Griya Yatim & Dhuafa

Yuk Jangan Abaikan Zakat Karena Ada Keajaiban di Dalamnya

Donasiberkah.id – Kak, kewajiban merupakan hal yang harus kita dahulukan dan tidak boleh kita abaikan. Banyak hal yang merupakan kewajiban. Salah satunya adalah kewajiban untuk menunaikan zakat. Oleh karenanya yuk jangan abaikan zakat karena ada keajaiban di dalamnya. Allah berfirman : “Dan dirikanlah shalat dan tunaikanlah zakat. Dan kebaikan apa saja yang kamu usahakan bagi dirimu, tentu kamu akan mendapat pahala-Nya pada sisi Allah.” (QS. Al-Baqarah). 

Zakat merupakan salah satu rukun islam, oleh karenanya zakat itu hukum nya fardhu ‘ain, maka jika di tinggalkan kita akan mendapatkan dosa, bahkan bisa membatalkan keislaman kita.  Allah berfirman : “Wahai orang-orang yang beriman, infakkanlah (zakat) sebagian dari hasil usahamu yang baik-baik.” (QS. Al-Baqarah: 267).

Nah Kak, zakat yang kita keluarkan akan diberikan kepada mereka yang berhak untuk menerimanya. Sebagaimana Allah ta’ala berfirman : “Sesungguhnya zakat-zakat itu, hanyalah untuk orang-orang faki, orang-orang miskin, pengurus-pengurus zakat, para mu’allaf yang dibujuk hatinya, untuk (memerdekakan budak), orang-orang yang berutang, untuk jalan Allah dan orang-orang yang sedang dalam perjalanan sebagai suatu ketetapan yang diwajibkan Allah dan Allah Maha Mengetahui lagi Maha Bijaksana.” (QS. At-Taubah: 60).

Yuk Jangan Abaikan zakat Karena Ada Keajaiban Di Dalamnya
  Yuk Jangan Abaikan zakat Karena Ada Keajaiban Di Dalamnya

Kak, Jangan Abaikan Zakat Karena di Dalamnya Ada Keajaiban

  1. Akan Memberikan Ketentraman Di Dalam Hidup

Kak, Zakat merupakan salah satu cara untuk membersihkan harta dan juga jiwa. Dengan begitu Allah akan mendatangkan ketentraman di dalam jiwa kita. Sebagaimana Allah Ta’ala berfirman : “Ambillah zakat dari sebagian harta mereka, dengan zakat itu kamu membersihkan dan mensucikan mereka dan mendoalah untuk mereka. Sesungguhnya doa kamu itu (menjadi) ketentraman jiwa bagi mereka. Dan Allah Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui”. (QS At-Taubah ayat 103).

  1. Menjauhkan Dari Sifat Kikir & Bakhil

Kak, mengenai perihal berzakat, zakat mampu menghindari tumbuhnya sifat kikir dan Bakhil pada diri seseorang.  Sebab sifat ini merupakan sifat yang sangat di cintai setan. Sebagaimana Allah Ta’ala berfirman : “ Syaitan menjanjikan (menakut-nakuti) kamu dengan kemiskinan dan menyuruh kamu berbuat kejahatan (kikir). Sedang Allah menjadikan untukmu ampunan dan karunia. Dan Allah Maha Luas (karunianya) Lagi maha mengetahui” (QS Al-Baqarah : 268).

  1. Dimudahkan Dalam Mencari Rezeki Yang Halal

Zakat akan membuat kita akan pengawasannya Allah. Inilah sebabnya, zakat akan membuat kamu berusaha untuk mencari rezeki dengan cara yang baik dan juga halal. Kak, rezeki halal yang dimakan seseorang akan membuat orang tersebut selalu bersyukur akan anugerah yang Allah berikan. Sebagaimana Allah Ta’ala berfirman : “Maka makanlah yang halal lagi baik dan rezeki yang telah diberikan Allah kepada kalian. Dan syukurilah nikmat Allah jika kalian hanya kepada-Nya saja beribadah”. (An-Nahl:114).

Dan Zakat adalah sebab keberkahan dalam harta kita. Jika tidak kita tunaikan zakat yang di wajibkan atas kita, maka tidak ada keberkahan dalam harta yang kita miliki. Itulah mengapa kita harus menunaikan zakat. Oleh karenanya, sebagaimana kita tidak boleh mengabaikan shalat, kita pun tidak boleh untuk mengabaikan zakat, apapun bentuk zakatnya.

Yuk Tunaikan zakat

Yuk Kak, tunaikan zakat di Laznas Griya Yatim & Dhuafa, Insya Allah akan membawa keberkahan baik yang memberi maupun yang menerima zakat tersebut. Dan semoga Allah menerima dan juga membalas dengan balasan yang lebih baik lagi. Aamiin. Jadi inilah artikel tentang yuk jangan abaikan zakat karena ada keajaiban di dalamnya. Semoga kita dapat meraihnya. Aamiin.

English EN Indonesian ID
Scroll to Top