Griya Yatim & Dhuafa

Yuk Saling Ta’awun kepada Sesama

Donasiberkah – Sebagai seorang muslim, kita harus saling ta’awun atau saling tolong-menolong dalam kebaikan. Sebagaimana Allah Ta’ala berfirman : …“Dan tolong menolong lah kamu dalam kebajikan dan taqwa” (QS. Al-Maidah : 2). Kak, sebagai umat muslim, menolong sesama muslim adalah suatu kewajiban. Alhamdulillah, Adik-adik kita anak asuh Griya Yatim & Dhuafa cabang BSD 3 selalu saling tolong-menolong dalam kebaikan. Inilah artikel yuk saling ta’awun kepada sesama. Sahabat, perintah untuk saling menolong dalam hal kebaikan dan ketakwaan, biasanya diimplementasikan dengan aksi kepeduliaan terhadap sesama. Tolong menolong merupakan kegiatan saling membantu atas rasa kepeduliaan, baik dengan tenaga, saling menasihati. Budaya saling menolong sudah harus kita terapkan kepada anak-anak sejak dini. Tolong menolong tidak cukup hanya dengan kata-kata saja, melainkan kita harus menerapkannya di dalam kehidupan kita sehari-hari. Sehingga setiap diri kita wajib untuk selalu berbuat ta’awun terhadap saudara-saudara kita yang membutuhkan.

Menerapkan Sikap Ta’awun

Kak, saat ini mereka sedang bekerja sama saling menolong untuk membersihkan asrama. Mereka saling membagi tugas, agar tugas yang mereka kerjakan lebih ringan dan bersih-bersihnya lebih cepat selesai. Dimulai dari menyapu halaman.
Yuk Saling Ta'awun Kepada Sesama
Yuk Saling Ta’awun Kepada Sesama

Bagaimana Cara Menumbuhkan Sikap Ta’awun?

Dalam menumbuhkan sikap ta’awun kepada anak, sangatlah diperlukannya peran orang tua dan guru. Sebab mereka butuh dengan orang yang selalu berinteraksi di lingkungannya.
  1. Berikan Contoh Kepada Anak
Nah Kak, sebagai orang tua kita hendaknya memberikan contoh kebiasaan yang baik kepada anak. Salah satunya memberikan pengajaran kepada anak untuk selalu membantu kepada sesama.
  1. Biasakan Anak Untuk Senang Memberi
Mengajarkan kepada anak agar menghilangkan sifat egois dan mudah memberi. Nah, orang tua bisa mencontohkan pada saat si anak memiliki makanan, orang tua bisa memancing untuk meminta makanan yang dia miliki.
  1. Mengajari Anak Untuk Menolong dan Menawarkan Bantuan Kepada Orang lain
Konsep saling membantu bisa kita kenalkan kepada mereka dengan mengenalkan dengan bagaimana cara berempati terhadap orang lain. Berusahalah kepada anak untuk peka terhadap orang yang membutuhkan, sehingga timbul rasa kepeduliaan. Terima kasih kak, atas dukungan yang selalu kakak berikan untuk mendidik, merawat, dan membahagiakan anak-anak yatim dan dhuafa. Semoga Allah balas kebaikan kakak dengan kebaikan yang lebih baik. Aamiin.
English EN Indonesian ID
Scroll to Top