Griya Yatim & Dhuafa

Yakinlah dengan kekuatan doa

Sahabat dermawan, doa adalah senjata orang mukmin dalam segala keadaan dan suasana, doa juga merupakan salah satu permohonan kita kepada Allah untuk meminta segala hal. tatkala bahagia kita harus bersyukur dengan banyak memuji kepada Allah Ta’ala. Dalam keadaan berduka seorang hamba harus mohon kekuatan dan keteguhan hati agar Allah Ta’ala menjadikannya kuat dan tegar. Sebagai orang yang beriman kita hanya punya kekuatan doa untuk menghancurkan musuh-musuh Allah. Maka Yakinlah dengan kekuatan doa

Sebagaimana kisah Thalut melawan Jhalut, sebelum memulai peperangan thalut berdoa bersama pasukannya untuk berlindung serta diberikannya kemenangan. Sebagaimana tercantum di dalam Al-Qur’an  : “Tatkala Jalut dan tentaranya telah nampak oleh mereka, merekapun (Thalut dan tentaranya) berdoa: “Ya Tuhan kami, tuangkanlah kesabaran atas diri kami, dan kokohkanlah pendirian kami dan tolonglah kami terhadap orang-orang kafir.” (QS. Al-Baqarah : 250).

Dengan doa yang di panjatkan oleh Thalut dan bala tentaranya, Allah memberikan kekuatan serta memenangkan bala tentaranya, dalam  menghadapi bala tentara Jhalut yang disebut sebagai raksasa pada zaman itu. Itulah betapa dahsyatnya doa.

Yakinlah dengan kekuatan doa

Apakah setiap do’a yang kita panjatkan pasti terkabulkan ?

Pasti kak, jika seorang hamba berdoaa kepada Allah, Allah pasti akan mengabulkan doa tersebut. sebagaimana Allah Ta’ala berfirman : “Dan apabila hamba-hamba-Ku bertanya kepadamu tentang Aku, maka (jawablah), bahwasanya Aku adalah dekat. Aku mengabulkan permohonan orang yang berdoa apabila ia memohon kepadaKu. Maka hendaklah mereka itu memenuhi (segala perintahKu) dan hendaklah mereka beriman kepadaKu, agar mereka selalu berada dalam kebenaran.” (QS. Al-Baqarah: 186).

Di dalam ayat lain juga Allah Ta’ala berfirman : “Berdoalah kepadaKu, niscaya akan Kuperkenankan bagimu. Sesungguhnya orang-orang yang menyombongkan diri dari menyembah-Ku akan masuk neraka jahannam dalam keadaan hina dina.” (QS.  Ghafir : 60).

Kak, kita harus meminta kepada Allah kak, walaupun itu hanya hal yang mungkin kita anggap sebagai hal yang sepele, akan tetapi Rasulullah menganjurkan kepada umatnya untuk selalu berdoa walaupun itu sepele, sebagaimana Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam bersabda :  “Hendaklah salah seorang diantara kamu sekalian meminta kepada Rabbnya akan segala kebutuhannya hingga meminta tali sandalnya yang putus atau sampai meminta garam sekalipun.” (HR. At-Tirmidzi).

Siapa saja yang berdoa kepada Allah dengan menghadirkan hati (hanya mengharapkanNya) ketika berdoa, menggunakan doa yang telah diajarkan (dicontohkan). Serta menjauhi hal-hal yang dapat menghalangi terkabulnya doa (seperti memakan makanan yang haram), maka niscaya Allah akan mengijabah doanya. Terkhusus lagi jika ia melakukan sebab-sebab terkabulnya doa, yakni tunduk pada perintah dan menjauhi segala yang di larang Allah dengan keyakinan (keimanannya kepada Allah).

Doa juga dapat menolak takdir serta memperbaiki takdir kita kak, sebagaimana  Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam bersabda : “Tiada yang bisa menolak takdir Allah, kecuali doa.” (HR. Tirmidzi, Hakim, Ahmad, dan Ibnu Majah)

Baca Juga : Doa Seorang Muslim Untuk Saudaranya

Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam bersabda : “Yang dapat menolak takdir hanyalah do’a yang dapat menambah umur hanya kebaikan.” (HR. Tirmidzi) Dengan doa inilah cara kita meminta kepada Allah Ta’ala agar takdir itu bisa diperbaiki dan mendapatkan takdir yang baik. karena di dalam itu sendiri memilki pengaruh yang sangat luar biasa, sebagaimana Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam bersabda : “Tidak ada sesuatu yang lebih besar pengaruhnya di sisi Allah Ta’ala selain do’a.” (HR. Tirmidzi).

Sahabat, orang beriman akan selalu butuh kepada Allah Ta’ala, ia merasa dirinya tak memiliki kekuatan tanpa bersandar serta bertawakal kepada Dzat Yang Maha Perkasa dan Bijaksana. Selayaknya, seorang mukmin tidak memiliki sifat sombong dengan meremehkan pentingnya sebuah doa.

Yuk Kak, jangan pernah ragu dalam berdoa kepada Allah Ta’ala. Yakinlah dengan kekuatan doa, karena kekuatan doa adalah senjata orang yang beriman, di dalam hal apapun itu.

English EN Indonesian ID
Scroll to Top