Griya Yatim & Dhuafa

Zakat Penawar Racun Dalam Harta

Zakat Penawar Racun Dalam Harta
                                         Zakat Penawar Racun Dalam Harta

Donasiberkah.id – Zakat, bukan hanya sekedar formalitas mengeluarkan sedikit harta orang-orang kaya untuk orang-orang miskin, lalu selesai. Ada makna yang lebih besar selain sekedar berbagi, yaitu pemuliaan hak dan penyucian jiwa dari racun cinta dunia. Sebagaimana Allah Ta’ala berfirman : Dan kamu mencintai harta dengan kecintaan yang berlebihan.” (QS. Al-Fajr : 20).

Namun Allah memberikan penawar dari penyakit terhadap kecintaan seseorang terhadap harta. Harta yang banyak sangat mungkin mengundang berbagai penyakit hati, mulai dari keangkuhan, tamak, menganggap rendah orang lain, atau bahkan malas beribadah. Nah, zakat laksana penawar (obat) dari ganasnya penyakit-penyakit tersebut.

Baca Juga : Zakat Mempererat Tali Persaudaraan

Sebagaimana Allah Ta’ala berfirman : “Ambillah zakat dari sebagian harta mereka, dengan zakat itu kamu membersihkan dan mensucikan mereka dan mendoalah untuk mereka. Sesungguhnya doa kamu itu (menjadi) ketenteraman jiwa bagi mereka. Dan Allah Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui.” (QS. At Taubah: 103)

Mereka mengira dengan harta yang ia kumpulkan akan menjadikannya kekal dan akan menyelamatkannya dari siksa Allah. Akan tetapi malah sebaliknya, bahwa orang yang selalu mengumpul kan harta akan celak, sebagaimana Allah Ta’ala berfirman : “Yang mengumpulkan harta dan menghitung-hitungnya. Dia mengira bahwa hartanya itu dapat mengkekalkannya.(QS. al- Humazah : 2-3).

Baca Juga : Menjadi Baik Dengan Berzakat

Zakat Membantu Orang Yang Membutuhkan 

Zakat juga mengajarkan kepedulian kita terhadap sesama, karena dengan berzakat akan meringankan beban hidup mereka. Setiap harta yang kita punya pastinya ada hak orang lain. Yang harus kita keluarkan, sebagaimana Allah Ta’ala berfirman : “Hai orang-orang yang beriman, keluarkanlah/nafkahkanlah (dijalan Allah) sebagian dari hasil usahamu yang baik-baik dan sebagian dari apa yang kami keluarkan dari bumi untuk kamu.” (QS. Al-Baqarah: 267).

Zakat Penawar Racun Dalam Harta
            Zakat Penawar Racun Dalam Harta

“Dan pada harta-harta mereka ada hak untuk orang miskin yang meminta dan orang miskin yang tidak mendapatkan bahagian.” (QS. Adz-Dzariyat :  19).  Islam sangat mengajarkan  tentang kepedulian terhadap penderitaan sesama memperoleh perhatian yang tinggi. 

Sebagaimana (disebutkan dalam QS Al-Ma’un  :  1-7), bahwa orang yang tidak memperdulikan anakyatim, orang fakir miskin sebagai pendusta. Maka orang yang berzakat hartanya akan selalu dilimpahkan keberkahan di dalam kehidupannya. Orang yang hidupnya berkah, akan dimudahkan di setiap urusannya serta bisa istiqamah dalam menjalankan kebaikan serta dengan berzakat  dapat membersihkan harta.

Baca Juga : Tunaikan Zakat,Tumbuhkan Manfaatnya

Yuk Tunaikan Zakat

Mari Kak, Raih keberkahan dengan dengan menunaikan zakat di  Laznas Griya Yatim & Dhuafa melalui di bawah ini:

English EN Indonesian ID
Scroll to Top