Griya Yatim & Dhuafa

Keutamaan dan Kemuliaan Shalat Dhuha

Sahabat Dermawan, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam memberikan maklumat kepada kita semua. Agar tetap melaksana kan tiga amalan dan dianjurkan untuk tidak meninggalkannya, sebab Rasulullah pun tidak pernah meninggalkan amalan tersebut, karena keutamaannya begitu banyak dan bermanfaat bagi kita kak..

Sebagaimana yang disabdakan oleh Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam :Abu Hurairah berkata, “Kekasihku, Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam, berwasiat dengan tiga hal, (sholat) witir sebelum tidur, puasa tiga hari di setiap bulan, dan salat dhuha.

Dalam pembahasan kali ini kita akan bercerita tentang keutamaan dan kemuliaan orang yang melaksanakan shalat dhuha. Diriwayatkan di dalam hadits Rasulullah shalallahu alaihi wa sallam bersabda: “Pada pagi hari diharuskan bagi seluruh persendian di antara kalian untuk bersedekah. Setiap bacaan tasbih (subhanallah) bisa sebagai sedekah, setiap bacaan tahmid (alhamdulillah) bisa sebagai sedekah, setiap bacaan tahlil (laa ilaha illallah) bisa sebagai sedekah, dan setiap bacaan takbir (Allahu akbar) juga bisa sebagai sedekah. Begitu pula amar ma’ruf (mengajak kepada ketaatan) dan nahi mungkar (melarang dari kemungkaran) adalah sedekah. Ini semua bisa dicukupi (diganti) dengan melaksanakan shalat Dhuha sebanyak 2 raka’at” (HR. Muslim no.  720).

Yuk Kita Shalat Dhuha

Sahabat Dermawan, perlu kita ketahui bahwa amalan-amalan tersebut, merupakan suatu amalan yang bernilai bersedekah atas tulang persendian yang kita miliki kak, ada beberapa amalan juga yang bisa membantu kita untuk menunaikan sedekah atas tulang persendian kita. Sebagaimana Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda :

“Manusia memiliki 360 persendian. Setiap persendian itu memiliki kewajiban untuk bersedekah.” Para sahabat pun mengatakan, “Lalu siapa yang mampu bersedekah dengan seluruh persendiannya, wahai Rasulullah?” Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam lantas mengatakan, “Menanam bekas ludah di masjid atau menyingkirkan gangguan dari jalanan. Jika engkau tidak mampu melakukan seperti itu, maka cukup lakukan shalat Dhuha dua raka’at.” (HR. Ahmad).

Baca Juga : Inilah Keutamaan Waktu Dhuha

Sahabat, sesungguhnya Allah Ta’ala akan melipat gandakan bagi siapa yang mau melaksanakan shalat dhuha, bahkan pada rakaat yang dikerjakan memiliki pahala tersendiri, sebagaimana Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

“Barang siapa yang shalat Dhuha dua rakaat, maka dia tidak ditulis sebagai orang yang lalai. Barang siapa yang mengerjakannya sebanyak empat rakaat, maka dia ditulis sebagai orang yang ahli ibadah. Barang siapa yang mengerjakannya enam rakaat, maka dia di selamatkan di hari itu. Barang siapa mengerjakannya delapan rakaat, maka Allah tulis dia sebagai orang yang taat. Dan barang siapa yang mengerjakannya dua belas rakaat, maka Allah akan membangun sebuah rumah di syurga untuknya.” (HR. At-Thabrani).

Yuk kak,dhuha dulu Insya Allah dengan shalat dhuha, setiap urusannya dipermudah, rezekinya berlimpah dan hatinya jauh dari gundah sebab selalu dekat dengan Sang Maha Pencipta Allah Ta’ala yang Maha memberikan yang terbaik untuk setiap hambaNya.

Tetap semangat beraktivitas ya kak. Semoga setiap urusannya berada dalam kelancaran. Aamiin

English EN Indonesian ID
Scroll to Top