Griya Yatim & Dhuafa

Yuk semua kita Awalilah Dengan Bismillah

Membaca lafadz bismillah memang sering kali kita lakukan tanpa tahu keutamannya. Keutamaan membaca bismillah sebagai awalan dari setiap perkara sangatlah besar. Bacaan bismillah ini tidak hanya sekedar kebiasaan yang tanpa makna. Namun ada banyak sekali makna yang terkandung dalam kalimat Bismillahirrahmanirrahim. Maka ketika kita hendak melakukan sesuatu, Awalilah Dengan Bismillah.

Keutamaan membaca Bismillah

  • Dapat menghindari petaka

Mengutip Imam an-Nawawi, dari Ali bin Abi Thalib. Rasulullah pernah bersabda, ”Wahai Ali maukah aku (Muhammad) ajarkan kepadamu kalimat menghadapi petaka?’ Ali lantas mengiyakan. Rasul kembali melanjutkan sabdanya, ”Jika menghadapi petaka maka ucapkanlah: Bismillahirrahmanirrahim wa la haula wala quwwata illa billahil ‘aliyyil adhim.  Niscaya dengan kalimat itu, Allah akan menghilangkan petaka apapun yang Dia kehendaki.”

  • Sebagai dasar dari segala obat

Imam Ali bin Abi Thalib berkata : “Bismillahirrahmanirrahim adalah obat dari segala penyakit dan unsur pokok dari segala macam obat. RAHMAN adalah penolong bagi setiap orang yang beriman kepada Allah dan nama tersebut tidak digunakan untuk menemani yang lainnya selain Allah. RAHIM adalah penolong bagi orang yang bertaubat dan beriman kepada Allah dan beramal shalih” (Tafsir Al Munir).

  • Sebagai pemisah dari setan

Dengan membaca bismillah, setan tidak akan bisa mendekat. Bismillah dengan segala keagungannya dapat menjadi pemisah dari setan. Di setiap hal yang diawali dengan bismillah maka setan tidak akan ikut didalamnya. Setan akan terasa sangat kecil seperti lalat di hadapan lafaz bismillah.

Awalilah Dengan Bismillah

Keutamaan Bismillah di awal kegiatan

Sahabat dermawan, sungguh besar kasih sayang Allah kepada hambanya. Besarnya cinta Allah adalah Dia yang Maha Penyayang menginginkan setiap kegiatan hambanya bernafaskan ibadah, berakhir dengan berkah dan rahmat. RahmatNya yang luas akan bisa menjangkau seluruh makhluknya. Wahai sahabatku, jika hendak melakukan aktifitas kebaikan hendaknya kita sertakan bacaan basmalah diawalnya.

Rasulullah bersabda : “Setiap perkara (kehidupan)  yang tidak dimulai dengan BISMILLAAHIR-RAHMAANIR-RAHIIM, maka dia akan terputus. Artinya adalah kurang berkahnya” (HR. Ibnu Hibban). Sungguh kalimat itu adalah sebuah ungkapan pengakuan akan butuhnya setiap hamba kepada yang Maha Kaya, dan harapan setiap hamba akan pertolongan kepada yang Maha Penolong.

Baca Juga : Akhlak Yang Utama

Imam Nawawi Al-Bantani menyatakan bahwa bismillah dibaca pada suatu perkara yang penting atau pada perkara mubah dan tidak termasuk dalam suatu yang haram atau makruh. Namun bismillah tidak untuk suatu perkara yang remeh seperti menyapu kotoran binatang, dan bacaan bismillah bukanlah sebagai bacaan dzikir seperti tahlil.

Hal yang disunnahkan untuk diawali dengan Bismillah

  • Membaca Bismillah sebelum makan

Jika kita membaca bismillah sebelu menyantap sesuatu, maka setan tidak akan ikut makan bersama kita. Dari Aisyah ra, Rasulullah bersabda : “Bila seseorang diantara kalian makan maka hendaknya ia membaca bismillah, jika dia lupa diawalnya, maka hendaknya ia membaca bismillah fi awwal wa akhir.” (HR. At-Tirmidzi).

  • Ketika masuk rumah

Ketika masuk rumah, harus diawali dengan bismillah agar setan tidak ikut masuk. Rasulullah : “Jika seseorang masuk kedalam rumahnya lalu ia menyebut asma Allah Ta’ala saat ia masuk dan saat ia makan, maka setan berkata kepada teman-temannya, ‘ tidak ada tempat bermalam bagi kalian dan tidak ada makan malam.’ Dan jika ia masuk, tanpa menyebut asma Allah Ta’ala saat hendak masuk rumahnya berkatalah syaithan: ‘kalian mendapatkan tempat bermalam, dan apa bila dia tidak menyebut nama Allah ketika hendak makan,maka setan berkata : ‘ kalian mendapatkan tempat bermalam dan makan malam.’” (Muttafaqun ‘alaih).

  • Membaca bismillah ketika hendak tidur

Dari sahabat Hudzaifah ra berkata, “Kebiasaan (sunnah) Rasulullah ketika hendak tidur, beliau membaca, Dengan menyebut nama-Mu Ya Allah, aku mati dan aku hidup.” 

  • Ketika masuk kamar kecil/toilet

Dari Ali bin Abi Thalib ra berkata, “Seseungguhnya Rasulullah bersabda, ‘Penutup antara pandangan-pandangan jin dengan aurat bani Adam ketika seseorang masuk wc adalah membaca basmalah.’ “ (HR. At-Tirmidzi).

Sahabat, itulah beberapa keutamaan dan sunnah-sunnah dari lafadz bismillah. Yuk sahabat, kita mulai setiap kegiatan kita Awalilah Dengan Bismillah. Insyaa Allah setiap kegiatan yang kita lakukan akan mendapat keberkahan dari Allah Subhanahu wa Ta’ala.

English EN Indonesian ID
Scroll to Top