News

Yuk Puasa Senin dan kamis

Yuk Puasa Senin dan kamis

Kak, yuk puasa senin dan kamis. Dalam sunnah yang diajarkan Rasulullah ini banyak sekali keutamaannya lho. Mulai dari pahala yang istimewa hingga efeknya pada kesehatan. Yuk kita simak penjelasannya…

Sahabat Dermawan, puasa merupakan suatu amalan yang paling istimewa di mata Allah, mengapa kok dikatakan yang paling istimewa? Karena amalan tersebut adalah suatu amalan yang Allah langsung memberikan balasannya. Sebagaimana Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam bersabda :  “Setiap amalan kebaikan yang dilakukan oleh manusia akan dilipatgandakan dengan sepuluh kebaikan yang semisal hingga tujuh ratus kali lipat.

Allah Azza wa Jalla berfirman, “Kecuali amalan puasa. Amalan puasa tersebut adalah untukKu. Aku sendiri yang akan membalasnya. Disebabkan dia telah meninggalkan syahwat dan makanan karena Aku.” (HR. Muslim). Betapa besarnya pahala orang yang berpuasa, tidak ternilai di mata Allah.

Oleh karena itu jangan pernah kita biarkan hari-hari terlewat begitu saja kak, berilah hari di mana kita dapat menambah nilai pahala yang sangat luar biasa (nilai plus) kak, yaitu dengan melaksanakan puasa sunnah pada hari senin dan kamis. Karena pada hari itu juga adalah hari di mana semua amalan pada satu minggu disetorkan kepada Allah Azza wa Jalla. Sebagaimana Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam bersabda : “Berbagai amalan dihadapkan (kepada Allah) pada hari Senin dan Kamis, maka aku suka jika amalanku dihadapkan pada saat aku sedang berpuasa.” (HR. Tirmidzi).

Yuk Puasa Senin dan kamis

Setidaknya Kak, ketika para malaikat melaporkan hasil dari pada amalan kita, di hari itu juga mempunyai nilai akhir yang baik (plus). Karena pada hari itu juga orang yang berpuasa selalu berusaha untuk menjauhkan dari pada kemaksiatan.

Adapun sebab lainnya kenapa Nabi berpuasa di hari itu. Dari Abu Qotadah Al Anshari radhiyallahu ‘anhu, Rasulullah pernah ditanya mengenai puasa pada hari Senin, lalu beliau menjawab : “Hari tersebut adalah hari aku dilahirkan, hari aku diutus atau diturunkannya wahyu untukku.”  (HR. Muslim ).Betapa mulia pada hari seni dan kamis .Ternyata berpuasa juga mempunyai keutamaan yang sangat luar biasa loh.

  1. Meningkatkan Rasa Syukur

Dengan berpuasa Senin Kamis kita akan tahu bagaimana cara  mensyukuri nikmat yang Allah berikan kepada kita. Dengan cara kita menahan lapar dan haus dahaga, bahwa di luar sana banyak orang yang kelaparan, banyak sekali orang mencari rizki dengan mati-mati hanya untuk sesuap nasi.

  1. Menurunkan (mengontrol) Hawa Nafsu

Di dalam orang yang berpuasa, dalam keadaan perut kosong maka syahwat tak akan timbul. Seperti yang dijelaskan dalam sebuah hadits, Ketika Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam meberikan saran kepada pemuda yang hendak menikah. Namun, mereka belum mempunyai kecukupan maka dari itu mereka dianjurkan untuk berpuasa oleh Rasulullah.

Baca Juga : Anjuran untuk Puasa Syawal

  1. Allah akan memberikan ampunan

Di dalam hadits bahwa pada hari senin dan kamis adalah hari di mana pintu-pintu syurga dibuka. Sehingga kedua hari tersebut seluruh dosa-dosa yang telah dilakukan oleh umat muslim akan mendapatkan pengampunan dari Allah Azza wa Jalla.

  1. Menjaga Organ Pencernaan

Kenapa kok bisa? karena tiap hari sistem pencernaan termasuk salah satu organ yang sibuk dan membutuhkan energi dalam jumlah besar. Sistem pencernaan sangat dibutuhkan tubuh untuk penyembuhan, perbaikan, dan pemeliharaan umum tubuh. Karena itu, masuk akal untuk memberikannya istirahat selama satu sampai dua hari. Saat berpuasa Senin Kamis, pencernaan secara rutin akan beristirahat dari tekanan mencerna makanan.

Dengan begitu fungsi sistem pencernaan akan terus terjaga kinerjanya. Sistem pencernaan yang sehat akan membuat kamu jauh dari penyakit pencernaan seperti masalah lambung, sembelit, diare, dan masih banyak lagi.

Yuk puasa senin dan kamis, karena di dalamnya banyak sekali manfaat serta pahala yang sangat luar biasa.

Share it on