dengan baik apabila ia lapar, merasa tidak aman/ takut, lingkungan tidak sehat, tidak dihargai atau bahkan diacuhkan  oleh  pendidik  atau  temannya.  

Sesuai dengan perkembangan anak.

Setiap anak mempunyai perkembangan yang berbeda-beda, misalnya anak pada usia 4 bulan bisa tengkurap, usia 6 bulan bisa duduk, 10 bulan bisa berdiri, dan 1 tahun bisa berjalan. Dimana pada dasarnya semua anak memiliki pola perkembangan yang dapat diramalkan. Oleh  karena  itu  para pendidik  harus  lebih memahami  tahap  perkembangan anak  dan  menyusun  kegiatan  sesuai  dengan  tahapan  perkembangannya  untuk mendukung pencapaian yang lebih tinggi.

Baca Juga : TPA Griya Yatim dan Dhuafa

Menyesuaikan keunikan setiap individu.

Setiap anak  pasti memiliki individu  yang  unik,  masing-masing  mempunyai  gaya belajar  yang  berbeda.  Ada  anak  yang  lebih  mudah  belajarnya  dengan cara mendengarkan  (auditori). Dan ada juga  yang  dengan melihat  (visual),  dan  ada  yang harus dengan bergerak (kinestetik). Selain itu anak juga memiliki minat yang berbeda-beda  terhadap  alat/bahan  yang  dipelajari/digunakan. Serta mempunyai temperamen yang berbeda, bahasa yang  berbeda,  cara  merespon lingkungan, serta kebiasaan yang berbeda. 

Taman Pendidikan Anak (TPA) Asrama Kramatjati
   Taman Pendidikan Anak (TPA) Asrama                                 Kramatjati

Maka para pendidik harus mempertimbangkan perbedaan  individual anak, serta mengakui perbedaan tersebut  sebagai  kelebihan  masing-masing  anak.  Untuk  mendukung  hal tersebut  pendidik  harus  menggunakan  cara  yang  beragam  dalam membangun  pengalaman  anak. 

Baca Juga : Anak Asrama Pamulang Membiasakan Jaga Kebersihan 

Kegiatan belajar dilakukan melalui bermain.

Pembelajaran dilakukan dengan cara yang menyenangkan. Menurut penelitian anak laki-laki lebih cenderung belajar sambil bermain daripada belajar dikelas  dengan focus yang bisa menimbulkan kebosanan si anak dalam belajar. Maka melalui bermain anak akan belajar  tentang : konsep-konsep  matematika,  sains,  seni dan kreativitas, bahasa, sosial, dan lain-lain. Karena selama bermain, anak mendapatkan pengalaman untuk mengembangkan aspek-aspek/nilai-nilai moral,  fisik/motorik, kognitif, bahasa, sosial emosional, dan seni. Pembentukan  kebiasaan yang baik seperti disiplin, sopan santun, dan lainnya dikenalkan melalui cara yang menyenangkan.

Sahabat dermawan, anak-anak layaknya seperti tanaman, yang bisa bertumbuh dengan disiram dengan kasih sayang, senantiasa dipupuk dengan ilmu pengetahuan, dan disinari dengan cahaya Al-Qur’an. Agar kelak, mereka bisa berfotosintesis menjadi generasi yang kuat, yang akan membawa moral Islam di masa mendatang.

Baca Juga : Tips Belajar Daring Bersama Asrama Solo

Yuk, Ajarkan Mereka Keasrian Islam

Sahabat dermawan, mari kita saling berbagi kebahagiaan bersama para Yatim & Dhuafa dan anak-anak lainya yang membutuhkan bantuan. Yuk investasi harta kita untuk mendapatkan pahala jariyah dalam membantu pendidikan mereka dengan cara klik link dibawah ini !

Donasi Sekarang Griya yatim
            Donasi Sekarang Griya yatim
123 views
English EN Indonesian ID