Griya Yatim & Dhuafa

Tidak Ada Yang Harus Disombongkan 

Tidak Ada Yang Harus Disombongkan
                                    Tidak Ada Yang Harus Disombongkan

Donasiberkah – Kak, dalam tubuh manusia terdapat bagian yang bertugas mengatur bagian anggota tubuh yang lain. Baik buruknya perilaku manusia tergantung dari baik buruknya bagian ini. Apabila bagian ini baik maka perilaku seseorang akan baik, tetapi apabila bagian ini buruk perilaku seperti sombong dalam islam seseorang ini pun akan buruk. Bagian tubuh yang bertugas mengatur dan menentukan perilaku manusia ini disebut hati.

Sifat Yang Sangat Allah Benci

Orang sombong akan selalu menganggap dirinya paling tinggi dan memandang orang lain rendah. Hati orang sombong akan mudah mengeras, tidak mudah dinasehati, karena ia menganggap dirinya paling bisa, paling pandai, paling terkenal, dan paling segala-galanya diantara yang lainnya. 

Baca Juga : Hilangkan Sifat Kikir Dengan Zakat

Sebagaimana Allah Ta’ala  berfirman : ”Dan janganlah kamu memalingkan mukamu dari manusia (karena sombong) dan janganlah kamu berjalan di muka bumi dengan angkuh. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang sombong lagi membanggakan diri,”(QS. Luqman : 18 ).

Maka hendaknya di antara kita menjauhi sikap sombong, sebab segala sesuatu yang hendaknya kita sombong kan adalah titipan. Sombong atas kekayaan juga tiada artinya yang Maha Kaya adalah Allah, sebab kekayaan yang manusia miliki hanyalah sedikit bila kita bandingkan dengan Maha yang Memberi Kekayaan.

Seperti yang kita ketahui bahwa sikap sombong ini sangat dibenci oleh Allah, sebagaimana Allah Ta’ala berfirman : “Dan janganlah kamu berjalan di muka bumi ini dengan sombong, karena sesungguhnya kamu sekali-kali tidak dapat menembus bumi dan sekali-kali tidak akan sampai setinggi gunung,” (QS. Al-Isra : 37).

Tidak Ada Yang Harus Disombongkan
 Tidak Ada Yang Harus Disombongkan

Apa Yang Kita Banggakan Adalah Milik Allah

Kalau kalian memiliki harta kekayaan, maka hendaknya rendah hati. Itulah sikap yang sangat mulia yang dimiliki oleh para Sahabat Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam. Sikap orang-orang yang kaya dan juga orang yang hebat baik dalam hartanya dan juga jabatannya hendaknya memelihara sikap kepribadiannya.

Tentunya kita ingat dengan kisah Khalifa Umar bin Abdul Aziz, seorang khalifah yang hidup dengan sederhana. Saking sederhananya beliau hanya memiliki satu pakaian, pakaian tersebut memiliki banyak sekali tembelan.

Baca Juga : Di Pagi Hari Terdapat Keberuntungan Dan Keberkahan⠀

Semoga kita semua dijauhkan oleh Allah dari sifat sifat sombong, karena Allah tidak menyukai orang orang yang sombong. Yuk #SahabatDermawan Kunjungi dan Berbagi Kebaikan melalui link : https://berbagi.link/griyayatim

English EN Indonesian ID
Scroll to Top