Griya Yatim & Dhuafa

Yuk Jangan Jadi Pemalas

⁣Yuk Kak kita hindari sifat malas, sebab malas merupakan sifat yang tercela. Terlebih lagi malas untuk menafkahi diri sendiri maupun keluarga.⁣ Dari Abdullah bin ‘Amr, Rasulullah bersabda : “Seseorang cukup dikatakan berdosa jika ia melalaikan orang yang ia wajib beri nafkah.” (HR. Abu Daud, no. 1692.).⁣ ⁣Daripada kita bermalas-malasan, yuk kita giat mencari nafkah yang halal dan baik.⁣ Maka Yuk Jangan Jadi Pemalas, kita harus produktif selalu ya.

⁣Sahabat, ketahuilah ketika kita bekerja atau mencari nafkah Allah menilainya sebagai ibadah. Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda :⁣ “Satu dinar yang engkau keluarkan di jalan Allah, lalu satu dinar yang engkau keluarkan untuk memerdekakan seorang budak, lalu satu dinar yang engkau keluarkan untuk satu orang miskin, dibandingkan dengan satu dinar yang engkau nafkahkan untuk keluargamu maka pahalanya lebih besar (dari amalan kebaikan yang disebutkan tadi).” (HR. Muslim no. 995).⁣

⁣Imam An-Nawawi mengatakan, “Nafkah kepada keluarga itu lebih afdal dari sedekah yang hukumnya sunnah”.⁣ Yuk Kak kita tunaikan kewajiban wajib dan sunnah kita, semoga Allah meridhai kita semua. Aamiin⁣

Inilah Tips Agar kita tidak malas bekerja, diantaranya yaitu :

Yuk Jangan Jadi Pemalas

  1. Ketahuilah bahwa setiap orang akan mendapatkan rezekinya sampai ia meninggal dunia.

Sebagaimana Rasulullah shallallahu ’alaihi wa sallam bersabda : ““Sesungguhnya ruh qudus (Jibril), telah membisikkan ke dalam batinku bahwa setiap jiwa tidak akan mati sampai sempurna ajalnya dan dia habiskan semua jatah rezekinya. Karena itu, bertakwalah kepada Allah dan perbaguslah cara dalam mengais rezeki. Jangan sampai tertundanya rezeki mendorong kalian untuk mencarinya dengan cara bermaksiat kepada Allah. Karena rezeki di sisi Allah tidak akan diperoleh kecuali dengan taat kepada-Nya.” (HR. Musnad Ibnu Abi Syaibah, 8:129 dan Thabrani dalam Al-Mu’jam Al-Kabir 8: 166, hadits shahih. Lihat Silsilah Al-Ahadits As-Shahihah no. 2866).

Baca Juga : 3 Cara Mengatasi Malas

Dan di dalam Al-Qur’an Allah Ta’ala berfirman : “Dan tidak ada suatu binatang melata pun di bumi melainkan Allah-lah yang memberi rezekinya.” (QS. Hud: 6).

  1. Cari Pekerjaan yang Halal

Wahai umat manusia, bertakwalah engkau kepada Allah, dan tempuhlah jalan yang baik dalam mencari rezeki, karena sesungguhnya tidaklah seorang hamba akan mati, hingga ia benar-benar telah mengenyam seluruh rezekinya, walaupun terlambat datangnya. Maka bertakwalah kepada Allah, dan tempuhlah jalan yang baik dalam mencari rezeki. Tempuhlah jalan-jalan mencari rezeki yang halal dan tinggalkan yang haram.” (HR. Ibnu Majah no. 2144. Al-Hafizh Abu Thahir mengatakan bahwa hadits ini shahih).

Allah menyuruh kepada kita untuk mencari rezeki yang baik dan halal. Agar ketika kita beribadah dan berdoa kepadaNya terkabulkan.

Sahabat, yuk jangan jadi pemalas, kita harus semangat dalam mencari nafkah,  bekerjalah ,dan carilah rizki dengan cara yang baik dan halal.

English EN Indonesian ID
Scroll to Top