News

The Power of Wudhu

Satu hal yang sangat penting untuk keberlangsungan hidup adalah adanya air. Makhluk hidup tidak akan bertahan jika tidak ada air. Begitupun dalam keadaan saat ini, dimana wabah virus corona belum juga mereda. Perlu kita ketahui The Power of Wudhu, yuk kita simak artikel ini.

Air sangat dibutuhkan untuk menjaga kebersihan diri kita dan lingkungan sekitar. Untuk menjaga diri kita tetap bersih dan suci kita dapat berwudhu dengan air, atau pun mencuci tangan dengan sabun.

Air adalah senyawa yang sangat penting bagi kehidupan. Sang Pencipta Maha Mengetahui bahwa semua makhluk nya saling membutuhkan air, dan yang lebih hebatnya lagi didalam Al-Qur’an dan hadits telah menjelaskan kedudukan air dan fungsinya seperti untuk berwudhu, mandi, minum, dll.

The Power of Wudhu

Berwudhu itu memiliki berbagai macam keutamaan, Rasulullah bersabda : “Tidaklah seorang muslim berwudhu dan membaguskan wudhunya kemudian mengerjakan sholat melainkan Allah akan mengampuni dosa-dosanya sejak saat itu sampai sholat yang berikutnya.” (HR. Muslim). Dan lainnya.

Baca Juga : Kebersihan Pangkal Kesehatan

Dalam studi kesehatan, berwudhu juga memiliki banyak khasiat. Berwudhu di waktu-waktu sholat dapat menyegarkan kembali pikiran jika kita berwudhu ketika lelah, maka kita akan merasa lebih segar.

Berwudhu sangat berpengaruh dalam kekebalan tubuh kita, berwudhu juga dapat mencegah berbagai macam penyakit karena melarutkan berbagai macam bakteri.

Bagi tubuh, berwudhu juga baik untuk sistem pencernaan dan jantung. Bagian-bagian yang di ikut sertakan dalam berwudhu memiliki manfaatnya masing-masing, dari mencuci tangan hingga mencuci kaki.

Berkumur dalam wudhu dapat membersihkan mulut kita dari bakteri sehingga dapat menghindari penyakit di area mulut dan menghilangkan nafas tidak sedap.

Membasuh wajah dalam berwudhu dapat memperkuat otot wajah sehingga menghambat penuaan. Membasuh tangan hingga siku dapat menghindari kita dari penyakit kanker kulit. Berwudhu juga dapat mencegah kulit kaki kita berjamur.

Berwudhu juga menjaga kesehatan syaraf-syaraf kita. Karena area yang dikenai saat berwudhu itu adalah pusat-pusat syaraf yang paling peka, yaitu di bagian dahi, tangan dan kaki. sehingga jika kita selalu membasuh area tersebut, saraf kita akan senantiasa sehat dan dapat terjaga keselarasan pusat sarafnya.

Kulit yang senantiasa terkena air wudhu tidak akan cepat terlihat keriput, namun akan tetap terlihat kencang dan halus. Berwudhu juga dapat menjaga tekanan darah kita tetap normal, yaitu ketika gerakan mengusap kepala.

Sahabat dermawan, berwudhu memiliki banyak sekali khasiat dalam bidang kesehatan kita, dan juga memiliki keutamaan sebagai ibadah. Karena disebutkan bahwa bersuci adalah setengah bagian dari iman. Dan juga wudhu adalah persyaratan untuk melakukan ibadah lainnya.

Rasulullah bersabda : “Tidak ada sholat bagi orang yang tidak berwudhu. Dan tidak ada wudhu bagi orang yang tidak menyebut nama Allah ta’ala atasnya.” (HR. Abu Dawud)

Sahabat dermawan, semenjak merebaknya wabah virus Covid-19, ada hikmah besar bagi masyarakat untuk menjaga kebersihan seperti mencuci tangan dengan sabun dan hand sanitizer, bahkan alhamdulillah banyak yang menjaga wudhu di setiap waktunya, karena virus itu akan cepat hancur dengan air.

Terlebih kaum muslimin, berwudhu lima kali sehari semalam dengan membersihkan mulut, hidung dan seluruh bagian wajah, sehingga virus akan jauh karena air wudhu.

Informasi untuk menjaga wudhu di zaman Rasulullah Shalallahu alaihi wa sallam memberikan kontribusi besar di era modern sekarang untuk menjaga kebersihan tubuh dari wabah virus Covid-19.

Yuk sahabat, amalkan sunnah menjaga wudhu ini, kita akan mendapat manfaat dari sisi kesehatan sekaligus pahala atas bentuk kemuliaan kepada Rasulullah shalallahu alaihi wa sallam karena menghidupkan salah satu sunnahnya.

Share it on