News

Tunda Mudik Segerakan Sedekah

Ramadhan sebentar lagi akan meninggalkan kita, dengan kata lain, kita akan segera sampai pada Hari Raya Idul Fitri. Namun keadaan nya berbeda dengan Hari Raya pada tahun lalu. Pada tahun lalu, menjelang Hari Raya seperti ini kita pasti sibuk dengan mempersiapkan banyak hal, seperti membeli parcel, berbelanja pakaian, disibukkan dengan persiapan mudik dan berbagai macam hal lainnya. Mak yuk Tunda Mudik Segerakan Sedekah.

Namun Sahabat, saat ini Indonesia masih dalam ujian pandemi covid-19, Hari Raya yang kita rasakan pada tahun ini tentunya sangat berbeda dengan tahun sebelumnya. karena kesibukkan yang biasa kita lakukan menjelang Hari Raya kini tidak lagi bisa kita lakukan. Ini disebabkan kita masih harus melakukan protokol kesehatan dan protokol pencegahan penyebaran covid-19. Pemerintah memberlakukan PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar), jadi kita tidak bisa pergi untuk berbelanja ataupun mengunjungi kerabat.

Maka dari itu, tahun ini kita harus bersabar, karena kemungkinan besar kita belum bisa mudik, kita begitu paham akan kerinduan kepada keluarga dan kampung halaman tapi kita harus menahan kerinduan ini, apa daya kita, untuk kebaikan bersama, jadwal mudik ditunda.

Baca Juga : Inilah Hikmah Zakat Fitrah Yang Perlu di Ketahui

Sahabat, mungkin mudik ditunda, tetapi sedekah termasuk didalamnya ZAKAT, jangan ditunda ya sahabat. Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam ketika ada seseorang yang bertanya “Wahai Rasulullah, sedekah apakah yang paling besar pahalanya?”. Lalu Rasulullah menjawab : “Bersedekah selama kamu masih sehat, bakhil (suka harta), takut miskin, dan masih berkeinginan menjadi kaya. Dan janganlah kamu menunda-nunda, sehingga apabila nyawa sudah sampai di tenggorokan, maka kamu baru berkata, untuk fulan sekian dan untuk fulan sekian, padahal harta itu sudah menjadi hak si fulan (ahli warisnya).” (HR. Bukhari dan Muslim).

Tunda Mudik Segerakan Sedekah

Zakat fitrah memang sudah kewajiban kita untuk menunaikannya, besarannya juga sudah ada ketentuannya, jadi kita tidak perlu untuk menunda-nunda nya. Begitu juga dengan bersedekah, meskipun dalam wabah virus corona, kita juga harus mensegerakan zakat. Sekarang ini teknologi makin canggih, kini kita bisa bersedekah dari rumah saja dengan sedekah online. Sedekah tidak di tentukan besarannya, meskipun kecil, namun memiliki nilaai yang sangat istimewa di sisi Allah.

Jadi, untuk apa kita menunda-nunda untuk bersedekah? Sebelum bulan yang penuh dengan keberkahan ini meninggalkan kita, kita harusnya memperbanyak ibadah dan sedekah kita. Karena sedekah pada bulan ramadhan di banding bulan lainnya memiliki keutaman seperti sedekah di hari jumat seperti di hari lainnya. Imam Ibnul Qayyim al-Jauziyah berkata : “Keutamaan sedekah di hari Jumat dibanding semua hari dalam sepekan seperti keutamaan sedekah di bulan Ramadhan dibandingkan bulan-bulan lainnya.”

Dana zakat dan sedekah sahabat akan didistribusikan untuk penerima manfaat terdampak covid-19 “Pemanfaatan harta zakat untuk penanggulangan wabah covid-19 dan dampaknya, hukumya boleh, asalkan penerima termasuk salah satu golongan (asnaf) zakat”.  (Fatwa MUI no 23 tahun 2020). Sahabat, mari kita isi hari-hari terakhir bulan Ramadhan ini dengan memperbanyak sedekah kita dan membantu saudara-saudara kita yang terdampak oleh wabah virus corona ini.

Sahabat Dermawan, Yuk bersama dengan Lembaga Amil Zakat Griya Yatim & Dhuafa, kita segerakan untuk bersedekah dan sahabat bisa bersedekah ataupun membayar zakat dari rumah dengan berdonasi di donasiberkah.id . Dengan sedekah yang kita keluarkan, kita dapat membantu banyak orang yang telah terdampak wabah virus corona.

Yuk sahabat, tunaikan zakat sekarang, untuk meraih keberkahan harta kita.

Share it on