Griya Yatim & Dhuafa

Yuk Jadilah Dermawan dan Murah Hati

Griya Yatim Dhuafa
Yuk Jadilah Dermawan Dan Murah Hati
                                 Yuk Jadilah Dermawan Dan Murah Hati

Donasiberkah – Kak, sifat dermawan merupakan ciri-ciri  orang Islam, dan kemurahan hati adalah adat kebiasaannya. Maka apakah kita sudah mencerminkan kedua sifat tersebut? Sebab keduanya, merupakan sifat yang sangat Allah cintai. Oleh karenanya yuk jadikan diri kita menjadi dermawan dan murah hati.

Kebalikannya Sifat Dermawan & Murah Hati

Seorang muslim bukanlah orang yang kikir atau bakhil, sebab sifat kikir dan bakhil itu keduanya tercela, yang sumbernya dari jiwa yang kotor dan  keduanya merupakan sifat yang sangat di cintai oleh setan. Sedangkan seorang muslim dengan iman dan amal shalihnya, maka jiwanya  akan menjadi bersih dan hatinya penuh cahaya sehingga seorang muslim tidak akan menjadi kikir dan bakhil.

Baca Juga : Tetap Dermawan Saat Sempit Maupun Lapang

Kikir yang merupakan penyakit hati, yang semua manusia tidak akan terhindar darinya kecuali dengan melakukan amalan murah hati dan dermawan, sebab keimanan dan amal shalihnya, seperti dengan zakat dan shalat, Allah subhanahu wa ta’ala  menjaga orang-orang beriman dari penyakit buruk yang berbahaya Ini untuk disediakan kebahagiaan dan keberuntungan di akhirat.

Sebagaimana Allah subhanahu wa ta’ala berfirman : “Ambillah zakat dari sebagian harta mereka yang dengan zakat itu kamu membersihkan dan mensucikan mereka” (QS. At-taubah : 103).

Yuk Jadilah Dermawan Dan Murah Hati
    Yuk Jadilah Dermawan Dan Murah Hati

Mulailah Belajar Menjadi Dermawan

Karena kedermawanan itu berasal dari latihan dan pendidikan , maka seorang muslim berusaha menumbuhkan sifat ini yang bersumber dari syariat yang bijaksana dan Allah subhanahu wa ta’ala melarang dari sifat yang sebaliknya, maka untuk menumbuhkan akhlak kedermawanan ke dalam jiwa, kita renungkan firman Allah subhanahu wa ta’ala :

“Dan belanjakan lah sebagian dari apa yang telah Kami berikan kepadamu sebelum datang kematian kepada salah seorang di antara kamu; lalu ia berkata: “Ya Rabb-ku, mengapa Engkau tidak menangguh kan (kematian)ku sampai waktu yang dekat, yang menyebabkan aku dapat bersedekah dan aku termasuk orang-orang yang shalih ?” (QS. Al Munafiqun 10)

 Sebagaimana Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam bersabda : “Takutlah kalian kepada neraka walau dengan sebutir kurma, jika tidak mendapatkan, hendaknya dengan perkataan yang baik.”(HR. Bukhari)

Baca Juga : Allah mencintai HambaNya Yang Dermawan 

Yuk Jadi Dermawan Dengan Menunaikan Kewajiban

Sahabat, semoga kita selalu menjadi dermawan dan murah hati, dengan menunaikan kewajiban berzakat, sebab dengan kita menunaikan zakat, Allah menjauhkan kita dari sifat yang tercela, serta membersihkan harta yang kita miliki.

11 views