Griya Yatim & Dhuafa

Ujian Orang Beriman Terhadap Wabah Virus Corona, Pertolongan Allah Amat Dekat

Sebagai makhluk ciptaan Allah, kita dalam menjalani kehidupan ini hanyalah di perintahkan untuk beribadah kepada Allah saja. Sebagaimana Tertera dalam surat Adz-Dzariyat ayat 56 yang artinya : “Dan Aku tidak menciptakan jin dan manusia melainkan supaya mereka beribadah kepadaku”. Sehingga itulah tujuan kita hidup di dunia ini.

Sahabat Dermawan, beribadah kepada Allah menurut sebagian ulama merupakan puncak dari rasa tunduk, rasa kecintaan, dan rasa takut. Imam Ibnu Katsir menuliskan dalam Tafsir al-Qur’an al ‘Azhim [1/34], “Menurut pengertian syari’at ibadah itu adalah suatu ungkapan yang memadukan antara kesempurnaan rasa cinta, ketundukan, dan rasa takut.” .

Dalam beribadah kepada Allah, kita harus memenuhi 3 syarat agar amal ibadah kita menjadi benar dan diterima disisi Allah, yaitu Ikhlas, Ittiba’, dan Aqidah yang benar.

Dalam beribadah dan mengikuti sunnah-sunnah Rasulullah, kita juga selalu mendapatkan ujian-ujian yang menghampiri kita.

Allah berfirman dalam surat Al-Baqarah ayat 214 yang artinya : “Apakah kamu mengira bahwa kamu akan masuk surga, padahal belum datang kepadamu (cobaan) sebagaimana halnya orang-orang terdahulu sebelum kamu? Mereka ditimpa oleh malapetaka dan kesengsaraan, serta digoncangkan (dengan bermacam-macam cobaan) sehingga berkatalah Rasul dan orang-orang yang beriman bersamanya: “Bilakah datangnya pertolongan Allah?” Ingatlah, sesungguhnya pertolongan Allah itu amat dekat.” (QS. Al Baqarah: 214)

Seperti pada masa pandemi virus corona saat ini. Ini merupakan salah satu cobaan yang harus kita hadapi. Dengan adanya wabah virus corona saat ini, kita tidak lagi dapat beribadah seperti biasanya, kita juga terus dibuat khawatir dengan adanya penyebaran wabah virus corona ini.

Baca juga : Pentingnya Menjaga Kesehatan Psikologis Saat Pandemi Wabah Virus Corona

Sebagai orang yang beriman, kita harus percaya bahwa semua ini adalah ujian dari Allah, untuk mengetahui mana hambanya yang bertakwa dan terus istiqomah meski dalam masa pandemi virus corona saat ini.

Allah berfirman dalam surat At-Taghabun ayat 11 yang artinya : “Tidak ada suatu musibah pun yang menimpa seseorang kecuali dengan ijin Allah; dan barangsiapa yang beriman kepada Allah niscaya Dia akan memberi petunjuk kepada hatinya. Dan Allah Maha Mengetahui segala sesuatu.”

Dalam keadaan yang mengkhawatirkan seperti saat ini, hendaklah kita memohon pertolongan hanya kepada Allah saja. Karena dalam surat Ali-Imran ayat 173 disebutkan : “Cukuplah Allah (menjadi penolong) bagi kami dan Dia sebaik-baiknya pelindung”.

Dalam surat Al-Fatihah ayat 5 juga disebutkan : “hanya kepada-Mu kami menyembah dan hanya kepada-Mu kami memohon pertolongan”.

Jadi, jangan sampai kita meminta pertolongan (berdoa) kepada selain Allah, karena itu semua tidak akan memberikan kita manfaat sedikitpun.

Allah berfirman dalam surat Yunus ayat 106 yang artinya : “Dan janganlah kamu berdoa kepada apa-apa yang tidak memberi manfaat dan tidak (pula) memberi mudharat kepadamu selain Allah; sebab jika kamu berbuat (yang demikian), itu, maka sesungguhnya kamu termasuk orang-orang yang zalim”.

Yuk Sahabat Dermawan, Kita sama-sama berdoa kepada Allah Subhanahu Wata’ala, meminta agar Allah segera angkat wabah virus corona ini dan dilindungi dari virus corona.

Serta kita harus tetap sabar dengan adanya cobaan ini, karena Allah berfirman dalam surat Al-Baqarah ayat 45 yang artinya : “Dan mohonlah petolongan (kepada Allah) dengan sabar dan shalat”.

Semoga kita semua dapat di pertemukan kembali pada bulan suci Ramadhan yang penuh berkah. dan dapat beribadah seperti tahun-tahun sebelumnya.   

“…Ingatlah, sesungguhnya pertolongan Allah itu amat dekat.”  (QS. Al Baqarah: 214).

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

English EN Indonesian ID
Scroll to Top