Griya Yatim & Dhuafa

Vitamin E Untuk Bantu Cegah Infeksi Virus Dan Bakteri⠀

Sahabat dermawan, dalam menghadapi situasi penyebaran wabah virus corona yang belum kunjung usai, penting bagi kita untuk terus menjaga kesehatan dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh, serangkaian tindakan untuk tetap sehat menjadi keharusan jika tak mau menyesal di kemudian waktu.

Ada beberapa hal yang bisa kita lakukan untuk menjaga kesehatan di tengah-tengah wabah virus corona ini, antara lain dengan menjaga kebersihan dan tetap menjaga jarak. Hal ini sangat efektif untuk menghindari infeksi dari wabah virus corona. Begitu juga dengan berolahraga, namun dalam keadaan tubuh kita yang sedang berpuasa, cukup sulit untuk berolahraga di pagi hari. Dan yang tidak kalah penting adalah menjaga pola makan.

Kita harus memperhatikan apakah makanan yang kita konsumsi itu baik untuk tubuh kita. Menjaga asupan nutrisi sangat berguna untuk meningkatkan daya tahan tubuh dari infeksi penyakit. Apalagi di saat bulan Ramadhan ini, kita harus lebih tepat memilih panganan berbuka dan sahur, agar asupan gizi tetap terjaga sehingga sistem kekebalan tubuh tidak rentan terhadap virus dan bakteri disaat menjalankan puasa.

Vitamin E Untuk Bantu Cegah Infeksi Virus Dan Bakteri⠀

Nah, sahabat dermawan, selama menjalani puasa, pilihan terbaik adalah dengan lebih banyak mengonsumsi makanan yang mengandung gizi yang seimbang artinya mengandung karbohidrat, lemak, dan protein yang seimbang. Tidak kalah penting juga kita harus memakan makanan yang kaya akan vitamin. Untuk menghindari infeksi virus corona, bisa dengan memperbanyak mengkonsumsi vitamin C.  

Namun tidak hanya vitamin C saja, melainkan tubuh kita juga memerlukan asupan vitamin yang lainnya. Begitu juga dengan vitamin E sebab, vitamin E memiliki manfaat untuk membantu cegah infeksi virus dan bakteri. Vitamin E juga mengandung antioksidan yang berfungsi melindungi tubuh dari paparan radikal bebas, yaitu molekul berbahaya yang bisa merusak jaringan, organ, dan sel-sel tubuh. Selain itu, vitamin E juga mampu memperkuat sistem imunitas atau kekebalan tubuh sehingga dapat melawan infeksi bakteri dan virus.

Baca Juga : Inilah Tips Menjaga Imunitas Tubuh di Tengah Pandemi Virus Corona 

Dari paparan di atas, nampaknya sudah tepat jika kita banyak mengkonsumsi makanan yang mengandung vitamin E di tengah pandemi seperti ini.

Apa aja ya sahabat makanan dengan sumber vitamin E? Yaitu diantaranya :⠀

  • Sayuran hijau⠀
  • Kacang-kacangan⠀
  • Biji-bijian

Meskipun vitamin E ini memiliki khasiat yang luar biasa, kita tetap saja tidak boleh hanya terpaku dengan mengkonsumsi vitamin E saja. Tubuh kita juga memerlukan asupan gizi yang lain. Oleh karena itu keseimbangan asupan gizi kita harus benar-benar kita perhatikan. Terlebih lagi ditengah wabah virus corona ini.

Hal-hal yang perlu kita waspadai karena dapat merusak asupan gizi kita adalah makanan cepat saji. Makanan cepat saji memang memiliki rasa yang sedap dan mudah untuk diolah. Namun disamping itu, makanan cepat saji sangat berbahaya jika kita konsumsi secara berlebihan. Karena pada dasarnya, makanan cepat saji adalah makanan yang banyak mengandung zat kimia, seperti pengawet dan penyedap. Tubuh kita lama kelamaan akan rusak jika terus mengkonsumsi zat-zat kimia secara berlebih.

Oleh karena itu, sangat tidak disarankan untuk mengkonsumsi makanan cepat saji. Karena dapat menurunkan daya tahan tubuh kita secara perlahan. Terlebih lagi disaat puasa. Asupan gizi kita ketika sahur harus tercukupi agar tidak cepat lelah ketika sedang berpuasa.

Sahabat dermawan, dengan hal yang telah disampaikan tersebut. semoga kita semua bisa tetap sehat selama Ramadhan ini dan terhindar dari paparan wabah virus corona, semoga Allah sampaikan kita semua kepada hari kemenangan nanti. Aamiin

English EN Indonesian ID
Scroll to Top