News

Tips Menyembuhkan Flu dengan Cepat

Kak, Flu adalah penyakit akibat infeksi virus influenza yang menyerang sistem pernafasan. Penularan flu terjadi melalui udara ketika seseorang yang terinfeksi mengeluarkan cairan saat batuk, bersin, atau bicara. Untuk meminimalkan penularan, ada baiknya kita menyembuhkan flu dengan cepat. Kita bisa memulai perawatan untuk flu dari rumah. Yuk simak artikel tentang Tips Menyembuhkan Flu dengan Cepat.

Di musim pancaroba ini, tubuh sangat rentan terkena demam dan flu disebabkan perubahan iklim dan cuaca. Berbeda dengan demam biasa, flu menimbulkan berbagai gejala. Gejala yang dapat disebabkan oleh virus flu ini adalah pilek, nyeri tenggorokan, sakit kepala, dan demam. Untuk meredakan flu ini dengan cepat.

Yuk intip Tips Menyembuhkan Flu dengan Cepat berikut ini :

Tips Menyembuhkan Flu dengan Cepat

1. Beristirahat di rumah

Saat terkena flu, tubuh kita membutuhkan waktu dan energi untuk melawan virus yang menyerang. Oleh karena itu, kita perlu beristirahat di rumah sementara waktu hingga flu membaik dan cepat sembuh. Energi dalam tubuh lebih baik digunakan untuk aktivitas sistem imun dalam tubuh. Sebab sistem yang bekerja dalam tubuh kita pun memerlukan energi.

Meminimalkan aktivitas tubuh dengan istirahat total sangat dianjurkan. Karena baik untuk proses penyembuhan dan juga mencegah virus lain masuk kedalam tubuh sementara sistem kekebalan tubuh tidak mampu menahan paparan virus dari luar.

2. Perbanyak asupan cairan

Ketika terserang flu, tubuh kita membutuhkan banyak cairan karena demam yang dirasakan bisa menyebabkan kita mengeluarkan banyak keringat. Oleh karena itu, perbanyaklah minum agar flu cepat sembuh. Tidak harus selalu air putih, kita bisa menambahkan minum jus buah atau teh dengan madu.

Kurang nya cairan juga akan berakibat pada pengentalan darah. Darah yang kental kekurangan oksigen sehingga mengakibatkan sistem kekebalan tubuh menurun. Sehingga tubuh jadi lebih rentan terjangkit penyakit akibat virus dan bakteri. Lebih bahayanya, jika kekurangan cairan ketika sedang sakit. Ini akan berakibat pada penyakit yang lebih serius.

3. Konsumsi makanan sehat

Kita perlu mengkonsumsi makanan yang sehat untuk bisa menyembuhkan flu, seperti buah-buahan dan sayuran. Makanan yang sehat dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh, agar bisa dapat melawan virus flu. Kak, pemulihan ketika sedang flu harus dilakukan dengat cepat dan tepat jika tak ingin bertambah parahnya flu yang kita alami.

4. Gunakanlah air hangat

Untuk hal yang memerlukan air. Seperti mandi, minum, kompres, dan lainnya. Usahakan gunakanlah air hangat. Air hangat yang disarankan adalah air hangat pada batas maksimal. Semakin hangat/panas air yang digunakan, akan semakin efektif untuk membunuh kuman dan bakteri. Untuk meredakan pilek yang disebabkan flu, kakak bisa coba untuk mengkompres hidung dengan air hangat.

Baca Juga : Tips Menjaga Kesehatan Gigi Anak

Menjaga kondisi tubuh tetap hangat sangatlah penting ketika kita demam. Kondisi tubuh yang demam akan semakin memburuk jika berada pada ruangan yang dingin. Itulah mengapa sangat dianjurkan untuk menggunakan air hangat.

Oleh karena itu kak, kita jangan panik ketika terserang flu dan langsung buru-buru kedokter. Perawatan dirumah dengan tips-tips yang disebutkan diatas pun cukup untuk meredakan flu. Namun, jika sudah berlarut hingga lebih dari 3 hari, cepat-cepatlah hubungi dokter. Sebab dikhawatirkan virus yang menyerang tubuh kita bukanlah virus flu, tapi virus lain yang lebih berbahaya.

Akan lebih baik jika kita mencegah virus flu ini menginfeksi diri kita. Yaitu dengan cara meningkatkan sistem kekebalan tubuh, berolahraga, makan makanan sehat, dan istirahat yang cukup. Sebab, mencegah jauh lebih baik dari pada mengobati. 

Share it on