News

Yuk Jadi Bikers dan Qurbaner

Kak, sekarang ini kita sudah memasuki bulan Dzulhijjah lho. Tahukah apa artinya? Kita harus mempersiapkan diri untuk Hari Raya Idul Adha, terutama menyiapkan qurban terbaik yang kita miliki. Kita harus jadikan qurban sebagai hal yang lebih diutamakan. Jikalau kita memiliki kelebihan dalam hal rezeki Yuk Jadi Bikers dan Qurbaner. Itu akan lebih bermanfaat bagi diri kita dan juga orang lain.

Perlu diketahui, bahwa qurban itu hukumnya wajib. Tapi tidak wajib untuk setiap muslim, melainkan hanya untuk mereka yang mampu. Jika seseorang memiliki kelapangan dalam hal qurban maka hukumnya wajib. Sebagaimana hadits Rasulullah : Dari Abu Hurairah ra, Rasulullah bersabda : “Siapa yang memperoleh kelapangan untuk berkurban, dan dia tidak mau berkurban, maka janganlah hadir dilapangan kami (untuk shalat Ied).” (HR Ahmad, Daruqutni, Baihaqi dan Al Hakim). Sahabat, oleh karena itu jangan tinggalkan kewajiban kita untuk berqurban.

Yuk Jadi Bikers dan Qurbaner

Jangan jadikan keinginan duniawi dan nafsu kita mengalahkan keimanan dalam diri kita. Sehingga kita menutup diri dan berpaling dari kewajiban yang sudah Rasulullah jelaskan pada hadits tersebut. Tidak masalah untuk memuaskan diri dengan membeli sepeda, motor, dan lainnya yang merupakan kebutuhan. Tapi ingat, kita pun harus menyisihkan sebagian harta kita untuk menunaikan kewajiban, yakni zakat dan qurban.

Merugilah Memiliki Harta tidak Berqurban

Merugilah bagi mereka yang memiliki harta berlimpah tapi enggan untuk berqurban. Sebab, dengan harta yang dia miliki dia tidak hanya bisa membeli sepeda yang mahal, namun dia juga dapat mencapai pahala amalan yang utama, yakni qurban.

Banyaknya pahala yang didapat oleh orang yang berqurban diumpamakan seperti banyaknya bulu dari hean yang disembelih. Ini merupakan gambaran betapa besarnya pahala yang akan didapat oleh orang yang berqurban. Sebagaimana sabda Rasulullah : “Pada tiap-tiap lembar bulunya itu akan memperoleh (pahala) satu kebaikan.” (HR. Ahmad dan Ibnu Majah).

Tidak bisa dibandingkan manfaat berqurban dengan membeli barang-barang mahal yang hanya membuat kita semakin mencintai dunia. Mencintai dunia itu merupakan perkara yang memakmurkan neraka. Sebab terlalu mencintai dunia, mereka lupa dengan kewajiban dan menjauh dari rahmat Allah. Semua hanya demi dunia yang sementara ini.

Orang yang beruntung

Orang yang beruntung adalah orang yang sukses di dunia dan di akhirat. Yaitu orang-orang yang menjalankan perintah Allah dan mampu memanajemen keperluan dunia dan akhirat. Maka dari itu, kita tidak boleh boros. Boros dalam waktu, harta, dan lainnya. Jika itu memang kebutuhan, maka cukupkanlah saja dan tidak berlebihan.

Allah berfirman : “Dan orang-orang yang apabila membelanjakan (harta), mereka tidak berlebihan, dan tidak (pula) kikir, dan adalah (pembelanjaan itu) di tengah-tengah antara yang demikian.” (QS. Al-Furqan : 67).

Dengan jadi bikers pun kita harus buktikan bahwa kita juga bisa jadi qurbaners. Agar kita tidak termasuk orang-orang yang terlalaikan dengan dunia. Rasulullah mengingatkan kita untuk tidak terlalaikan dengan dunia, sebab tujuan akhir kita adalah akhirat yang kekal.

Baca Juga : Qurban Yang Lebih Utama Bersama Yatim & Dhuafa

Rasulullah besabda : “Jadilah di dunia ini engkau seumpama orang asing atau seorang pengembara.” (HR. Bukhari). Rasulullah pun sangat khawatir pada umatnya tentang permasalahan dunia.Rasulullah bersabda : “Sesungguhnya di antara yang aku khawatirkan pada diri kalian setelah peninggalanku ialah dibukakannya bunga dunia dan pernak-perniknya untuk kalian.” (HR. Bukhari dan Muslim).

Yuk Jadi Bikers dan Qurbaner ka, agar kita bisa mendapatkan kebahagiaan di dunia dan diakhirat. Jadi yuk wujudkan aksi nyata mu dalam berqurban dengan klik tombol qurban dibawah ini ya ka

 

Share it on