Griya Yatim & Dhuafa

Raih Pahala Terbaik dengan Bersedekah

admin

Donasiberkah.id – Sahabat Dermawan, ketahuilah bahwa setiap orang pasti ingin mendapatkan balasan (pahala) yang terbaik. Namun tidak akan didapatkan balasan yang baik kecuali kita berbuat kebaikan. Ingatlah bahwa niat saja dalam melakukan kebaikan, maka Allah telah mencatatnya di sisiNya sebagai kebaikan. Inilah artikel mengenai raih phala terbaik dengan bersedekah, yuk kita simak.

Sebagaimana Allah Ta’ala berfirman : “Dan barang apa saja yang kamu nafkahkan, maka Allah akan menggantinya dan Dia lah Pemberi rezeki yang sebaik-baiknya.” (QS. Saba’ : 39). Ibnu Katsir berkata dalam tafsirnya, “Kapan (dan apa) saja kalian bersedekah maka Allah akan menggantinya di dunia. Sedangkan di akhirat akan diganti dengan pahala dan balasan terbaik (surga).

Baca Juga : Sempurnakan Akhir Pekan Kita dengan Bersedekah

Kak, lihatlah betapa baiknya Allah, setiap kebaikan yang kita perbuat akan di balas dengan balasan yang lebih baik lagi. Sebagaimana Allah Ta’ala berfirman : “barang siapa yang membawa amal yang baik, maka baginya pahala sepuluh kali lipat amalnya, dan barang siapa yang membawa perbuatan jahat maka ia tidak diberi pembalasan melainkan seimbang dengan kejahatannya, sedangkan mereka sedikitpun tidak dianiaya dirugikan” (QS. Al-An’am : 160)

Kak, tetapi kebanyakan dari kita masih banyak yang melakukan keburukan dan masih banyak melalaikan perbuatan kebaikan. Padahal sudah pasti kita akan kembali kepada-Nya. Dan setiap dari kita tidak mengetahui kapan akan datangnya kematian yang menjemput kita. Untuk mempersiapkan bekal di akhirat tidak ada cara lain selain dengan memperbanyak pahala. Salah satu amalan yang dapat menyelamatkan yakni dengan cara memperbanyak sedekah.

Baca Juga :   Terapkan 3M + 1S (Memakai Masker, Mencuci Tangan, Menjaga Jarak & Sedekah)

Kak, dengan bersedekah Allah akan membalas dan melipatgandakan balsan tersebut. Sebagaimana Allah ta’ala berfirman : “Sesungguhnya orang-orang yang bersedekah baik laki-laki maupun perempuan dan meminjamkan kepada Allah dengan pinjaman yang baik, niscaya akan dilipatgandakan (pahalanya) kepada mereka dan bagi mereka pahala yang banyak”. (QS. Al-Hadid: 18).

Raih Pahala Terbaik Dengan Bersedekah
                                      Raih Pahala Terbaik Dengan Bersedekah

Diantara Manfaat Dari Bersedekah

  1. Ladang Pahala Untuk Bekal di Akhirat

Kak, dengan sedekah kita akan mendapatkan bekal di akhirat kelak. Dan bekal inilah yang harus disiapkan untuk kehidupan yang akan datang yaitu di akhirat. Nah, perumpamaan pahala didalam bersedekah sangatlah menggiurkan. Sebagaimana Allah Ta’ala berfirman :

“Perumpamaan orang-orang yang mendermakan (sedekah) harta bendanya di jalan Allah, seperti (orang yang menanam) sebutir biji yang menumbuhkan tujuh untai dan tiap-tiap untai terdapat seratus biji dan Allah melipat gandakan (balasan) kepada orang yang dikehendaki, dan Allah Maha Luas (anugrahNya) lagi Maha Mengetahui”. (QS. Al-Baqoroh: 261).

Kak, selagi Allah masih memberikan kesempatan hidup, mari kita memperbanyak amalan ini. Karena  amalan ini sangatlah efektif untuk meraih pahala yang berlipat ganda dengan umur yang sangat terbatas.

  1. Mendapatkan Pahala sedekah Walaupun Dengan Sebutir Kurma

Kak, setiap hal yang besar harus selalu di mulai dengan hal kecil, yang mungkin kita menganggap bahwa hal tersebut remeh. Begitu juga halnya dengan bersedekah. Padahal Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda “Bersedekahlah meski hanya dengan sebutir kurma”. 

Kita mengetahui bahwa sebutir kurma adalah hal yang paling sedikit, namun bagi mereka yang membutuhkan sangatlah berharga. Oleh karenanya, kita diupayakan agar tetap bersedekah walaupun hanya dengan sebutir kurma. Sebab kita bersedekah mampu menjadi penghalang dari api neraka.

Baca Juga : Insecure ku ketika melihat orang selalu Istiqomah dalam bersedekah

Yuk Kak, usahakan bersedekah walau hanya sebutir nasi, karena bisa jadi amalan tersebut yang akan menolong kita di hari kiamat. Semoga setiap amalan yang kita lakukan khususnya amalan sedekah  diterima dan dibalas oleh Allah dengan sebaik-baiknya. Aamiin

120 views