News

Yuk Kita Menyantuni Anak Yatim

Kak, Allah Ta’ala telah memberikan kemudahan kepada hambaNya melalui berbagai jalan untuk selalu berbuat kebaikan. Salah satunya adalah dengan menyantuni anak yatim. Anak yatim yang tidak memiliki orang tua lengkap serta kurang mampu dalam hal material membutuhkan bantuan untuk menjalani kehidupan. Oleh karena itu, orang-orang yang mampu hendaknya mengasihi serta menyantuni anak yatim. Yuk Kita Menyantuni Anak Yatim Sebagaimana Allah berfirman : “Mereka bertanya tentang anak yatim, maka katakan lah memperbaiki keadaan mereka baik.” (QS. Al-Baqarah : 220)

Apa saja cara-cara yang dapat sahabat lakukan untuk menyantuni anak yatim?

Menyantuni Anak Yatim

Kegiatan menyantuni kepada anak yatim merupakan salah satu cara yang bisa dilakukan manusia untuk mensyukuri segala nikmat yang Allah berikan kepada sahabat.

1. Memberikan Kebutuhan Pokok

Setiap manusia pastinya membutuhkan yang namanya sandang, pangan, dan papan untuk menjalani hidup. Begitu juga dengan anak yatim yang serba kekurangan. Kebutuhan pokok bisa diberikan kapan saja, termasuk memberikan sembako, pakaian, uang santunan, maupun sumbangan hari raya.

2. Membantu Anak Yatim Menuntut Ilmu

Santunan anak yatim tidak hanya berupa kebutuhan dasar saja kak, tetapi mereka butuh juga dukungan untuk mencari ilmu. Kakak dapat memberikan beasiswa kepada anak yatim, terutama bagi anak-anak yatim yang berprestasi. Selain bantuan uang tunai sahabat juga bisa menyumbangkan buku-buku pengetahuan yang bermanfaat ataupun memberikan peralatan sekolah untuk mendukung proses pembelajaran mereka.

3.Membantu Pengembangan Potensi atau Keterampilan

Sahabat dapat memberikan bantuan dana untuk pengembangan potensi anak-anak yatim. Jadi, selain pembelajaran yang diberikan oleh guru di sekolah, anak-anak yatim juga bisa mengembangkan potensi dan kreativitas sebagai bekal untuk menjalani kehidupan di masa yang akan mendatang. Kakak juga dapat memberikan dana untuk rekreasi, menyalurkan dana untuk kursus sesuai minat dan bakat para anak-anak yatim tersebut.

Selain memberikan santunan berupa harta, jangan lupa untuk memberikan pelindungan serta kasih sayang kepada anak-anak yatim. Hal ini dikarenakan Allah melarang manusia untuk menghardik anak-anak yatim, sebagaimana Allah berfirman : “Tahukah kamu orang yang mendustakan agama? Maka itulah orang-orang yang menghardik anak yatim.” (QS. Al-Ma’un : 1-2)

Keutamaan-keutamaan Menyantuni anak yatim

Berada dekat dengan Rasulullah di surga

Begitu besar keutamaan menyantuni anak yatim yang dapat kakak  dapatkan.  Allah memberikan pahala bagi orang-orang yang ikhlas dalam menyantuni anak yatim. Orang yang menyantuni anak yatim akan dimasukkan ke surga. Sebagaimana sabda Rasulullah, “Barang siapa yang mengikutsertakan seorang anak yatim diantara dua orang tua yang muslim, dalam makan dan minumnya, sehingga mencukupinya maka ia pasti masuk surga.” (HR. Al-Baniy).

Bahkan, Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam memberitahu kan kedekatan orang-orang yang menyantuni anak yatim dengannya di surga. Sebagaimana hadis dari sahl bin Sa’ad radhiallahu ‘anhu, beliau berkata, “Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, aku dan orang-orang yang menanggung anak yatim (kedudukannya) di surga seperti ini…” kemudian, Nabi mengisyaratkan jari telunjuk dari jari tengah, lalu Nabi agak merenggangkan keduanya.” (HR. Bukhari).

Baca Juga : Bantuan Perlengkapan Sekolah Oleh Griya Yatim & Dhuafa

Orang yang menyantuni anak yatim di dunia akan tercukupi kebutuhannya, dan ditambahkan rezekinya. Begitu pula di surga, dia akan berada dekat dengan Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam.

Yuk Kita Menyantuni Anak Yatim ka, dengan menjadi bagian dari orang-orang yang mencintai anak-anak yatim & dhuafa, dengan ikut berdonasi. Semoga setiap yang kita sisihkan bisa menjadi amal shalih. Aamiin…

Share it on