News

Terapkan 3M + 1S (Memakai Masker, Mencuci Tangan, Menjaga Jarak & Sedekah)

Terapkan Memakai Masker, Mencuci Tangan, Menjaga Jarak & Sedekah

donasiberkah.id – Kak, untuk memutus penyebaran Virus Corona (Covid-19). Maka kita harus benar-benar menerapkan 3M + 1S (Memakai masker, Mencuci tangan, Menjaga jarak) merupakan imun yang sangat aman cara kita berikhtiar dan ditambah Sedekah adalah cara kita mendekatkan diri kepada Allah, sebab salah satu keutamaan sedekah adalah mencegah bala. Karena upaya yang paling manjur untuk mencegah penyebaran Covid-19 yang bisa kita lakukan adalah dengan 3M +1S. “Adapun himbauan tersebut diantaranya menggunakan masker, menjaga jarak, mencuci tangan dan sedekah. Kak, ketahuilah cara menerapkan protokol tersebut.

Terapkan Memakai Masker, Mencuci Tangan, Menjaga Jarak & Sedekah

Yuk Terapkan Memakai Masker, Mencuci Tangan, Menjaga Jarak & Sedekah

Cara Menggunakan memakai masker yang baik dan benar

  1. Biasakan mencuci tangan terlebih dahulu sebelum, memegang masker dan menggunakan masker.
  2. Yang selanjutnya pastikan hidung, mulut, dan dagu tertutup seluruhnya dengan masker yang kita gunakan.

Selanjutnya bagaimana cara membuka dan membuang masker yang benar? Ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Gantilah masker jika rusak, kotor, atau basah.
  2. Lepas kaitan masker dari telinga atau ikatan masker, pastikan tidak memegang bagian depan masker. Sebab kita tidak mengetahui ada kuman apa tidak.
  3. Cucilah tangan pakai sabun atau bahan berbasis alkohol dengan baik dan benar.
  4. Jika masker yang kita gunakan dari kain, maka harus diganti dan di cuci.

Cara Mencuci Tangan yang Benar

Sahabat, Cuci tangan merupakan langkah mudah dan aman untuk melindungi diri dari virus corona COVID-19. Namun kebanyakan dari kita belum mengetahui cara cuci tangan yang benar.

  1. Kita basahi tangan kita dengan air yang mengalir
  2. Gunakan sabun dengan sabun cair
  3. Gosokkan sabun tersebut ke tangan dari tangan yang satu ke satunya
  4. Gosok-gosok punggung tangan dan sela-sela jari
  5. Gosok punggung jari ke telapak tangan dengan posisi jari saling bertautan
  6. Gosok dan basuh ibu jari dengan cara memutar
  7. Gosok bagian ujung jari ke telapak tangan agar kuku kita terkena sabun
  8. Setelah itu bilaslah dengan air yang mengalir.

Berapa jaga jarak aman untuk mencegah penularan Covid-19?

Ada beberapa anjuran mengenai jaga jarak aman di masa pandemic seperti ini, bahwa idealnya jarak antar orang yakni dua meter, akan tetapi ada juga yang mengatakan satu meter sudah cukup.

Bahwa fisik seseorang yang paling optimal untuk mencegah penularan Covid-19 adalah minimal satu meter. Namun, yang efektif ternyata dua meter. “Jarak fisik lebih dari satu meter dapat mengurangi infeksi virus secara signifikan. Setiap jarak ini bertambah satu meter lebih jauh.

Sahabat, karena di dalam sebuah penelitian membuktikan dalam protokol yang sudah diterapkan insya Allah berhasil menekan angka penularan Covid-19. Oleh sebab itu, selama masih masa pandemi jangan menurunkan kedisiplinan kita terhadap protokol kesehatan tersebut. Cara yang sangat terbaik mengalahkan masa pandemi seperti ini yakni dengan memutus transmisi atau penularan karena mencegah adalah lebih baik dari pada mengobati. 

Masyarakat harus benar-benar disiplin dan meningkatkan dalam menerapkan pola pencegahan penyebaran Covid-19 sehingga pandemi ini bisa segera menurun dan hilang dari negeri ini.

Sedekah menghilangkan bala dan bencana

Sahabat, cara yang kita lakukan selanjutnya adalah dengan cara memperbanyak sedekah, sebab dengan memperbanyak sedekah akan menghilangkan bala dan bencana yang akan datang kepada si pelaku. Sebagaimana Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda : “Sedekah dapat menolak 70 macam bencana dan yang paling ringan (di antara bencana itu) adalah wabah penyakit kusta dan lepra,” (HR. Thabrani) . Bencana selamanya tak kan bisa mendahului sedekah, Rasulullah bersabda : “Bersegeralah bersedekah, sebab bala bencana tidak pernah bisa mendahului sedekah.” (Riwayat Imam Baihaqi).

Yuk Kak, kita terapkan protokol kesehatan, Insya Allah itu adalah upaya kita dalam berikhtiar. Jangan lupa yuk untuk memperbanyak bersedekah sebab sedekah memiliki kesamaan yakni mencegah musibah yang akan datang.

Share it on