Griya Yatim & Dhuafa

Tiga Amalan Sedekah Yang Paling Utama

Griya Yatim Dhuafa
Tiga Amalan Sedekah Yang Paling Utama
                      Tiga Amalan Sedekah Yang Paling Utama

Donasiberkah.id – Dalam bersedekah, tidak ada batasan kepada siapa sedekah diberikan, maupun dalam bentuk apa sedekah diberikan, baik besar atau kecil sedekah itu diberikan. Tapi tahukah kamu kalau ada beberapa hal yang lebih utama jika kita melakukan amalan sedekah? Yuk kita simak, tiga amalan sedekah yang paling utama.

Sedekah Jariyah

Sedekah jariyah, adalah sedekah yang di lakukan di dunia, namun pahalanya akan terus mengalir hingga seseorang telah meninggal dunia. Sebagaimana Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda : “Apabila manusia itu meninggal dunia maka terputuslah segala amalannya kecuali tiga perkara : yaitu sedekah jariyah, ilmu yang bermanfaat dan doa anak shalih yang berdoa baginya” (HR. Muslim).

Baca Juga : Sedekah Kunci Kebahagian Dunia & Akhirat

Sedekah Secara Sembunyi-Sembunyi

Memang tidak bisa kita pungkiri, pada hakikatnya manusia memiliki sifat ingin dilihat dan dipuji. Maka dengan cara melakukan sedekah secara tersembunyi, setidaknya dapat meminimalisir penyakit hati yang akan muncul saat akan bersedekah.

Tiga Amalan Sedekah Yang Paling Utama
   Tiga Amalan Sedekah Yang Paling Utama

Allah Ta’ala berfirman : “Orang yang menafkahkan hartanya di malam dan siang hari secara tersembunyi dan terang-terangan, maka mereka mendapatkan pahala di sisi Rabbnya. Tidak ada kekhawatiran terhadap mereka dan tidak (pula) mereka bersedih hati” (QS. Al-Baqarah : 274).

Dan Abu Huraiah radhiyallahu anhu mengatakan bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda : “Orang yang bersedekah dengan suatu sedekah, lalu dirahasiakannya. Sehingga tangan kirinya tidak mengetahui apa yang diperbuat tangan kanannya.”

“Jika kamu menampakkan sedekah-sedekahmu, maka itu baik. Dan jika kamu menyembunyikannya dan memberikannya kepada orang-orang fakir, maka itu lebih baik bagimu dan Allah akan menghapus sebagian kesalahan-kesalahanmu. Dan Allah Maha Teliti apa yang kamu kerjakan” (QS. Al-Baqarah : 271).

Sedekah Kepada Kerabat

Kak, ada baiknya kita mengedepankan orang terdekat yang lebih membutuhkan bantuan dari kita atau kerabat yang terkena musibah, sehingga ia membutuhkan bantuan dari orang lain. Sebagaimana Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Bersedekah kepada orang miskin adalah satu sedekah dan kepada kerabat ada dua (kebaikan), sedekah, dan silaturrahim” (HR. Tirmidzi).

Baca Juga : Sedekah Menghapus Dosa

Yuk bersedekah

Yuk kak, kita amalkan amalan tersebut, dengan bersedekah di Laznas Griya Yatim & Dhuafa melalui link kebaikan di bawah ini :

27 views