Griya Yatim & Dhuafa

Zakat merupakan sebab turunnya banyak kebaikan

Sahabat Dermawan, zakat bukanlah hanya sebuah kewajiban, tapi juga merupakan amal kebaikan yang bermanfaat untuk banyak orang. Dengan zakat yang kita tunaikan kita dapat menjadi kebaikan untuk orang-orang yang membutuhkannya. Banyak kebaikan yang akan datang pada diri kita sendiri, saudara kita, atau pun lingkungan kita dengan menunaikan zakat. Sebab Zakat merupakan salah satu sebab turunnya berbagai macam kebaikan.

Rasulullah bersabda : “Tidaklah suatu kaum enggan mengeluarkan zakat harta mereka, melainkan mereka akan dicegah dari mendapatkan hujan dari langit. Sekiranya bukan karena binatang-binatang ternak, niscaya mereka tidak diberi hujan.” (HR. Ibnu Majah).

Kebaikan yang disebabkan oleh zakat itu akan kembali kepada Orang yang membayar zakat tersebut. Sebagaimana Allah telah menjamin kepada orang-orang yang benar-benar mau berzakat di jalaNya. Apa sajakah kebaikan yang bermanfaat bagi si pelaku zakat?

  1. Zakat Mensucikan Harta

Sahabat, harta yang kita peroleh mungkin secara tidak sengaja kita mendapatkannya dengan cara yang kurang baik. Jadi hal ini yang tidak akan membawa kepada keberkahan, karena itulah maka jika ingin harta kita menjadi berkah maka tunaikanlah zakat. Sebagaimana Allah Ta’ala berfirman : “Ambillah zakat dari sebagian harta mereka, dengan zakat itu kamu membersihkan dan mensucikan mereka dan mendoalah untuk mereka. Sesungguhnya doa kamu itu (menjadi) ketentraman jiwa bagi mereka. Dan Allah Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui”. (QS At-Taubah ayat 103).

  1. Menjaga Harta dari Orang Jahat

Dengan gemarnya kita membayar zakat dari harta yang kamu miliki, Allah akan menjamin hartamu dan melindungi dari orang-orang yang akan melakukan kejahatan kepada kita.

  1. Allah akan MembalasNya dengan yang Lebih Baik

Sahabat, harta yang kita keluarkan sejatinya akan kembali kepada diri kita, Sebagaimana Allah Ta’ala berfirman : “Jika kamu berbuat baik (berarti) kamu berbuat baik untuk dirimu sendiri. Dan jika kamu berbuat jahat, maka (kerugian kejahatan) itu untuk dirimu sendiri” (QS. Al-Isra : 7).

Zakat Merupakan Sebab Turunya Banyak Rezeki
                             Zakat Merupakan Sebab Turunya Banyak Rezeki

Di dalam ayat yang lain “Barang siapa datang dengan (membawa) kebaikan, maka dia akan mendapatkan (pahala) yang lebih baik dari pada kebaikannya itu…” (QS. Al-Qashas : 84).

“Barang siapa berbuat kebaikan mendapatkan balasan sepuluh kali lipat amalnya” (QS. Al-An’am : 160).

Tidak hanya memiliki keutamaan dan kebaikan, akan tetapi zakat juga mempunyai hikmah yang luar biasa di dalam kehidupan. Lantas apa saja hikmah dibalik menunaikan zakat?

  1. Membantu Mengatasi kesenjangan Sosial.

Sahabat, tidak setiap orang yang ada di dunia ini memiliki jalan hidup yang baik. Masih banyak orang-orang yang hidupnya terbatas dengan keadaan ekonomi yang kurang. Nah dengan membayar zakat maka hartamu juga akan sangat bermanfaat bagi mereka yang memang sangat membutuhkan.

  1. Menjadi Jalan Pengembangan Potensi Umat

Dengan membayar zakat, kita juga akan membantu berkembangnya potensi umat ini. Karena harta yang kita keluarkan di lembaga Griya Yatim dan Dhuafa ini, salah satunya lembaga pengembangan potensi umat.  

Dengan beberapa hikmah dibalik kebaikan zakat dan keutamaannya. Semoga menjadi dorongan serta motivasi untuk kita, agar bisa lebih banyak dan lebih baik dalam mengeluarkan zakat dari sebagian rezeki yang kita miliki.

Yuk kak tunaikan zakat, untuk kebaikan yang akan membuat kehidupan kita dan sekitar kita menjadi lebih baik.

English EN Indonesian ID
Scroll to Top