Griya Yatim & Dhuafa

Yuk Tebar Senyum Kepada Sesama

Sahabat Dermawan, senyum merupakan suatu amalan yang sangat mudah dilakukan, meskipun tersenyum dianggap remeh. Namun siapa sangka, bahwa senyuman yang kita tebarkan kepada orang lain akan bernilai sebuah ibadah di hadapan Allah. Sebagaimana Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda : “Janganlah engkau meremehkan kebaikan sekecil apapun, walaupun itu berupa cerahnya wajahmu terhadap saudaramu” (HR. Muslim). Yuk Tebar Senyum Kepada Sesama.

Di dalam hadits tersebut menjelaskan bahwa jangan pernah meremehkan sekecil apapun kebaikan, karena semua yang kita lakukan akan mendapatkan balasannya. Sebagaimana Allah Ta’ala berfirman : “ Maka barang siapa yang mengerjakan kebaikan seberat zarrah, niscaya dia akan melihat balasaannya” (QS.Al-Zalzalah : 7).

Sahabat, senyuman yang kita tebarkan sama halnya bernilai sedekah, maka janganlah kita pelit untuk tersenyum kepada orang lain. Sebagaimana Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda : “Senyummu terhadap saudaramu adalah sedekah” (HR. At-tirmidzi).

Senyum yang kita lakukan baik kepada lawan bicara, atau orang yang ditemui akan membuat hati dan menimbulkan rasa kebahagiaan. Tidak ada hati yang fitrah dan bersih kecuali akan menimbulkan respon yang baik terhadap senyuman. Wajah yang penuh dengan senyuman adalah seperti akhlak Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam.

Sebagaimana yang diceritakan oleh sahabat Jarir bin Abdillah radhiallahu’anhu : “Sejak aku masuk islam, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam tidak pernah menghindari aku jika aku ingin bertemu dengannya, dan tidak pernah aku melihat beliau kecuali beliau tersenyum padaku” (HR. Bukhari).

Telah dicontohkan oleh Rasulullah bahwa menebarkan senyum mampu memberikan aura positif kepada setiap orang, banyak sekali manfaat dalam menebarkan senyum. Secara tidak sadar ketika seseorang  tersenyum mampu menghasilkan daya tarik yang begitu kuat dan terlihat seseorang itu lebih baik daripada berkerut keningnya.

Bukan hanya itu sahabat, senyum pula memperlihat kan betapa luhurnya budi pekerti seseorang , senyum juga dapat mengelabui tubuh seseorang karena senyum dapat mengubah suasana hatinya menjadi lebih baik. Sahabat, senyum dapat mencairkan hati, sebab jangan biar kan bibir manismu mengering karena jarang tersenyum.

Baca Juga : Sempurnakan Awal Pekan Kita dengan Bersedekah

Jadikan lah bibir ini bermanfaat yang selalu memberikan kebahagian melalui senyuman kita kak. Senyuman itu sangat berharga sebab tidak sedikit dari sekian banyak orang didunia yang tidak bisa  tersenyum, dikarenakan terkendala dengan penyakit yang menyebab kan diri nya tidak bisa tersenyum. Dan Senyum merupakan sebuah karunia Rabb yang begitu luar biasa, mudah dilakukan namun mampu memberikan berjuta kebahagian yang mengesankan.

Yuk Tebar Senyum Kepada Sesama untuk saling memberikan kesempatan pada saudara, teman, maupun orang lain agar semua mendapatkan pahala dan keberkahan dari Allah Ta’ala. Aamiin.

English EN Indonesian ID
Scroll to Top