News

Tips Menjaga Kesehatan Gigi Anak

Menyikat gigi anak perlu dilakukan sejak gigi pertamanya tumbuh. Perawatan sejak dini diperlukan agar kebersihan gigi anak terjaga dan dapat tumbuh dengan sehat. Menyikat gigi tidak hanya untuk menjaga gigi tetap bersih dan sehat, tapi juga membunuh kuman-kuman yang terdapat di dalam mulut. Inilah Tips Menjaga Kesehatan Gigi Anak.

Pentingnya menjaga kesehatan mulut

Kebersihan mulut ini sangat penting, karena dapat berdampak pada kesehatan tubuh. Sahabat pernah lihat? Jika kita menemui dokter, ketika pemeriksaan yang diperiksa adalah mulut. Mulut sangat berpengaruh dalam kesehatan tubuh, karena salah satu tempat masuknya kuman-kuman kedalam tubuh.

Tips Menjaga Kesehatan Gigi Anak

Jika kesehatan mulut tidak tidak dijaga dengan menyikat gigi, maka akan menimbulkan berbagai macam penyakit. Mulai dari penyakit di mulut, tenggorokan, hingga pencernaan. Inilah hal yang dapat disebabkan karena tidak menyikat gigi.

  1.       Sakit gigi

Jika tidak menyikat gigi dengan teratur, setidaknya 2 kali sehari, pagi dan malam. Maka sisa-sisa makanan akan menempel pada celah gigi. Lalu, lama-kelamaan akan membusuk dan menjadi sarang kuman. Kuman-kuman itulah yang akan menyebabkan gigi berlubang. Lubang pada gigi jika tidak cepat diatasi, maka akan sampai ke saraf. Hal ini yang menyebabkan rasa sakit. 

  1.       Radang tenggorokan

Jarang menyikat gigi dapat menyebabkan radang tenggorokan. Hal ini disebabkan karena terdapat banyak kuman di mulut. Karena air liur yang dihasilkan kelenjar liur, kuman-kuman itu bercampur dengan air liur. Dan secara tidak sadar kita menelan air liur itu bersama dengan kuman-kuman yang ada pada mulut. Lalu, kuman-kuman itu bisa saja menempel di tenggorokan, atau amandel. Jika terdapat luka pada tenggorokan, maka akan menyebabkan infeksi dan juga peradangan. Biasanya peradangan pada tenggorokan juga diikuti dengan demam.

  1.       Masalah pencernaan

Karena banyak kuman-kuman yang tertelan tanpa disadari, maka lama kelamaan akan menumpuk di perut. Hal ini dapat menyebabkan masalah pencernaan. Bisa jadi, terdapat infeksi di lambung, ataupun usus.

Baca Juga : Tetap Menjaga Kesehatan di Masa New Normal

Menjaga kesehatan mulut itu sangat mudah. Hanya dengan menyikat gigi secara teratur. Hal ini juga sangatlah penting untuk anak-anak. Karena belum memiliki antibodi yang cukup untuk melawan kuman, dan gigi yang masih mudah berlubang.

Tips menyikat gigi anak

Cara menyikat gigi anak sedikit berbeda dengan cara menyikat gigi orang dewasa, khususnya ketika gigi anak baru tumbuh. Saat anak baru tumbuh gigi, maka terapkan beberapa tips berikut ya sahabat.

Pertama : Pilihlah sikat gigi khusus anak-anak, dengan bulu sikat gigi yang lembut, ujung kepala yang kecil, dan pegangan yang cukup panjang untuk digenggam oleh anak. Sikat gigi hanya boleh digunakan selama 3 bulan. Setelah itu, ganti dengan sikat gigi yang baru. Bulu sikat gigi yang lembut dapat membuat anak merasa lebih nyaman. Bulu sikat yang lembut juga lebih aman daripada bulu sikat yang kaku atau kasar, karena tidak mencederai gusi dan tidak menimbulkan kerusakan gigi akibat gesekan bulu sikat.

Kedua : Pasta gigi anak harus mengandung fluoride. Kandungan fluoride pada pasta gigi membantu menjaga gigi agar tidak berlubang, menghambat pertubuhan bakteri, dan menguatkan gigi. Pasta gigi yang tidak mengandung fluoride hanya membantu membersihkan gigi, bukan untuk melindungi gigi atau mencegah gigi berlubang.

Ketiga : Dianjurkan memilih waktu yang tepat dan rutinkan waktu tersebut untuk menggosok gigi anak, biasanya dianjurkan untuk menggosok gigi pada pagi dan malam hari sebelum tidur. Sikatlah gigi anak secara perlahan, selama 2-3 menit. Menyikat gigi anak dengan perlahan dapat membersihkan kotoran pada giginya tanpa menimbulkan cedera pada gusi.

Sahabat, Itulah Tips Menjaga Kesehatan Gigi Anak, yuk perhatikan kesehatan gigi dan mulut anak sejak gigi pertamanya tumbuh, mulai dari menyikat gigi, mengajarinya cara menyikat gigi, hingga mengingatkannya untuk sikat gigi saat ia sudah bisa menyikat gigi sendiri, dan memberi edukasi tentang makanan dan minuman yang bisa merusak kesehatan gigi. Dan jangan lupa, rutin periksa gigi anak ke dokter gigi ya.

Share it on