News

Tips Cepat Memadamkan Kepedasan Makan Cabai

Makanan pedas menjadi trend yang mendunia. Makanan pedas juga diawali dari trend makanan korea yang rasanya sangat pedas. Banyak orang jadi tertarik dengan makanan pedas dan mencobanya.Karena trend makanan pedas ini, rasa pedas pun dibuat menjadi beraneka ragam. Bahkan hingga dibuat per level, untuk menyesuaikan tingkat kepedasan yang sesuai keinginan konsumen. Inilah Tips Cepat Memadamkan Kepedasan Setelah Makan Cabai.

Oleh karena itu, makin banyak orang-orang yang suka makanan pedas. Trend pedas ini membuat beberapa produk makanan yang sebelumnya tidak memiliki rasa pedas, mengeluarkan varian rasa pedas. Dan banyak orang yang menikmatinya, seperti biskuit pedas.

Banyak orang yang suka makanan pedas, tetapi rasa pedas bisa jadi berlebihan dan menyebabkan perasaan terbakar pada mulut. Rasa terbakar ini sebenarnya disebabkan oleh suatu senyawa yang ada di dalam kandungan cabai yaitu capsaicin.

Tips Cepat Memadamkan Kepedasan Setelah Makan Cabai

Sahabat, sesungguhnya kesalahan terbesar saat merasakan kepedasan adalah kita masih sering minum air putih untuk menghilangkannya, padahal capsaicin yang terkandung pada cabe tidak akan mungkin bisa hilang dengan minum air putih. Ketika meminum air putih, maka zat capsaicin itu akan semakin menyebar keseluruh mulut hingga tenggorokan. Sehingga rasanya malah akan semakin pedas.

Lalu, bagaimana cara mengatasi kepedasan?

Maka, perilaku tersebut jangan lagi menjadi kebiasaan kita saat kepedasan, lebih tepat lagi bila mengatasi kepedasan dengan makanan atau minuman seperti di bawah ini.

Untuk mengatasi pedas, kita biasa memakan hal berikut ini :

1). Susu. Peneliti di New Mexico State University Chile Pepper Institute menemukan cara cepat yang bisa dilakukan yaitu dengan minum susu. Dalam studinya, peneliti menemukan bahwa protein dalam susu bisa menggantikan capsaicin di reseptor lidah Anda. Sehingga, minum susu adalah cara tercepat untuk meringankan kepedasan dan sensasi terbakar yang muncul.

2). Nasi. Ini yang biasa dilakukan banyak orang, yaitu dengan memakan beberapa sendok nasi mampu membantu menghilangkan rasa terbakar akibat pedas pada mulut. Hal ini dikarenakan nasi mampu menyerap rasa pedas tersebut.

3). Gula. Ketika kepedasan jangan minum air. Capsaicinoid berbahan dasar minyak dan tak akan bisa dihilangkan dengan air. Namun kita bisa mencoba mengonsumsi satu sendok teh gula utuh atau madu untuk menghilangkan rasa pedas.

4). Es krim. Es krim dapat memadamkan kepedasan. Sebab, mengandung gula dan juga susu. Es krim sangat efektif untuk mendinginkan mulut. Rasa manis dan dingin yang meleleh di mulut dapat memadamkan panas akibat kepedasan.

5). Buah. Buah-buah yang memiliki rasa asam juga dapat memadamkan rasa pedas akibat senyawa capsaicin. Terutama buah yang banyak mengandung vitamin C, seperti lemon, jeruk, dan nanas. Sebab, Asam dan vitamin C yang terkandung dalam minuman ini bisa menghilangkan rasa pedas yang disebabkan oleh capsaicin. Lebih disarankan memakan buah yang dingin, atau dibuat minuman dingin, seperti jus.

Baca Juga : Inilah Tips Menjaga Imunitas Tubuh di Tengah Pandemi Wabah Virus Corona

Perlu diingat, memakan makanan pedas juga berpengaruh pada sistem pencernaan. Bagi sahabat yang tidak terbiasa dengan makanan pedas, maka jangan makan makanan pedas terlalu banyak. Sebab, lambung tidak terbiasa untuk mencerna makanan pedas tersebut. Hal ini akan mengakibatkan nyeri perut.

Oleh karena itu, untuk berjaga-jaga siapkan obat sakit perut untuk menghindari penyakit yang lebih serius seperti maag akut.

Sahabat, Itulah Tips Cepat Memadamkan Kepedasan Setelah Makan Cabai. Semoga dapat membantu ya.

Share it on