Griya Yatim & Dhuafa

Zakat Sebagai Tanda Syukur

Ahmad Ridwansyah
Zakat Sebagai Tanda Syukur

Donasiberkah.id – Bersyukur merupakan salah satu dari perintah Allah kepada kita. Maka, manusia itu wajib untuk bersyukur kepada Allah atas segala nikmat yang telah diberikan Nya. Sebagaimana Allah Ta’ala berfirman : “…Bersyukurlah kepada-Ku, dan janganlah kamu mengingkari (nikmat)-Ku. (QS. Al-Baqarah : 152). Inilah artikel tentang zakat sebagai tanda syukur, yuk kita simak.

Bersyukur pun tidak hanya sekedar mengucap ‘Alhamdulillah’ namun lebih tepatnya di iringi oleh perbuatan yang menggambarkan rasa syukur kita kepadaNya. Salah satu bentuk syukur itu ada dengan bersedekah, berinfak di jalan Allah, dan juga menunaikan zakat.

Ketahuilah salah satu cara untuk mensyukuri nikmat Allah adalah dengan selalu menunaikan zakat. Dengan mengeluarkan 2,5% dari hasilan penghasilan, bukankah hal itu  sesuatu yang ringan, jika kita bandingkan dengan segala nikmat yang telah Allah berikan kepada kita.

Kak, dengan bersyukur, maka Allah akan menambahkan nikmatNya untuk kita. Sebagaimana  Allah Ta’ala berfirman : “…Sesungguhnya jika kamu bersyukur, pasti Kami akan menambah (nikmat) kepadamu, dan jika kamu mengingkari (nikmat-Ku), maka sesungguhnya azab-Ku sangat pedih.” (QS. Ibrahim : 7).

Sudahkah Kita Menunaikan Zakatnya?

 

Kak, sudahkah kita melihat sejenak keadaan orang-orang sekitar kita? Lihatlah, ada mereka yang kehidupannya lebih tidak beruntung dari kita, tapi mereka tetap berjuang keras untuk terus bertahan di tengah krisis karena pandemi covid-19 ini. Membuat keadaan ekonomi yang terus menghimpit.

Dan pada harta-harta mereka ada hak untuk orang miskin yang meminta dan orang miskin yang tidak mendapatkan bahagian” (QS. Adz-Dzariyat: 19).

Ada baiknya zakat dibayarkan sesegera mungkin karena jika ditunda, khawatir terjadi hal-hal yang tidak diinginkan yang membuat tidak sempat membayar sama sekali.

Sudah menjadi kewajiban kita untuk mengeluarkan Sebagian rezeki kita diberikan kepada mereka yang berhak untuk menerimanya. Kak, ketahuilah setiap 2,5% zakat dari penghasilan yang kita keluarkan, akan membantu mereka anak-anak yatim dan kaum dhuafa untuk tetap terus bertahan di tengah krisisnya ekonomi ini.

Sahabat, mari jangan ragu untuk tunaikan kewajiban yang satu ini, Allah menjamin harta yang kita miliki tidak akan berkurang karena ditunaikan zakatnya, tapi justru akan bertambah keberkahannya.

Yuk Terus Melakukan Kebaikan  

Yuk kak, syukuri nikmat Allah dengan berzakat di Laznas Griya Yatim & Dhuafa, maka Allah akan tambahkan lagi nikmatnya kepada kita. Jangan berhenti untuk mengumpul kan amal-amal shalih, dengan cara menunaikan kewajiban dari sebagian penghasilan, untuk dizakatkan. Semoga zakat yang kakak keluarkan menjadi wasilah jalan ke surgaNya. Aamiin.

10 views