Griya Yatim & Dhuafa

Waktu bertahan wabah virus Corona di permukaan benda

Penyebaran wabah virus corona ini terus meluas. Di Indonesia telah terdapat 3418 kasus virus corona, 2956 diantaranya telah dinyatakan positif. 222 telah dinyatakan sembuh sedangkan 240 lainnya telah meninggal ( Data 4 April 2020 ). Dan data kasus ini terus meningkat tiap harinya. Oleh karena itu, kita harus serius dalam menanggapi pandemi wabah virus corona ini. Dengan cara apa? Yaitu dengan selalu menjaga kesehatan, kebersihan, dan juga selalu berdoa kepada Allah agar di jauhi dari wabah virus corona ini.

Waktu Bertahan Wabah Virus Corona
Waktu Bertahan Wabah Virus Corona

Untuk menekan angka ini, diterapkannya social distancing, Work From Home, Learn From Home, dan juga banyak dilakukan penyemprotan desinfektan di lingkungan dan di fasilitas umum.

Sahabat Dermawan, perlu diketahui bahwa virus Corona ditularkan melalui droplet atau percikan cairan yang keluar dari mulut atau hidung seseorang yang terinfeksi. Sehingga tidak aman untuk bersentuhan dengan benda-benda yang terbuka karena khawatir telah terinfeksi virus corona.

Waktu bertahan wabah virus Corona di permukaan benda

Lalu bagaimana dengan benda-benda yang terkontaminasi oleh droplet atau percikan dari seseorang yang telah terinfeksi?. Beberapa para ahli virologi  melakukan penelitian terkait seberapa lama wabah virus corona dapat bertahan di permukaan benda-benda. Berikut beberapa waktu bertahan virus Corona dipermukaan benda-benda:

  1. Kaca

Virus Corona dapat bertahan hidup dikaca kurang lebih selama 5 hari. Maka dari itu kita perlu sering-sering membersihkan benda-benda yang terbuat dari kaca.

  1. Plastik dan baja

Virus Corona dapat bertahan dipermukaan plastik dan baja sekitar 72 jam atau setara dengan 2-3 hari. 

  • Tembaga 

Dikutip dari New York dan USA Today virus Corona dapat bertahan hidup dipermukaan yang terbuat dari tembaga kurang lebih 4 jam.

  • Udara

Ini masih dalam penelitian, sementara Dr. Vincent Munster seorang ahli virologi dari Nation Institute of Allergy and Infectious Disease menyebut virus ini dapat bertahan sekitar 10-30 menit di udara. Namun ada pula yang menyebut dapat bertahan sampai 3 jam.

  • Kertas

Virus ini dapat bertahan hidup di kertas selama kurun waktu 4-5 hari sejak disentuh oleh orang yang membawa virus tersebut. 

  • Kayu

Berbeda dengan alumunium, besi dan sarung tangan, virus corona dapat hidup lebih lama di kayu, dengan rentang waktu yang lebih lama yaitu berkisar 4 hari sejak tersentuh.

  • Aluminium

Pada benda yang terbuat dari alumunium, virus ini dapat bertahan hidup selama 2-8 jam.

  • Sarung tangan operasi

Sarung tangan yang banyak digunakan oleh tenaga ahli kesehatan ini dapat disinggahi oleh virus corona selama kurang lebih 8 jam.

Demikianlah beberapa jenis benda yang dapat disinggahi virus Corona, dengan mengetahui  hal tersebut kita bisa menjadi lebih waspada, sehingga alangkah baiknya jika kita membersihkan benda-benda tersebut menggunakan cairan pembersih yang mengandung  desinfektan setidaknya dua kali sehari atau sesuai intensitas barang tersebut digunakan. Kecuali barang yang terbuat dari kain, kita bisa membersihkannya dengan cara mencuci. 

Selain itu kita juga dianjurkan untuk menjaga jarak, sering mencuci tangan dengan air dan sabun ataupun dengan menggunakan Hand Sanitizer. Juga menggunakan masker ketika sakit atau sedang berada di keramaian, menutup hidung dan mulut menggunakan tisu atau siku bagian dalam ketika bersin, serta beraktifitas dirumah kecuali ada keperluan yang mendesak. Dengan melakukan hal-hal tersebut kita dapat memutus rantai penyebaran wabah virus corona.

Jadi Sahabat Dermawan, tetap terus berikhtiar dan juga bersabar dengan situasi yang terjadi di Indonesia saat ini. Lalu, jangan lupa untuk selalu berdoa kepada Allah agar senantiasa melindungi kita dari wabah virus corona ini.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

English EN Indonesian ID
Scroll to Top