Griya Yatim & Dhuafa

English EN Indonesian ID

Zakat Maal

Zakat Maal
tabel perhitungan zakat

Zakat tidak hanya sebagai sarana dalam mendekatkan diri kepada Alloh, Zakat memberikan inspirasi kepada setiap muslim yang mampu, untuk ikut membantu mensejahterakan saudara kita yang kurang mampu. Kurang nya pemahaman tentang zakat, terutama keutamaan-keutamannya, menjadi penyebab sebagian umat muslim merasa berat untuk menunaikan zakat. Terutama Zakat Maal

Kata Maal ini merujuk pada pengertiannya dalam bahasa arab yang maknanya harta atau kekayaan. Zakat Maal merupakan zakat yang ditunaikan dari setiap harta yang kita miliki, misalnya emas, perhiasan, uang simpanan, dan penghasilan. Di dalam setiap harta yang kita miliki terdapat bagian dan hak orang lain, yakni 8 asnaf yang disebutkan dalam QS. At-Taubah ayat 60.

Zakat Maal (harta), seperti emas, perak, binatang, ladang perkebunan, dan barang perniagaan. Zakat mal ditunaikan oleh setiap umat muslim yang memiliki harta-harta tersebut, untuk membersihkan hartanya dari hak orang lain.

Secara garis besar, disebutkan dalam beberapa kitab bahwa zakat ini meliputi:

  • Zakat Harta Simpanan
  • Zakat atas hewan terna
  • Zakat atas hasil pertanian
  • Zakat atas barang temuan
  • Zakat atas hasil tambang

Griya Yatim & Dhuafa merupakan Lembaga Amil Zakat Nasional yang fokus dalam pendidikan anak-anak yatim dan dhuafa, serta berperan aktif dalam bidang Pendidikan, Sosial, Kemanusiaan serta menerima dan menyalurkan Zakat, Infaq, Shodaqoh dan Wakaf.

Sebagai bentuk ikhtiar terbaik kita untuk membersihkan dan mensucikan harta, mari kita tunaikan zakat di LAZNAS Griya Yatim dan Dhuafa.

English EN Indonesian ID