Griya Yatim & Dhuafa

Tips Belajar Daring Bersama Asrama Solo

Griya Yatim Dhuafa
Tips Belajar Daring bersama Asrama Solo
                                     Tips Belajar Daring bersama Asrama Solo

Donasiberkah.org – Sahabat dermawan, pandemi masih terus berlanjut dan belum terlihat tanda-tanda akan usai, kita pun masih harus melakukan segala aktivitas yang serba terbatas, seperti kegiatan belajar mengajar di banyak sekolah yang masih menggunakan metode daring online atau disebut metode daring. Termasuk anak-anak asuh yayasan Griya Yatim & Dhuafa di Asrama Solo yang masih belajar secara online. Maka inilah artikel tentang tips belajar daring bersama asrama solo. 

Meskipun belajar di rumah secara daring, namun tetap harus dijalani dengan semangat yah. Dalam tulisan ini kami mau berbagi tips kepada para sahabat dermawan agar suasana daring anak-anak menjadi efisien dan menyenangkan.

Baca Juga : Tips Cara Mengatasi Rasa Malas

Persiapan sebelum daring

Biasanya daring sekolah dasar, menengah dan atas melakukan daring di waktu pagi. Meskipun metode belajar sudah berubah menjadi jarak jauh dan online. Namun persiapan sekolah anak-anak harus dilakukan kurang lebih sama seperti mereka hendak belajar ke sekolah.

Seperti halnya mandi agar tubuh menjadi segar.sarapan agar perut terisi guna membuat pikiran anak tetap fokus, dan kalau sempat sebelum dua aktivitas itu bisa diawali berolahraga kecil sebentar seperti senam atau jogging.

Lengkapi dan ubah ruang belajar anak

Selanjutnya yang perlu diperhatikan adalah ruang belajar. Karena ruang belajar anak tentu menjadi faktor selanjutnya yang juga harus diperhatikan. Jika kita punya ruangan lebih, tidak ada salahnya untuk menjadikan ruangan tersebut jadi ruang belajar anak. Dan buatlah ruangan itu senyaman mungkin sebagaimana sekolah yang mendekorasi demikian rupa dimaksudkan agar murid menjadi nyaman dalam belajar.

Baca Juga : Bosan Membaca Qur’an! Inilah Tips Dalam mengatasinya

Sahabat bisa melengkapi tempat belajar dengan meja, kursi, atau bisa juga lesehan. Serta rak buku, buku-buku penunjang seperti kamus, RPAL , RPUL atau buku-buku penunjang lainnya. Sahabat juga bisa menempelkan poster-poster ilmu seperti peta, kata-kata bijak, art, dan lainnya.

Lengkapi dan mengubah tata letak ruang dapat dilakukan bersama anak guna menumbuhkan rasa semangat dan memiliki. Dan tentunya dapat disesuaikan dengan kesukaan anak, seperti dalam pemilihan warna meja dan sebagainya.

Tips Belajar Daring bersama Asrama Solo
  Tips Belajar Daring bersama Asrama Solo

Dampingi anak saat belajar daring

Orangtua juga sangat berperan penting saat kegiatan belajar mengajar online berlangsung, dampingi anak belajar secara daring tentu membutuhkan dedikasi waktu khusus bagi orang tua di tengah kesibukan sehari-hari. 

Kehadiran orang tua sebagai pendamping intens dapat memberikan rasa afeksi terhadap anak, anak pun merasa diperhatikan, mengajak anak diskusi, ulang instruksi guru bila dibutuhkan selama proses belajar hingga menciptakan suasana belajar yang menyenangkan bersama anak.

Baca Juga : Tips Cepat Memadamkan Kepedasan Makan Cabai

Ubah posisi belajar

Duduk terlalu lama pun tidak terlalu baik untuk otot dan tulang, apalagi untuk anak, untuk menghilangkan kaku dan pegal, lakukan peregangan dengan berdiri atau melakukan gerakan-gerakan senam ringan.

Selipkan bermain (ice breaking) ketika jeda belajar

Bermain merupakan hak dan kebutuhan semua anak. Orang tua dapat melengkapi permainan yang sesuai dengan usia anak guna mengasah kreativitas anak. Kegiatan bermain anak yang terganggu ternyata menjadi suatu masalah serius lho bagi pertumbuhan dan perkembangan anak, terutama proses anak dalam membangun watak atau karakter sosial.

Ulas Pelajaran Kembali

Setelah kegiatan belajar online selesai, juga tanyakan pemahaman anak dalam menangkap pelajaran yang sudah diberikan guru, jika kurang mengerti jelaskan secara gamblang, ulaslah pelajaran secara singkat, dan poin-poin pentingnya (resume) kepada anak.

Baca Juga : Tips Menyembuhkan Flu dengan Cepat

Yuk, Terus Mencari Ilmu Dimanapun Kita Berada

Demikian tips-tips belajar daring, semoga bermanfaat, bantu anak di masa belajarnya merupakan tugas orangtua yang insyaAllah akan menjadi pahala jariyah jika ilmu bermanfaat pada nantinya.

Yuk share tulisan ini jika bermanfaat dan jika sahabat ingin menyalurkan bantuan zakat dan sedekah sahabat kepada anak-anak yatim & Dhuafa agar bisa memenuhi kebutuhan belajar mereka Di LAZNAS Griya Yatim & Dhuafa sahabat bisa mendonasikan sedekah terbaiknya melalui link gambar berikut ini. Karena kebahagiaan mereka, kebahagiaan kita juga!

Donasi Sekarang Griya yatim
             Donasi Sekarang Griya yatim
24 views